Crypto  

Efek Hard Fork Vasil Mulai Terlihat, Cardano Tambah 100 Smart Contract Baru

harian-nasional.com/ – Kini, efek dari hard fork Vasil di Cardano sudah mulai terlihat jelas. Dalam kurun waktu dua minggu sejak sukses melaksanakan hard fork tersebut, Cardano telah menambahkan total 100 smart contract (kontrak pintar) baru ke blockchain miliknya.

Pada hakikatnya, upgrade jaringan ini berguna untuk membantu meningkatkan kapabilitas serta skalabilitas kontrak pintarnya. Dengan hadirnya 100 kontrak pintar baru ini, Vasil upgrade tampaknya telah berhasil memenuhi ekspektasi jaringan.

Sejalan dengan itu, sebuah data juga menunjukkan bahwa jaringan Cardano telah mencetak milestone baru dengan menghadirkan kontrak pintar berjumlah 3.000 pada bulan Agustus lalu, dan memiliki 3.292 pada tanggal 22 September, ketika hard fork Vasil terlaksana. Kemudian, jumlah itu terus meningkat tajam dan angkanya tercatat sudah lebih dari 3.400 kontrak pintar pada saat publikasi.

Anjloknya Jumlah Staking

Namun sayangnya, hard fork ini tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas staking di jaringan Cardano sendiri. Kondisi ini tercermin dalam total value locked (TVL) platform yang belum juga mengalami kenaikan sejak upgrade Vasil tayang. Sebaliknya, TVL Cardano justru bergerak melawan arah, dengan capaian pada 9 Oktober hanya sebesar US$75 juta.

Di sisi lain, sejak berlangsungnya hard fork, jumlah total ADA yang berada dalam staking naik sedikit. Jumlah staked ADA berhasil mencetak angka US$148 juta pada tanggal 3 Oktober lalu. Namun, jumlah ini masih jauh jika dibandingkan dengan titik puncak TVL US$326 juta yang berhasil diraih pada 24 Maret 2022 lalu.

Jumlah Transaksi Cardano Turun Sebentar

Selanjutnya, Cardano Blockchain Insights juga mengungkapkan bahwa transaksi di jaringannya masih volatil sejak hard fork rampung. Menurut data tersebut, jumlah transaksi Cardano telah turun menjadi 12.000 pada 23 September. Tetapi, sejak saat itu mulai menanjak naik lagi menjadi lebih dari 60.000 pada saat publikasi.

Sementara itu, mengingat bahwa transaksi di jaringan Cardano juga mencakup berbagai jenis pembayaran lainnya, sekilas jumlah pembayaran hariannya tidak banyak berubah setelah upgrade. Meskipun begitu, pembayaran bulanan per hari pasca hard fork Vasil tercatat lebih tinggi dari sebelumnya.

Sejak upgrade Vasil, jumlah alamat aktif harian di jaringan juga telah mengalami peningkatan. Akan tetapi, pada saat publikasi, jumlah alamat tersebut telah turun lagi dari level 78.849 yang terbentuk pada 4 Oktober menjadi sekitar 70.752.

Harga Cardano Justru Ambruk

Sementara itu, harga perdagangan native token Cardano, ADA, terhitung masih negatif pasca hard fork Vasil. Pada tanggal 23 September, aset kripto ini sempat mencetak harga tertingginya di level US$0,473. Namun, sejak hari itu hingga 9 Oktober kemarin, harganya tergelincir lagi dan kehilangan lebih dari 6% nilainya. Menurut data terbaru dari Coingecko, ADA sekarang diperdagangkan pada harga US$0,4236 pada saat publikasi.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!