Bisnis  

Hijrahfest di Sumbar bakal dongkrak Visit Beautiful West Sumatera 2023

Hijrahfest di Sumbar bakal dongkrak Visit Beautiful West Sumatera 2023

harian-nasional.com/ – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar)Mahyeldi menyebut pelaksanaan Hijrahfest di daerah itu pada awal tahun akan mendukung Program Visit Beautiful West Sumatera 2023 untuk menggairahkan sektor pariwisata Ranah Minang yang meredup pascapandemi COVID-19.

“Kita mendukung penuh pelaksanaan Hijrahfest yang merupakan pertemuan komunitas muslim di Sumbar. Ini sekaligus mendukung Program Visit Beautiful West Sumatera 2023,” katanya di Padang, Sumbar, Senin.

Ia mengatakan Hijrahfest juga sangat relevan dengan wisata halal yang telah lama digaungkan oleh Sumbar sejak beberapa tahun terakhir. Apalagi dalam kegiatan itu juga akan digelar beberapa kegiatan perdagangan yang bisa melibatkan UMKM Sumbar. Perputaran uangnya juga tidak tanggung-tanggung, katanya, mencapai puluhan miliar dalam rentang tiga hari.

“Harapan kita kegiatan ini juga akan memunculkan UMKM yang tangguh di Sumbar yang bisa bersaing di tingkat nasional, sehingga ikut menggerakkan perekonomian daerah,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Hijrahfest rencananya akan hadir di Kota Padang pada 27 – 29 Januari 2023. Namun sebelum itu, sejak 23 Januari tokoh ulama dan publik figur sudah duluan melakukan eksplorasi kekayaan nilai luhur budaya Minangkabau.

Penggagas HijrahfestArie Untung dalam kegiatan itu publik figur akan keliling Sumbar. Mereka akan eksplorasi Sumbar. Kegiatan itu juga akan menjadi ajang pulang basamo bagi sejumlah peserta.

“Peminatnya sangat banyak, ketika saya infokan di grup bersama Gubernur, responsnya sangat besar,” kata ArieUntung. Untuk ituia berharap kegiatan itu nantinya bisa memanggil warga Sumatera Barat untuk pulang kampung.

Bentuk kegiatan, katanya, bisa pertautan ekonomi, perkenalan wisata, kenalkan budaya, jembatan ukhuwah silaturahmi antar-umat, dan lainnya.

Ia menceritakan awalnya Hijrahfest digagas untuk orang yang baru berhijrah, baru buka usaha, baru mencari pekerjaan halal dengan cara berdagang namun belum ada pembeli.

“Menjawab kecemasan kawan-kawan yang baru ngajiitu, yang baru buka usaha, dagang tapi tidak ada pembeli, kita coba buat wadah. Kita hadirkan konsumen. Ternyata hasilnya luar biasa,” kata ArieUntung.

Ia menyebut pada tahun keempat pelaksanaan Hijrahfest, sudah mentasbihkan banyak pengusaha baru. Perputaran uang sangat besar. Semangat membantu saudara sesama umat muslim ternyata luar biasa.

“Mudah-mudahan berjalan baik. Di setiap tempat kota yang kita kunjungi sebelum ini memiliki budaya yang berbeda-beda. Saya penasaran di Sumbar akan seperti apa,” kata ArieUntung.