Harian-Nasional.com

Situs Berita Online Aggregator Indonesia

5 Oktober 2022

iOS 16 telah meluncur dengan membawa rangkaian fitur serta tampilan baru. Sejalan dengan itu, keluhan terkait masalah baterai tidak absen dari pengguna yang baru saja mengunduh sistem operasi baru ini. 

Masalah-masalah ini mencakup penurunan level baterai yang cepat selama proses pemasangan iOS 16, daya tahan baterai yang buruk, dan penurunan Battery Health. Ketiganya merupakan dampak yang terjadi setelah pengguna meng-install iOS 16.

Namun, penting untuk diketahui bahwa permasalahan baterai yang terjadi usai memasang sistem operasi baru adalah hal yang normal. Anggap saja ini merupakan masa peralihan, di mana ponsel harus menyesuaikan dari iOS lama ke iOS baru.

Proses pemasangan sistem operasi baru sebenarnya melalui banyak tahapan, salah satunya pembersihan setelah meng-install. Ini membutuhkan waktu berhari-hari yang mencakup kegiatan kalibrasi ulang baterai.

Pada tahap inilah baterai terkesan lebih cepat habis, padahal sebenarnya tidak. Anda tidak perlu melakukan hal solutif apapun karena masalah ini akan teratasi sendiri pada waktunya. Juga, perbarui aplikasi secara teratur karena hal buruk juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang bermasalah. 

Di samping itu, selalu pastikan iPhone Anda menggunakan sistem operasi paling baru. Dilansir dari ZDNet (17/9), segera perbarui ponsel ketika iOS 16.0.1 rilis karena kemungkinan ini berisi sejumlah perbaikan, termasuk untuk masalah pengurasan baterai.

Terkait Battery Health yang dapat dilihat di pengaturan, ZDNet mengatakan ini hanya persoalan angka yang yang tidak benar-benar memberitahu apapun yang berarti tentang kesehatan baterai Anda yang sebenarnya. Baterai iPhone seharusnya masih dalam kondisi baik setidaknya selama tiga tahun. Namun setelah ini, Anda mungkin perlu memikirkan untuk menggantinya dengan perangkat baru.