Game Indonesia “A Space for the Unbound” Sabet Penghargaan di Jepang

Game Indonesia “A Space for the Unbound” Sabet Penghargaan di Jepang

harian-nasional.com/ – Game buatan developer Indonesia bertajuk A Space for the Unbound sukses menyabet penghargaan dalam Japan Game Awards, yaitu salah satu rangkaian dari Tokyo Game Show 2022.

Game ini dikembangkan oleh Toge Productions yang berbasis di Tangerang dan Mojiken Studios yang berbasis di Surabaya.

A Space for the Unbound merupakan game petualangan dengan latar pedesaan di Indonesia pada tahun 90-an. Game ini memiliki tokoh karakter bernama Atma dan Raya yang merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan bertugas menyelidiki misteri kota mereka di tengah masa akhir sekolah.

Game ini memenangkan penghargaan untuk kategori Future Division. Kategori ini sendiri merupakan salah satu kategori penghargaan Japan Game Awards untuk game-game yang akan dirilis di waktu mendatang.

Dirangkum KompasTekno dari IGN, Selasa (20/9/2022), ada total 10 game yang memenagkan penghargaan Future Division.

Selain A Space for the Unbound, sembilan game lainnya yang memenangkan penghargaan Future Division dalam Japan Game Awards 2022 adalah sebagai berikut:

    Wo Long: Fallen Dynasty

    Exoprimal

    Street Fighter 6

    Sonic Frontiers

    Final Fantasy XVI

    Forspoken

    Atelier Ryza 3: Alchemist of the End and the Secret Key

    Like a Dragon: Ishin

    Mega Man Battle Network Legacy Collection

Rilis tertunda

A Space for the Unbound merupakan game Indonesia yang dinantikan kehadirannya. Game ini dijadwalkan rilis sekitar tahun ini, akan tetapi jadwal peluncurannya tertunda karena masalah penipuan dan penyelewengan dana.

Berdasarkan pengumuman Toge Productions dan Mojiken Studios di Twitter, game besutannya ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Dengan berat hati, kami mengumumkan bahwa perilisan A Space for the Unbound ditunda hingga waktu yang belum ditentukan,” kata pihak Toge Productions dan Mojiken Studio, dikutip KompasTekno dari akun Twitter resmi game A Space for the Unbound dengan handle @ASFTUgame.

Pengembang game itu juga menjelaskan bahwa mereka terpaksa menunda perilisan game karena adanya penyelewengan dana yang dilakukan publisher asing yang bekerja sama dengan perusahaan, yaitu PQube Games.

PQube Games adalah penerbit game asal Inggris yang digandeng Toge Productions dan Mojiken Studio untuk perilisan A Space for the Unbound versi konsol di wilayah barat.

A Space for the Unbound sendiri rencananya bakal dirilis di sejumlah platform seperti PS4, PS5, Xbos One, Xbos Series S/X, Nintendo Switch, dan PC (via Steam) serentak di seluruh dunia sekitar 2022 ini.

Dengan ukungan PQube Games, pemain di wilayah barat seperti Eropa nantinya bisa memainkan game tersebut di konsol game favorit mereka.

Namun Toge Productions dan Mojiken Studios mengatakan bahwa PQube Games dengan sengaja menyalahgunakan dana hibah yang mereka dapat.

Seharusnya, dana hibah yang diberikan pada Agustus 2020 lalu oleh sebuah perusahaan game ternama demi membantu perusahaan game yang terdampak pandemi, digunakan untuk pengembangan dan perilisan A Space for the Unbound.

Namun, Toge Productions dan Mojiken Studio ternyata merasa dimanipulasi dan dieksploitasi, lantaran PQube Games menggunakan dana tersebut untuk kepentingan komersilnya.

“Sehingga, kami terpaksa harus mengakhiri perjanjian kami dengan PQube Games,” papar pihak Toge Productions dan Mojiken Studio.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”