Cara Mudah Membuat Perkedel Kentang Lezat: Resep Praktis untuk Menu Keluarga!

Cara Membuat Perkedel Kentang: Lezatnya Gurih Kentang yang Digoreng

Pendahuluan

Perkedel kentang adalah salah satu hidangan klasik yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan renyah membuat perkedel kentang menjadi pilihan favorit untuk hidangan utama atau camilan. Makanan yang terbuat dari kentang yang diolah dengan cara digoreng ini dapat dinikmati bersama nasi, soto, atau bahkan dijadikan sebagai lauk pendamping ketika bersantap.

Perkedel

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan perkedel kentang, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • 1 kg kentang, kupas dan cuci bersih
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 4 siung bawang merah, iris halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Tepung terigu secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

2. Memasak Kentang

Langkah pertama dalam membuat perkedel kentang adalah memasak kentang hingga matang. Rebus kentang dalam air mendidih hingga empuk dan mudah dihaluskan. Setelah matang, tiriskan kentang dan biarkan hingga dingin.

Kentang

3. Menghaluskan Kentang

Selanjutnya, haluskan kentang dengan bantuan garpu atau alat khusus seperti potato ricer. Pastikan kentang benar-benar halus tanpa ada gumpalan-gumpalan. Hal ini akan memastikan perkedel kentang memiliki tekstur yang lembut dan lezat.

4. Membuat Adonan

Setelah kentang halus, tambahkan telur, bawang merah, bawang putih, daun bawang, garam, dan merica bubuk ke dalam kentang yang telah dihaluskan. Aduk semua bahan dengan menggunakan sendok atau tangan hingga merata. Pastikan adonan tercampur dengan baik sehingga perkedel kentang memiliki rasa yang merata.

Membuat

5. Membentuk dan Menggoreng Perkedel

Setelah adonan tercampur rata, ambil sejumput adonan dengan menggunakan sendok dan bentuk menjadi bulatan pipih. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng perkedel kentang hingga keemasan dan matang merata. Pastikan Anda membalik perkedel agar kedua sisinya tergoreng dengan sempurna. Setelah matang, angkat dan tiriskan perkedel dari minyak.

Perkedel

6. Menyajikan Perkedel Kentang

Perkedel kentang siap disajikan! Anda dapat menikmatinya sebagai hidangan utama dengan nasi, sayuran, dan lauk lainnya. Perkedel kentang juga cocok dijadikan camilan untuk keluarga atau teman-teman yang berkunjung. Sajikan perkedel kentang hangat agar rasanya tetap renyah dan lezat.

Kesimpulan

Perkedel kentang adalah hidangan yang terkenal di Indonesia. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat perkedel kentang yang lezat dan gurih. Pastikan Anda menggunakan kentang yang berkualitas dan bahan-bahan lainnya yang segar untuk hasil yang terbaik. Selamat mencoba!

Pertanyaan Umum (FAQs)

1. Apakah perkedel kentang hanya bisa digoreng?

Tidak, meskipun perkedel kentang biasanya digoreng, Anda juga dapat memanggangnya di dalam oven untuk pilihan yang lebih sehat. Namun, perkedel kentang yang digoreng memiliki rasa yang lebih gurih dan renyah.

2. Apakah saya bisa menggunakan tepung lain selain tepung terigu?

Ya, Anda dapat menggunakan tepung maizena atau tepung beras sebagai pengganti tepung terigu. Namun, perhatikan bahwa tekstur dan rasa perkedel kentang mungkin sedikit berbeda.

3. Bisakah saya menyimpan perkedel kentang?

Tentu saja! Anda dapat menyimpan perkedel kentang dalam kulkas selama 1-2 hari. Pastikan untuk memasukkannya ke dalam wadah kedap udara sebelum menyimpannya untuk menjaga kesegaran dan kelezatannya.

4. Apakah saya bisa menambahkan bahan lain ke dalam adonan perkedel kentang?

Tentu saja! Anda dapat menambahkan bahan seperti wortel parut, jagung manis, atau daging cincang ke dalam adonan perkedel kentang untuk variasi rasa dan tekstur.

5. Bisakah saya membekukan perkedel kentang?

Ya, Anda dapat membekukan perkedel kentang setelah digoreng. Pastikan untuk mendinginkannya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Ketika ingin menghidangkannya, Anda bisa menggoreng perkedel kentang beku tersebut hingga matang dan renyah kembali.

Video Cara tersimple bikin perkedel lembut anti buyar #ngeshortsbareng

Visit Video