GPU “Entry-Level” AMD Radeon RX 6600 Resmi Meluncur, Ini Harganya

harian-nasional.com/ – AMD resmi meluncurkan kartu grafis (GPU) entry-level terbarunya dari seri Radeon RX, yaitu RX 6600 pekan ini.

Radeon RX 6600 dirancang menggunakan arsitektur gaming AMD RDNA 2 dengan fabrikasi 7nm yang serupa dengan “saudaranya, Radeon RX 6600 XT. Selain itu, besar VRAM dan Infinity Cache-nya juga sama, yaitu 8 GB (GDDR6) dan 32 MB.

Meski demikian, ada sejumlah spesifikasi yang dipangkas oleh AMD, salah satunya adalah kecepatan VRAM yang hanya mentok di 14 Gbps dengan bandwidth 224 GB/s.

Pada Radeon RX 6600 XT, kecepatan VRAM tercatat di angka 16 Gbps dengan bandwidth 256 GB/s.

Kinerja compute units (CUs) GPU anyar itu juga turut “disunat” dan kini hanya mengandalkan 28 unit dengan performa 8,93 TFLOPs, alih-alih 32 unit dengan 10,6 TFLOPs.

Kecepatan GPU Radeon RX 6600 juga ikutan diperlambat menjadi 2.044 MHz untuk game clock standar, dan bisa ditingkatkan menjadi 2.491 MHz dalam mode boost.

Pada Radeon RX 6600 XT, kecepatan game clock GPU tersebut adalah 2.359 MHz, dengan boost frequency mencapai 2.589 MHz.

Pada sektor daya, kartu grafis ini mengusung TDP hingga 132 watt, lagi-lagi diturunkan dari 160 watt pada Radeon RX 6600 XT. Meski demikian, konektivitas kedua GPU itu sama-sama mengandalkan delapan jalur PCIe versi 4.0.

Corporate Vice President dan General Manager Graphics Business Unit AMD, Scott Herkelman mengatakan GPU tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengalaman bermain game di kualitas 1080p untuk segmen mainstream.

“Kami telah merancang kartu grafis Radeon RX 6600 untuk memberikan performa kelas mumpuni namun dengan solusi kelas menengah,” ujar Scott dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (15/10/2021).

Punya fitur AMD FidelityFX

Kartu grafis Radeon RX 6700 XT juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung lain, salah satunya adalah Smart Access Memory (SAM) yang bisa memaksimalkan kinerja GPU secara keseluruhan.

Ada pula teknologi AMD FidelityFX yang diklaim mampu mengoptimalkan pencahayaan, efek bayangan dan refleksi pada lebih dari 50 jenis game, AMD Infinity Cache untuk mengurangi latency dan konsumsi daya, serta dukungan driver terbaru untuk Windows 11.

Rencananya, AMD bakal menggaet sejumlah vendor untuk merancang berbagai varian Radeon RX 6600, mencakup ASRock, ASUS, Gigabyte, MSI, PowerColor, Sapphire, XFX, dan Yeston.

Untuk ketersediaan, kartu grafis teranyar ini sudah dijual di pasar global melalui sejumlah peritel rekanan AMD, baik offline dan online, dengan harga mulai dari 329 dolar AS atau sekitar Rp 4,6 juta.

Adapun komputer atau PC pre-built yang dibuat para vendor (OEM) yang sudah disertai dengan GPU AMD Radeon RX 6600 sendiri bakal hadir di pasaran mulai Oktober 2021 ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”