Hindari Pantangan Ini agar Asam Lambung & GERD tidak Kambuh

Hindari Pantangan Ini agar Asam Lambung & GERD tidak Kambuh

harian-nasional.com/ – Penderita asam lambung dan GERD tentunya memiliki pantangan makanan yang perlu dihindari. Sebab, ketika nekat mengonsumsi pantangan ini, maka akan menyebabkan perut nyeri, hingga rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

“Makanan memainkan peran utama dalam mengendalikan gejala asam lambung dan merupakan terapi lini pertama yang digunakan untuk penderita GERD,” kata ahli gastroenterologi di Johns Hopkins Medicine, Ekta Gupta.

Berikut makanan yang bisa memicu asam lambung:

Makanan lain yang dapat menyebabkan masalah yang sama meliputi:

Lebih lanjut, Gupta menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan pemicu asam lambung di malam hari mendekati waktu tidur. Sebab, hal itu bisa membuat makanan naik ke kerongkongan saat Anda tidur.

Berikut makanan yang membantu cegah asam lambung

1. Makanan berserat tinggi

Konsumsi serat sehat dari makanan ini:

2. Makanan alkali

Merupakan makanan yang mengandung pH basa untuk menetralkan kadar keasaman dan mengurangi gejala inflamasi dalam tubuh.

Makanan alkali meliputi:

3. Makanan berair

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dapat mengencerkan dan menetralkan asam lambung. Pilih makanan seperti:

Obat Rumahan untuk Meredakan Asam Lambung dan GERD

Penderita maag dan GERD biasanya menggunakan antasida, obat bebas yang menetralkan asam lambung. Tetapi makan makanan tertentu juga dapat meredakan gejala. Cobalah makanan yang berikut ini:

1. Susu

Susu sering dianggap meredakan gejala asam lambung. Tetapi Anda harus ingat bahwa susu memiliki banyak jenis, misalnya susu murni dengan jumlah penuh lemak, 2% lemak, dan susu skim atau tanpa lemak.

Lemak dalam susu dapat memperburuk asam lambung. Tetapi susu tanpa lemak dapat bertindak sebagai penyangga sementara antara lapisan lambung dan isi lambung yang asam dan meredakan gejala dengan segera.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang membantu pencernaan karena khasiat obatnya. Jahe bersifat basa dan anti-inflamasi, yang meredakan iritasi di saluran pencernaan.

3. Cuka sari apel

Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk membuktikan bahwa minum cuka sari apel bagus untuk asam lambung, tapi banyak orang menganggap jenis makanan itu membantu meredakan gejala. Namun, Anda tidak boleh meminumnya dalam konsentrasi penuh karena merupakan asam kuat yang dapat mengiritasi kerongkongan. Sebagai gantinya, masukkan sedikit ke dalam air hangat.

4. Air lemon

Air atau jus lemon umumnya dianggap sangat asam, tetapi sedikit jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu memiliki efek alkali yang menetralkan asam lambung. Selain itu, madu memiliki antioksidan alami, yang melindungi kesehatan sel tubuh.