Dulu Dijadikan Taksi, Nissan Almera 2023 Punya Mesin Lebih Besar dari Vios

harian-nasional.com/

Nissan Almera 2023 ditenaga mesin HR16DE 1,6-liter

Nissan Almera (dikenal juga sebagai Versa di Amerika Serikat) telah disegarkan. Tepatnya setelah tiga tahun melakukan debut global pada April 2019. Perubahan paling mencolok terlihat di bagian depan, dengan kisi-kisi V-motion khas pabrikan. Profilnya menampilkan potongan heksagonal hitam dengan deretan bilah horizontal yang dibingkai oleh garis kromium di tepian. Mesin tetap bervolume 1,6 liter NA, lebih besar dari Vios di Indonesia (1,5 liter).

Di sana, Almera/Versa tetap ditenagai oleh mesin bensin empat silinder HR16DE 1,6 liter NA. Tarian piston menyuguhkan tenaga 124 PS (122 Hp) dan torsi 154 Nm – dengan pilihan manual lima percepatan atau Xtronic CVT. Asal tahu, pada 2012 Almera sempat dijadikan armada taksi di Indonesia. Betul, hanya menyasar fleet market dengan enjin 1,5 liter. Tiap negara punya spesifikasi beda-beda.

Lanjut dari segi keamanan. Nissan Almera 2023 dilengkapi dengan fitur Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, Lane Departure Warning, Rear Automatic Braking and High Beam Assist. Terus ada imbuhan Blind Spot Warning and Rear Cross Traffic Alert. Sedangkan di varian tertinggi disertakan Intelligent Cruise Control (ACC).

Mengenai ubahan tampilan. Ujung depan lebih ekspresif, mencakup apron yang direvisi dengan intake lebih rendah dan bagian lampu kabut ditata ulang. Sementara logo Nissan terbaru menggantikan desain lama. Mereka juga memberikan desain pelek 17 inci baru dan cat gray sky pearl. Baik untuk varian SV (mid-spec) dan varian SR tertinggi.

Untuk bagian belakang, tetap tidak berubah dari sebelumnya. Dan hal ini juga berlaku di tatanan interior. Ia menampilkan tata letak dasbor yang sama dengan model pre-facelift, tetapi ada beberapa penyesuaian. Untuk varian dasar, paket S Plus, terdapat opsional dukungan fitur Android Auto dan Apple CarPlay ke dalam sistem infotainment layar sentuh tujuh inci. Kemudian pelek 16 inci dan bangku kursi belakang bisa dilipat 60:40.

Sementara itu, trim SV mendapatkan konsol tengah dengan sandaran tangan, pengisi daya ponsel nirkabel dan warna interior chambray baru di versi facelift. Kelengkapan item standar lain berupa pelek 16 inci, lampu depan LED otomatis, serta fitur yang disertakan di Almera S Plus.

Varian SR juga mendapat peningkatan. Sistem infotainment layar sentuhnya lebih besar, delapan inci. Kelengkapan lain mencakup hotspot Wi-Fi, layanan NissanConnect serta enam speaker (yang lain hanya empat). Range-topper ini memiliki ukuran pelek 17 inci, kursi depan berpemanas dan remote engine start. (Alx/Odi)