Hati-Hati, Empat Hal Ini Berpotensi Hanguskan Garansi Mobil Anda

Hati-Hati, Empat Hal Ini Berpotensi Hanguskan Garansi Mobil Anda

harian-nasional.com/

Garansi mobil merupakan salah satu trik pabrikan meningkatkan angka penjualan. Hadirnya garansi memberi rasa aman lebih pada konsumen karena jika ada hal teknis yang tak diinginkan terjadi pada kendaraanya, konsumen tak harus kehilangan biaya.

Selain itu, garansi mobil juga bisa jadi parameter yang mempengaruhi nilai jual kembali sebuah kendaraan, semakin panjang garansi semakin bagus, yang pada akhirnya membuat harga jual kembali mobil tetap stabil dan terjaga.

Bahkan ada pabrikan yang memberikan garansi sampai tujuh tahun untuk mobilnya

Umumnya, pabrikan memberikan garansi sekitar 3-4 tahun atau 50.000 km pada mobilnya. Namun, ada pabrikan baru yang memberikan garansi sampai 7 tahun atau 150.000 km pada mobil produksinya.

Namun demikian, ada beberapa hal yang jika Anda lakukan dapat menyebabkan garansi mobil Anda hangus, dan mengharuskan Anda keluar uang banyak jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda. Agar lebih berhati-hati, berikut empat hal yang dapat menghanguskan garansi mobil.

1. Ganti perangkat audio

Instalasi audio yang tidak rapih dapat merusak bagian kelistrikan mobil

Hal pertama yang bisa menghanguskan garansi mobil Anda adalah instalasi audio tanpa rekomendasi, atau sepengetahuan dealer. Instalasi audio yang tidak sesuai dengan standar pabrikan berpotensi mengacaukan bagian kelistrikan mobil, yang mungkin dapat memicu kebakaran.

Bila ingin melakukan instalasi audio mobil, ada baiknya konsultasikan lebih dulu dengan pihak bengkel resmi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sekaligus mengantisipasi hangusnya garansi mobil.

2. Modifikasi Mesin

Meski dapat meningkatkan performa mesin, pengunaan Piggyback tak direkomendasikan pabrikan

Tidak sedikit pengguna mobil yang tidak puas dengan performa mobil standar yang sudah diset pabrikan, yang pada akhirnya memicu modifikasi mesin. Contohnya instalasi piggyback pada Electronic Control Unit (ECU), yang bertugas melakukan remapping ECU untuk meningkatkan performa mobil.

Meski dapat meningkatkan performa mobil secara signifikan, pemasangan piggyback memiliki risiko tinggi terhadap kondisi mesin mobil, ini dikarenakan perubahan cara kerja mesin dari yang sudah ditentukan pabrikan. Oleh karena itu, pihak dealer atau bengkel resmi tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi akibat modifikasi mesin, dan pada akhirnya menghanguskan garansi mobil.

3. Kelalaian berkendara

Bukan hanya modifikasi, kelalaian pemilik mobil juga dapat menghanguskan garansi mobil. Sebagai contoh, Anda memaksakan mobil Anda untuk menerjang banjir dan pada akhirnya mogok. Baik dealer ataupun bengkel resmi juga tidak akan menerima klaim garansi yang dipicu kejadian seperti ini. Hal ini dianggap kelalaian pengemudi atau pemilik mobil, karena seharusnya pengemudi sudah mengetahui risiko saat kendaraan dipaksa menerjang banjir.

Melebihi batas muatan mobil, balapan, pemakaian zat aditif, serta melakukan setting dan perbaikan sendiri juga termasuk ke dalam kelalaian pemilik mobil yang dapat menghanguskan garansi.

4. Kelalaian perawatan

Melakukan perawatan yang tak sesuai standar juga dapat menghanguskan garansi mobil

Bukan hanya kelalaian berkendara, kelalaian dalam perawatan mobil juga dapat menghanguskan garansi. Semisal melakukan servis di luar bengkel resmi, memakai bahan bakar tidak sesuai standar pabrikan, oli yang tidak sesuai peruntukannya, dan sebagainya.

Saat mobil diproduksi oleh pabrikan, pastinya sudah memiliki standar sendiri terkait spare part, pelumas, serta bahan bakar yang seharusnya digunakan. Jika perawatan mobil dilakukan secara asal, maka garansi mobil Anda bisa hangus karenanya.

Dengan mengetahu keempat hal di atas, Anda dapat lebih berhati-hati lagi dalam mengoperasikan dan melakukan maintenance mobil agar garansinya tidak hangus. Untuk tips & trik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”