Wisata  

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Bandung dan Sekitarnya

harian-nasional.com/ – Bandung, salah satu kota di Jawa Barat yang menjadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk liburan. Lokasinya tak jauh, banyak akses menuju Bandung, hotel dan penginapan pun banyak pilihan, tempat makan melimpah, udara sejuk menjadi nilai tersendiri. Bandung pun seakan punya sejuta alasan untuk terus dikunjungi.

Liburan di Bandung tentu memberikan suasana berbeda dibandingkan di Jakarta. Udara sejuk, tempat rapi dan tertata menjadi ciri khas tempat wisata di Bandung. Nah, kalau kamu terlintas ingin quick getaway bersama keluarga, simak rekomendasi tempat wisata yang sudah Keluyuran rangkum berikut ini!

    Kota Bandung

    Lembang

    Dago dan Bandung Utara

    Cimahi dan Bandung Barat

    Soreang dan Ciwidey

    Pangalengan

Kawasan Bandung Kota

Kawasan selanjutnya yang akan kita bahas tentu saja Kota Bandungnya itu sendiri. Jika di kawasan lembang tempat wisatanya lebih didominasi oleh wisata outdoor, maka di dalam Kota bandung tempat wisatanya lebih variatif. Apa saja kah itu?

1. Alun-Alun Kota Bandung

    Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung

    Jam Operasional: 24 Jam

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Belum ke Bandung rasanya kalau belum mengunjungi alun-alunnya. Lokasinya berada tepat di depan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Di sini terdapat area terbuka yang sangat luas dan dilapisi oleh rumput sintetis. Area ini sangat cocok untuk sekedar nongkrong bersama keluarga ataupun untuk tempat bermain anak-anak.

Jika kamu merasa lapar, kamu bisa langsung menuju area basement parkir karena di sana terdapat berbagai macam makanan dan minuman yang dijajakan. Oh iya, jika kamu ingin melihat Kota Bandung dari ketinggian, kamu juga bisa menaiki menara masjid raya lho. Asyik banget kan?

Alun-Alun Bandung juga berada di lokasi yang sangat strategis karena berdekatan dengan berbagai tempat keramaian. Sebut saja jalan Dewi Sartika dan Dalem Kaum yang menjadi surganya para pencari baju dan item fashion lainnya. Lalu ada juga jalan Banceuy dan ABC yang menjadi pusat barang elektronik.

2. Trans Studio Bandung

    Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung

    Jam Operasional: Selasa s.d. Kamis, Sabtu dan Minggu pukul 11.00 – 17.00 WIB

    Harga Tiket Masuk: Rp180.000 per orang (Selasa s.d. Kamis), Rp280.000 per orang (Sabtu s.d Minggu dan Hari Libur)

Trans Studio Bandung merupakan indoor theme park yang paling populer di Indonesia. Semenjak kehadirannya, tempat wisata ini langsung menjadi salah satu landmark dari Kota Bandung. Lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Gatot Subroto.

Terdapat lebih dari 20 wahana seru yang bisa kamu coba ketika mengunjungi Trans Studio Bandung. Beberapa wahana yang populer di theme park ini di antaranya adalah Dunia Lain, Jelajah, Indosat Vertigo Galaxy, Sky Pirates, Dragon Riders, dan masih banyak lagi.

Jika kamu sudah merasa puas bermain di Trans Studio Bandung, kamu bisa langsung jalan-jalan atau belanja di Trans Studio Mall yang juga merupakan salah satu mall paling terkenal di Bandung. Kamu juga bisa beristirahat dan menginap di Trans Luxury Hotel Bandung. Baik theme park, mall, dan hotel semuanya berada di satu area yang sama.

3. Kebun Binatang Bandung

    Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

    Jam Operasional: Setiap hari, 10.00- 16.00 WIB

    Harga Tiket Masuk: Rp50.000 per orang dan gratis untuk balita

Kebun Binatang Bandung jadi destinasi wisata favorit sejak dulu. Hingga kini, kebun binatang Bandung masih banyak diminati masyarakat baik dari Kota Bandung sendiri, mau pun dari luar Kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung yang sudah ada sejak tahun 1930-an ini berdiri di lahan seluas 14 hektar. Suasana di sini enak banget, masih asri dan adem. Cocok kalau kamu sedang ingin jalan-jalan santai bareng keluarga, sambil melihat koleksi satwa yang berjumlah lebih dari 500 individu.

Beberapa koleksi satwa populer yang ada di kebun binatang ini di antaranya adalah beruang madu, harimau benggala, harimau sumatera, jerapah, kuda nil, buaya, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa lho menunggangi beberapa binatang yang ada di sini, seperti gajah, kuda, dan juga unta.

Jika lapar, di dalam Kebun Binatang Bandung juga terdapat beberapa lokasi pujasera yang menyediakan berbagai makanan dan minuman yang lezat. Setelah selesai berkunjung, di pintu keluar terdapat banyak penjual yang menyediakan berbagai pernak-pernik khas kebun binatang atau oleh-oleh khas Bandung lainnya.

4. Museum Geologi

    Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung

    Jam operasional: Senin-Kamis, 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-14.00 WIB, Jumat tutup

    Harga tiket masuk: Rp2.000 per orang (Anak & Mahasiswa), Rp3.000 per orang (Dewasa), Rp10.000 per orang (International Tourist)

Museum Geologi merupakan museum yang paling terkenal di Bandung. Museum yang bertempat di sebuah bangunan megah bergaya kolonial ini adalah wisata edukasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di sini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu mengenai geologi, sejarah, dan lainnya.

Museum Geologi didirikan pada 16 Mei 1928. Museum ini banyak menampilkan benda-benda pra-sejarah, salah satunya adalah rekonstruksi fosil T-Rex. Selain fosil binatang, Museum Geologi juga memiliki koleksi fosil-fosil manusia purba yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya memiliki koleksi sejarah, Museum Geologi juga memiliki auditorium untuk melakukan kegiatan seminar, pemutaran film, dan lainnya. Ada juga toko souvenir yang menjual berbagai macam cinderamata dengan tema geologi seperti buku, gantungan kunci, dan aksesoris-aksesoris sejenis lainnya.

5. Taman Balaikota Bandung

    Alamat: Jalan Wastukancana Nomor 2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat

    Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 20.00 WIB

    Harga tiket masuk: gratis

Salah satu tempat wisata enak dan gratis yang ada di Bandung adalah Taman Balaikota Bandung. Lokasinya berada di depan Balaikota Bandung. Tempat ini paling pas untuk dikunjungi bila kamu hanya punya satu hari ke Bandung.

Di sini kamu bisa mencoba Taman Labirin sederhana yang hijau. Selain disusuri, tempat ini menjadi spot foto para pengunjung. Selain itu ada juga area bermain anak dan tempat olah raga. Ingin jogging pun ada jalurnya sendiri. Yang seru adalah adanya aliran Sungai Cikapayang di taman. Si kecil bisa bermain air di sini, lho!