Intel dilaporkan baru saja memperbarui jajaran CPU miliknya. Perusahaan ini nantinya tidak akan menggunakan nama merek Pentium dan Celeron untuk sejumlah prosesor garapan mereka mulai tahun depan. 

Sebagai gantinya,Intel mengumumkan kehadiran prosesor terbaru mereka yang disebut dengan Processor Intel. Chipset ini diluncurkan untuk sejumlah perangkat PC dan laptop yang berada di tingkat entry level

Dilansir dari Gizchina (19/9), Processor Intel tetap berada di bawah keluarga Intel Core dan menjadi standar baru di pasar PC dan laptop entry level. Sementara itu, Intel Core sendiri masih tetap menjadi standar untuk produk kelas menengah dan kelas atas. 

Proposisi terbaru dari Intel ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja laptop di kelas low-end yang memerlukan komponen tambahan. Sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyeluruh. Bahkan, laptop paling terjangkau di kelas ini, yang diperkirakan memasuki pasar pada paruh kedua 2023, juga akan menggunakan branding terbaru dari Intel yakni Processor Intel. 

Pihak Intel menyebut, brand Processor Intel ini mencakup banyak keluarga produk. Selain itu, kehadiran chipset tersebut juga menandai perkembangan yang signifikan dalam strategi perusahaan untuk merampingkan produk. 

“Branding Processor Intel yang baru akan menyederhanakan penawaran kami sehingga pengguna dapat fokus dalam memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka,” ujar Josh Newman, Vice President & Interim GM Mobile Client Platforms melalui blog resmi Intel. 

Menurut Newman, seiring dengan laju perkembangan teknologi yang terus meningkat, kebutuhan akan peranan PC juga menjadi semakin jelas. Oleh karena itu, Intel mendorong inovasi guna memberi manfaat kepada para konsumen mereka dengan kehadiran rangkaian prosesor tingkat pemula untuk meningkatkan standar PC di semua kalangan harga. 

Meski demikian, jajaran produk Intel yang telah beredar saat ini disebut tidak akan terpengaruh dengan peluncuran chipset terbaru. Selain itu, chipset Processor Intel tersebut juga tidak akan mempengaruhi rencana jangka panjang perusahaan. 

Perlu diketahui, Intel saat ini belum memberikan informasi detail terkait spesifikasi produk baru Processor Intel. Perusahaan hanya menyebut, chipset ini akan diluncurkan ke pasaran pada kisaran tahun 2023 mendatang. 

Kami harus menyebutkan bahwa Intel belum memberikan informasi apa pun tentang spesifikasi produk barunya. Yang akan diluncurkan sekitar tahun 2023, setidaknya tidak saat ini. Oleh karena itu, rincian awal akan tiba selama beberapa minggu ke depan.