IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Intip 4 Saham Rekomendasi Buy

IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Intip 4 Saham Rekomendasi Buy

harian-nasional.com/ – JAKARTA, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melemah. IHSG diperkirakan akan bergerak pada kisaran 6.800–6.950.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project William Hartanto mengatakan, IHSG berhasil menyentuh level tertinggi pada 6.951 pada perdagangan akhir pekan lalu. Level resistance tersebut berbeda 1 poin dari prediksi sebelumnya.

“Setelah menyentuh resistance, nampaknya terjadi profit taking yang menyebabkan IHSG masih menguat, namun menipis,” kata William dalam analisisnya, Senin (6/2/2023).

Menurut dia, perdagangan pada akhir pekan lalu disertai dengan net buy investor asing sebesar Rp1,28 triliun, dan terjadi pada saham-saham index movers. Dengan demikian, net buy asing dapat diartikan sebagai sentimen positif dan indikasi bahwa IHSG akan bullish.

Sementara itu, dia melihat ada kabar kurang baik datang dari The Fed yang kembali hawkish. Sikap ini memberikan indikasi potensi kenaikan suku bunga agresif dapat terjadi lagi.

“Alhasil, Dow melemah, dan komoditas pun ikut melemah. Pergerakan komoditas memang berbanding terbalik dengan dolar AS, sehingga Anda akan melihat dolar AS kembali menguat,” ujarnya.

Adapun salah satu bentuk respons pasar lainnya adalah menguatnya dolar AS yen Jepang. Mata uang ini menjadi indikator safe haven dan kepanikan pasar terhadap ketidakpastian ekonomi.

“Kesimpulan, kami melihat adanya peluang IHSG sedikit melemah. Selain dari pola shooting star yang kembali terbentuk (indikasi tekanan jual besar), dan juga sentimen The Fed turut memberi tekanan,” ucapnya.

Dia menuturkan, IHSG secara teknikal belum mampu menembus resistance 6.950. Meski begitu, arah tren masih menguat dan IHSG memiliki setidaknya sayu katalis positif dari net buy investor asing.

Beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal pada perdagangan hari ini, yakni:

MTDL buy, support 565, resistance 620; 655
BFIN buy, support 1.195, resistance 1.300
JSMR buy, support 3.290, resistance 3.600
ULTJ buy, support 1.475, resistance 1.570

Sementara itu, IHSG pada perdagangan Jumat (3/2/2023) ditutup menguat sebesar 21,16 poin atau 0,31 persen ke 6.911,73. Nilai transaksi mencapai Rp10,526 triliun di seluruh pasar.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News