Bisnis  

Hari Sumpah Pemuda ke-94, Erick Thohir Ingatkan Masih Ada Pemuda Tidak Punya Akses Pendidikan

harian-nasional.com/ – Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022. Melalui unggahan di laman Instagram-nya, Erick Thohir membagikan pesan tentang semangat BUMN dalam membantu memberdayakan usaha para pengusaha muda di industri kreatif.

“Generasi Z bukan hanya mereka yang jajan kopi kekinian. Bukan hanya mereka yang bekerja di perusahaan startup, atau punya bisnis sendiri di industri kreatif,” tulis Erick Thohir, dikutip Jumat (28/10/2022).

Enam+

“Masih banyak adik-adik kita yang berjibaku mencari pekerjaan. Ada yang mengamen, berjualan minuman, menjadi badut, atau menjadi kurir. Mereka yang juga bagian dari potensi besar negara ini, namun tidak memiliki akses pendidikan atau berusaha,” sambungnya.

Erick Thohir mengenang, 94 tahun lalu, pemuda pemudi Indonesia mendeklarasikan sumpah mereka untuk Indonesia. “Peringatan hari ini tak boleh sebatas seremonial miskin makna,” ujarnya.

“Kami di BUMN akan terus berusaha memberikan akses dan peluang berusaha bagi semua anak muda untuk bisa maju. Bakti BUMN (CSR) salah satunya difokuskan untuk pendidikan dalam bentuk beasiswa,” beber Erick Thohir.

Salah satunya melalui lewat PNM, di mana lulusan SMA/SMK diberikan kesempatan untuk menjadi account officer Program Mekaar. Kami juga menargetkan 10 persen kepemimpinan muda di BUMN hingga 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pesan Sri Mulyani di Hari Sumpah Pemuda ke-94 : Pupuk Rasa Cinta Tanah Air yang Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022. Dalam memperingati hari bersejarah itu, Menkeu melalui unggahannya di platform Instagram menyampaikan pesan untuk generasi Muda di Tanah Air.

“Kalian para generasi muda adalah calon-calon pemimpin negeri ini. Terus asah pengetahuan, pupuk rasa cinta tanah air yang tinggi, sebagaimana tertuang dalam ikrar Sumpah Pemuda,” tulis Sri Mulyani di Instagram, dikutip Jumat (28/10/2022).

Menkeu melanjutkan, jika kita ingin mencapai cita-cita menjadi negara maju maka masa depan Indonesia harus diurus oleh para pemimpin yang memiliki kompetensi dan jiwa kebangsaan yang mengusung semangat persatuan.

“Jangan pernah dan jangan biarkan bibit permusuhan dan kebencian tumbuh sekecil apapun di hati kalian karena kita SATU, kita INDONESIA,” ujarnya.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94,” tutup Sri Mulyani.

Enam+

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, Sandiaga Uno Beri Pesan ke Gen Z dan Milenial

Selain Erick Thohir dan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga ikut menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022. Melalui sebuah unggahan di platform serupa, Memparekraf menyerukan semangat bagi para Milenial dan Gen Z untuk bersama-sama membangkitan ekonomi.

“Mari kita gunakan momentum Hari Sumpah Pemuda ini bukan sebagai seremonial saja tetapi juga diikuti dengan semangat dari para Milenial dan Gen Z untuk bersama-sama membangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” tulis Sandiaga Uno, dikutip Jumat (28/10/2022).

Dalam unggahan itu, Sandiaga Uno juga membahas ekonomi dunia yang diprediksi akan gelap karena ancaman resesi.

“Tahun depan ekonomi dunia diprediksi akan gelap. Oleh karena itu, kalian para pemuda dan pemudi Indonesia diharapkan menjadi pelita yang menerangi Indonesia dari gelapnya ancaman resesi global,” ujarnya.

“Maju terus generasi muda Indonesia!,” tambah Sandiaga Uno.

Enam+

Isi Sumpah Pemuda

Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia, berbunyi :

PERTAMA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,

MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,

TANAH INDONESIA.

KEDOEA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,

MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,

BANGSA INDONESIA.

KETIGA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,

MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN,

BAHASA INDONESIA.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website liputan6.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”