Cara Screenshot di Komputer dengan Mudah: Panduan Praktis & Terpercaya

cara screenshot di komputer

Cara Screenshot di Komputer: Mengabadikan Layar Anda dengan Mudah

Pengenalan

Screenshot, atau tangkapan layar, adalah metode yang sangat berguna untuk mengabadikan tampilan layar komputer Anda. Dengan melakukan screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar atau informasi penting yang terlihat di layar Anda. Apakah Anda ingin membagikan cuplikan layar game terbaik Anda, menyimpan pesan penting, atau membuat tutorial untuk teman-teman Anda, cara screenshot di komputer adalah keterampilan yang perlu Anda kuasai.

Screenshot

Cara Screenshot di Komputer

1. Screenshot Layar Penuh

Metode yang paling sederhana untuk melakukan screenshot di komputer adalah dengan menekan tombol Print Screen (atau PrtScn) di keyboard Anda. Setelah Anda menekan tombol ini, tangkapan layar akan disimpan di clipboard Anda. Anda kemudian dapat membuka aplikasi pengedit gambar seperti Paint, dan tempel tangkapan layar dengan menekan tombol Ctrl + V. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan tangkapan layar tersebut sebagai file gambar.

2. Screenshot Sebagian Layar

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar dari sebagian layar, Anda dapat menggunakan tombol Alt + Print Screen. Dengan menekan kombinasi ini, sistem hanya akan menangkap tampilan jendela yang aktif saat itu. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti pada metode tangkapan layar layar penuh untuk menyimpan hasil tangkapan layar Anda.

Screenshot

3. Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak fitur dan kemampuan saat melakukan screenshot di komputer, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tugas ini. Beberapa aplikasi populer termasuk Lightshot, Snagit, dan Greenshot. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih banyak pilihan, seperti menambahkan anotasi, mengatur area tangkapan layar, atau bahkan merekam video tangkapan layar.

Tips Tambahan

1. Jika Anda ingin melakukan tangkapan layar selektif di beberapa aplikasi, Anda dapat menggunakan Alt + Tab untuk beralih antara jendela yang berbeda, dan kemudian menggunakan Alt + Print Screen untuk mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif saat itu.

2. Jika Anda menggunakan laptop dengan tombol Fn di keyboard, Anda mungkin perlu menekan tombol Fn + Print Screen atau Fn + Alt + Print Screen untuk melakukan tangkapan layar.

3. Setelah Anda melakukan tangkapan layar, penting untuk menyimpannya sebagai file gambar terpisah segera setelahnya, agar Anda tidak kehilangan tangkapan layar saat melakukan tugas lain.

Kesimpulan

Mengetahui cara melakukan screenshot di komputer dapat sangat berguna dalam berbagai situasi. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengabadikan tampilan layar Anda dan menyimpannya sebagai gambar. Jangan ragu untuk mencoba metode yang berbeda dan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam melakukan screenshot di komputer.

FAQs (Pertanyaan Umum)

1. Apakah saya perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot di komputer?

Tidak, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot di komputer. Metode yang disebutkan di atas menggunakan fitur bawaan yang tersedia di sebagian besar sistem operasi.

2. Apakah semua aplikasi pihak ketiga untuk screenshot berbayar?

Tidak, tidak semua aplikasi pihak ketiga untuk screenshot berbayar. Ada banyak aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan, seperti Lightshot dan Greenshot. Namun, ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan.

3. Bagaimana jika tombol Print Screen tidak berfungsi di keyboard saya?

Jika tombol Print Screen tidak berfungsi di keyboard Anda, Anda dapat mencoba menggantinya dengan tombol kombinasi Fn + Print Screen atau Fn + Alt + Print Screen, tergantung pada jenis keyboard laptop atau komputer Anda.

4. Apakah saya dapat melakukan screenshot di komputer Mac?

Tentu saja! Di komputer Mac, Anda dapat melakukan screenshot dengan menekan tombol Command + Shift + 3 untuk tangkapan layar penuh atau Command + Shift + 4 untuk tangkapan layar sebagian. Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan seperti Grab atau Preview untuk fitur screenshot yang lebih canggih.

5. Bagaimana cara melakukannya jika saya ingin mengambil screenshot dari video yang sedang diputar?

Jika Anda ingin mengambil screenshot dari video yang sedang diputar di komputer Anda, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen atau Alt + Print Screen seperti yang dijelaskan di atas. Namun, perlu diingat bahwa tangkapan layar akan merekam gambar terakhir yang ditampilkan pada video, bukan saat-saat bergerak dalam video itu sendiri.

Dengan menguasai cara screenshot di komputer, Anda dapat dengan mudah mengabadikan tampilan layar Anda dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. Selamat mencoba!

Video Cara Screenshot di Komputer/PC tanpa Aplikasi/Software

Visit Video