Harian-Nasional.com

Situs Berita Online Aggregator Indonesia

5 Oktober 2022

Tren kerja hybrid nampaknya masih terus melekat pada sebagian besar perusahaan di seluruh dunia. Semakin banyak perusahaan yang membebaskan para pekerjanya untuk melakukan pekerjaan dimana saja.

Hal ini membuat para pekerja semakin keteteran untuk memastikan data mereka agar tetap dapat dengan mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Solusi NAS pun semakin digemari karena terbukti memiliki keunggulan dari sisi biaya dan performa dibandingkan dengan solusi lain seperti penyimpanan berbasis cloud.

Akan tetapi, hingga saat ini masih banyak pekerja yang bingung dalam memilih NAS yang tepat bagi mereka. Nah di samping saya saat ini sudah ada sebuah produk terbaru dari QNAP, yakni TS 233. 

Sebenarnya, dalam menentukan pemilihan NAS, sebenarnya ada beberapa hal yang menurut kami harus diperhatikan. Ada tiga komponen utama yang harus dimiliki oleh NAS untuk konsumen umum, yakni dukungan kapasitas besar, keamanan data, serta kemudahan dalam penggunaan.

Untuk poin yang pertama, memang sebagian besar produsen NAS telah menyiapkan produk dengan dukungan HDD besar. Tapi, QNAP menawarkan sebuah NAS 2 bay yang dapat menampung kapasitas hingga 18 TB per bay.

Dukungan HDD yang dimiliki oleh QNAP pun sangat luas, mencakup beberapa nama besar. Namun, kami menyarankan kalian untuk menggunakan Seagate IronWolf yang memiliki performa dan daya tahan yang sangat baik. Dan untuk pengujian kali ini kami akan menggunakan Seagate Ironwolf dengan kapasitas 12 TB.

Sebenarnya, dikarenakan memiliki dua bay, pengguna dapat melakukan RAID 0 yang dapat menyediakan total penyimpanan hingga 36 terabyte. Tapi, kami sangat tidak menganjurkan hal ini. Dan ini akan menyambung dengan topik kedua, yakni keamanan data.

Sementara untuk mengetahui kapasitas dan kompabilitas HDD, kalian bisa cek langsung ke situs QNAP atau dengan mengklik alamat situs ini.

Seperti diketahui, kerentanan bahaya terhadap data pengguna bukan hanya dari serangan luar saja. namun, ada satu hal lain yang lebih menakutkan dari data mereka dicuri oleh pihak lain, yakni seperti kehilangan data karena kegagalan drive. 

Kebetulan, QNAP memiliki fitur keamanan canggih untuk kedua masalah ini. Untuk masalah keamanan virus dan lainnya, di dalam OS mereka yakni QTS sudah terdapat aplikasi malware remover dan  yang dapat kalian gunakan.

Sementara untuk perlindungan data, ada beberapa pilihan. Namun, yang ingin kami perkenalkan adalah fitur bernama Snapshot. Fitur ini merupakan fitur keamanan data untuk mencegah beberapa hal, seperti kehilangan data akibat kesalahan menghapus data, kesalahan dalam mengedit file, bahkan dari serangan ransomware. 

Untuk menggunakan fitur ini secara penuh, kalian wajib melakukan konfigurasi RAID 1. Kalian juga diwajibkan untuk menggunakan dua HDD dengan model dan kapasitas yang sama untuk mendapatkan hasil terbaik.

Memang, dengan melakukan RAID 1, kalian akan mendapatkan setengah dari kapasitas penuh yang kalian pasang. Misal, kalian memasukkan 2 HDD berukuran 18TB. Dengan RAID 1, alih-alih mendapatkan 36 TB, kalian hanya mendapatkan 18TB saja.

Namun sebagai gantinya, dengan digabungkan dengan fitur Snapshot, kalian akan mendapatkan salinan data 1:1, dimana akan sangat berguna jika kalian mengalami masalah kendala kehilangan data akibat kelalaian atau bahkan dikarenakan HDD utama kalian mengalami kerusakan.

Kami menyarankan kalian untuk menggunakan HDD Seagate Ironwolf untuk digunakan di perangkat NAS kalian. Selain memiliki kapasitas besar hingga 18TB, perangkat ini juga dilengkapi dengan garansi Recovery data selama 3 tahun. Kalian juga dapat mengklaim garansi jika HDD kalian rusak karena konslet, terbakar, atau bahkan banjir.

Tak ketinggalan, Seagate juga memiliki perangkat SSD khusus NAS, yang mencakup form factor 2,5 inci dan NVMe. Produk ini juga akan mendapatkan garansi yang serupa dengan varian HDD-nya.

Sementara untuk memberikan pengguna piece of mind, QNAP dan Seagate juga memberikan fitur Ironwolf Health Management untuk memonitor dan memberikan laporan kondisi perangkat ke pengguna. Dan jangan lupa untuk membeli perangkat Seagate yang berlogo MFI ya untuk menjamin keaslian perangkat kalian.

Dan yang terakhir kami akan membahas soal kemudahan dalam penggunaan. Seperti diketahui, saat ini para pengguna ingin mendapatkan NAS yang responsif untuk menunjang semua kegiatan mereka.

Mulai dari mengakses data, melakukan streaming video, dan berbagai hal lain, pengguna ingin semua dapat diakses dalam sekejap mata. Oleh karena itu, QNAP menggunakan hardware terbaik untuk semua NAS mereka.

Nah untuk TS 233 ini, mereka menggunakan prosesor ARM 4-core Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0GHz. RAM-nya sebesar 2GB yang sayangnya tidak dapat di upgrade. Tapi, besaran RAM ini sudah cukup untuk menjalankan OS QTS yang memang terkenal sangat ringan untuk dijalankan.

Pengguna juga akan mendapatkan beberapa port, seperti port LAN RJ45 dengan kecepatan transfer hingga 144 MB,s. Selain itu, hadir juga dua port USB 2.0 Type-A di bagian belakang. Sementara di bagian depan terdapat sebuah port USB 3.2 Gen 1.

Desainnya juga kompak serta tidak terlalu kaku seperti beberapa vendor pesaing. Warnanya menggunakan perpaduan putih dan biru muda yang lembut, bahkan sangat cocok diletakkan di ruang tamu.

Yang menarik nih sahabat tek, QNAP TS 233 ini juga sudah memiliki dukungan NPU, sehingga NAS ini juga memiliki dukungan AI yang sangat canggih. Oleh karena itu, mereka dapat menyematkan fitur bernama QuMagie.

Dengan memanfaatkan AI, QuMagie dapat dengan mudah mengidentifikasi foto dengan sangat sempurna. Fitur ini dapat memilah dan mengkategorikan foto sesuai tema umum, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan lainnya.

Dengan fitur pengenalan AI, QuMagie bahkan dapat memilah wajah yang ada di foto. kemudian, kita dapat menandai orang yang ada di foto. Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk dapat menampilkan foto dengan memilih nama yang tepat dengan mudah.

Fitur ini juga akan memudahkan pengguna, terutama mereka yang senang traveling. Akan sangat tidak praktis bagi pengguna untuk membawa hard disk external kemana-mana saat bepergian. Dan saat ini, pengguna harus membayar biaya langganan untuk menggunakan layanan cloud, baik itu untuk para pengguna Android maupun iOS.

Soal harga sendiri, QNAP menawarkan TS 233 ini dengan harga yang cukup terjangkau. Kalian hanya harus merogoh kocek sebesar Rp3,989 juta saja. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan vendor lain dengan spesifikasi setara. 

Sedangkan untuk harga HDD-nya, Seagate Ironwolf 12TB akan memiliki harga di kisaran Rp6,8 juta-an saja. Namun dengan jaminan data recovery, ini merupakan harga yang sangat murah. Namun jika kalian ingin mendapatkan performa dan keamanan lebih baik, kalian bisa melirik Ironwolf pro yang memiliki kapasitas hingga 20TB.

Untuk pembelian, kalian bisa langsung menuju link berikut ini ya!
Qnap TS 233
Seagate IronWolf 12 TB

Dan berikut ini video ulasannya :