Fajar dan Apriyani tekankan kekompakan tim pada ajang BAMTC di Dubai

harian-nasional.com/ – Kapten timnas bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu mengatakan bahwa kunci keberhasilan dalam ajang Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, ialah dengan menjaga kekompakan tim.

“Sebagai kapten tim, saya akan merangkul semua pemain agar selalu kompak dan semangat. Belajar dari pengalaman sebelumnya, asal kita kompak dan bersama, hasilnya akan bagus,” kata Fajar lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, atlet spesialis ganda putra itu juga sempat didaulat menjadi deputi kapten tim bagi Hendra Setiawan pada kejuaraan beregu lainnya seperti Piala Thomas dan Piala Sudirman edisi tahun lalu.

Berdasarkan pengalamannya itu, kekompakan tim bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti berangkat latihan dan tanding bersama, menggunakan seragam yang serupa, atau makan bersama.

“Selain itu tentu harus saling dukung. Teman yang tidak bertanding wajib mendukung pemain yang main. Support ini akan berdampak positif bagi rekan yang lagi main. Pasti akan tambah semangat dan mengeluarkan kemampuan terbaik,” sebut Fajar.

Sementara Apriyani punya cara lain untuk meningkatkan daya juang rekan-rekan satu tim. Misalnya dengan memberikan sugesti kepada rekan seperjuangan agar selalu semangat dan kompak baik saat bertanding atau di luar lapangan.

“Saya meminta teman-teman selalu semangat. Juga harus kompak dan terus menjaga kebersamaan,” ungkap peraih medali emas Olimpiade Tokyo itu.

Pemilihan Fajar dan Apri sebagai kapten timnas bulu tangkis Indonesia merupakan keputusan yang diambil oleh Pelatnas PBSI Cipayung. Fajar dan Apri terpilih karena dinilai punya pengalaman dan kepemimpinan yang lebih baik.

Fajar dan Apri diberi mandat untuk memimpin Skuad Garuda pada kejuaraan yang berlangsung di Dubai Exhibition Centre, pada 14-19 Februari. Dengan pengalaman yang dimiliki, keduanya diharapkan bisa memimpin rekan-rekannya dengan baik.

“Fajar dan Apri ditunjuk jadi kapten tim putra dan putri. Mereka lebih senior dan punya pengalaman yang bisa memimpin teman-temannya,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky.