Fitur Andalan Android 12L di Samsung Galaxy Z Fold 4, dari Multi-window hingga Taskbar

harian-nasional.com/ – BALI, Galaxy Z Fold 4 merupakan perangkat ponsel lipat (foldable phone) pertama Samsung yang dibekali sistem operasi (OS) Android 12L.

Android 12L merupakan pengembangan dari OS Android 12 yang dirancang khusus untuk perangkat dengan layar yang lebih besar. Salah satunya adalah ponsel layar lipat seperti Galaxy Z Fold 4 ini.

Karena dirancang secara khusus, OS Android 12L di ponsel lipat ini dibekali dengan beragam fitur untuk menunjang produktivitas pengguna, salah satunya adalah Multi Windows.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan bahwa fitur ini akan mempermudah aktivitas pengguna yang gemar membuka banyak aplikasi (multitasking).

Sebab, Multi Windows memungkinkan pengguna membuka tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Nantinya, aplikasi utama bisa diposisikan di bagian kiri, kanan, atas, atau bagian bawah layar dengan ukuran jendela yang lebih panjang/lebar dibanding dua aplikasi lainnya seperti gambar di bawah ini.

“Untuk mengaktifkan Multi Window, pengguna bisa mengeklik ikon aplikasi dan melakukan drag and drop pada satu sisi di layar,” ujar Verry kepada KompasTekno pada acara “Flex Ground Trip” di Hotel Indigo Seminyak, Bali, Senin (10/10/2022).

“Ukuran jendela aplikasi yang sedang terbuka, begitu juga posisinya, juga bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan kemauan pengguna,” imbuh Verry.

Selain Multi Window, OS Android 12L juga hadir dengan Taskbar, suatu fitur yang memungkinkan pengguna berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan hanya mengeklik ikon aplikasi yang berada di deretan ikon yang ada di tampilan bawah layar.

Jika dibayangkan, fitur ini mirip dengan deretan ikon aplikasi alias taskbar yang ada di perangkat laptop atau komputer (PC).

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Ada pula fitur ikon notifikasi yang bisa diperluas dan diatur urutannya berdasarkan prioritas pengguna, serta tampilan baru halaman pengaturan (Settings) yang kini dibagi menjadi dua layar (kiri dan kanan).

Layar kiri menampilkan menu-menu yang ada di laman pengaturan, sedangkan layar di sebelah kanan akan menampilkan isi dari menu pengaturan yang sedang dipilih.

“Samsung Galaxy Z Fold 4 menawarkan pengalaman penggunaan ponsel lipat mumpuni, yang membuat perangkat ini semakin unggul dibanding smartphone konvensional dan mampu meningkatkan produktivitas pengguna dengan kegiatan multitasking yang lebih mudah,” pungkas Verry.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”