Crypto  

eBay Akusisi TCGPlayer Senilai US$295 Juta, Ingin Fokus di Web3?

harian-nasional.com/ – eBay, salah satu raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS), kembali melakukan aksi anorganik untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya. Kali ini, eBay mengambil alih perusahaan yang fokus pada perdagangan kartu koleksi, yakni TCGPlayer. Beberapa pihak menduga bahwa aksi ini dilakukan sebagai salah satu strategi eBay untuk memperbesar bisnis Web3 perusahaan.

Pada bulan Juni kemarin, perusahaan juga sudah mengumumkan aksi anorganiknya dengan mengakuisisi platform NFT KnownOrigin. Hal itu dilakukan untuk bisa menjadi jembatan antara kolektor NFT dengan seniman pembuat NFT secara langsung.

Dengan masuknya KnownOrigin, maka akan memudahkan perusahaan untuk menjual barang koleksi, dalam hal ini NFT, ke tangan para penggemarnya.

TCGPlayer sendiri merupakan platform perdagangan kartu koleksi. Secara prinsip, baik NFT maupun TCGPlayer sama-sama berisi barang koleksi. Hanya pemanfaatan teknologi blockchain-nya yang berbeda. TCGPlayer merupakan platform yang murni menjual kartu koleksi untuk beberapa gim.

Aksi anorganik yang dilakukan oleh eBay mengingatkan langkah yang dilakukan oleh Mattel saat menjalin sinergitas dengan VeeFriends. Akhir tahun lalu, keduanya sepakat untuk meluncurkan deck Uno yang terdapat karakter NFT buatan Veefriends. Dengan begitu, setiap kolektor NFT bisa memiliki kartu tersebut secara fisik.

Akuisisi TCGPlayer Senilai US$295 Juta

Dalam skema yang dijalankan oleh eBay, perusahaan akan mengakuisisi TCGPlayer dengan dana senlai US$295 juta. Perusahaan sudah menandatangani perjanjian untuk bisa memuluskan aksinya. Ditargetkan di awal kuartal 1 tahun depan, perusahaan sudah menuntaskan keseluruhan proses dalam rangka akuisisi.

VP of Collectibles eBay, Dawn Block, mengatakan kartu perdagangan adalah kategori yang menarik dan telah mengalami pertumbuhan substansial. Pasca akuisisi, TCGPlayer akan terus beroperasi secara mandiri sebagai salah satu pasar online terbesar untuk permainan kartu perdagangan.

“Akuisisi ini melengkapi strategi kategori fokus eBay dan memajukan komitmen perusahaan untuk penggemar kartu perdagangan dan meningkatkan pengalaman keseluruhan untuk semua pelanggan,” katanya.

Lebih lanjut, Block menjelaskan, pengalaman eBay selama 26 tahun dalam perdagangan kartu koleksi akan membantu bisnis TCGPlayer untuk meningkatkan basis penggunanya di seluruh dunia. TCGPlayer saat ini sudah memiliki jutaan hobbies dan puluhan ribu penjualan online maupun fisik.

Soal autentikasi kartu, perusahaan memiliki sistem yang mampu melakukan validasi atas kartu yang dijualnya melalui Authentication Center.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

NFT Bakal Merevolusi Trading Card Konvensional

Lembaga riset pasar Market Decipher memproyeksikan kehadiran NFT bakal merevolusi industri trading collectible card. Proses autentikasi yang lebih mudah dan juga adanya peningkatan variasi juga kegunaan kartu perdagangan menjadi salah satu alasannya.

Dengan menggunakan NFT, autentikasi akan berjalan secara digital. Terlebih lagi, hanya ada 1 kartu untuk 1 NFT. Hal itu akan membuat pembeli maupun penjual menjadi lebih efisien saat akan memutuskan membeli atau menjual kartu koleksinya.

“Kerusakan, noda, dan goresan biasa terjadi pada fisik trading card. Dengan NFT, trading card akan lebih tahan terhadap keausan dan menghilangkan kemungkinan rusak, hilang ataupun dicuri,” jelasnya.

Selain itu, NFT bertema sports diprediksi akan beredar lebih luas di tahun ini. Adapun klip video edisi terbatas dan kartu perdagangan pemain akan menjadi dua item utama yang akan ditokenisasi. Setidaknya pertumbuhan untuk sektor NFT sports diperkirakan akan mencapai 60%.

“Liga olahraga berperan penting dalam kontrak peluncuran kartu perdagangan baru dan NFT momen permainan bersejarah dalam hal klip video. Hampir setiap liga olahraga utama memiliki kontrak kartu perdagangan eksklusif dengan produsen,” tambahnya.

Sejalan dengan hal tersebut nilai pasar untuk barang koleksi juga akan meroket. Pada tahun 2021 lalu, nilainya mencapai US$402 miliar namun di 2032 mendatang, angkanya berpotensi melesat hingga US$1 triliun yang didorong oleh seni digital, NFT sports, dan trading card.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram Be[In]Crypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!