Cara Mengencangkan Kulit Tubuh, Lakukan dari Luar dan Dalam

harian-nasional.com/ – Kulit bergelambir dan mengendur akibat tidak makan malam untuk diet lumrah terjadi. Meski begitu, ada pula faktor lain yang membuat kulit tampak tak kencang. Jangan khawatir, ada beberapa cara mengencangkan kulit tubuh yang bisa menjadi pilihan. Apa saja?

Cara mengencangkan kulit tubuh

Berikut cara mengencangkan kulit tubuh yang bisa Anda coba.

1. Minum air putih yang cukup

Air memang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh termasuk untuk kulit.

Manfaat minum air mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit, terutama bila Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi membuat kulit kendur tak terhindari.

Hal ini bisa dilihat ketika Anda mencubit kulit punggung tangan. Bila tidak segera kembali ke bentuk semula, kulit sedang mengendur dan membutuhkan asupan air segera.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas air putih atau total 2 liter per hari.

ARTIKEL TERKAIT

FAKTA GIZI

Berapa Liter Minum Air Putih Sehari yang Direkomendasikan?

Lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air. Tubuh sangat bergantung pada cairan untuk tetap menjaga kehidupannya sehingga butuh minum air putih dalam jumlah cukup. Namun, minum air putih yang sebenarnya itu sehari berapa liter? Mengapa penting minum air putih setiap hari? Tahukah Anda bahwa tubuh Anda membutuhkan air untuk menunjang fungsinya? Setiap sel, jaringan, dan organ dalam […]

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro• Jul 02, 2021

2. Olahraga

Cara mengencangkan badan yang lembek bisa dilakukan dengan berolahraga. Bila Anda sedang diet dan mengalami penurunan berat badan, massa otot bisa berkurang sehingga badan tampak kendur.

Dengan berolahraga, Anda bisa membentuk otot untuk mengisi kulit yang kendur setelah kehilangan lemak.

Latihan fisik yang paling tepat untuk mengencangkan kulit tubuh adalah olahraga kekuatan otot. Anda bisa mencoba angkat beban atau olahraga perut seperti sit up, crunches, leg raises, dan olahraga lain yang bertumpu pada perut.

Lakukan olahraga selama 30 sampai 60 menit lima tiga kali dalam seminggu agar hasilnya benar-benar terlihat.

Ayo tanya dokter atau berbagi tips bersama di Komunitas Olahraga Hello Sehat!

9

Topik

182

Postingan

8.5k

Anggota

Yoga

Senam

Aerobik

Lari

Berjalan

Lihat semua topik

3. Melembapkan kulit

Kulit yang kering rentan membuat kulit tubuh tampak berkerut dan tidak kenyal. Untuk itu, oleskan pelembap sebagai cara untuk mengencangkan kulit tubuh.

Anda bisa menggunakan pelembap tubuh dengan kandungan vitamin C dan vitamin E. Vitamin C untuk kulit berguna untuk merangsang kolagen di kulit sehingga kulit tetap elastis, kenyal, dan halus.

Sementara itu, mengutip studi terbitan Nutrients (2021), vitamin E juga membantu menghidrasi kulit sehingga terasa lebih kencang, elastis, dan halus.

Kedua vitamin untuk kulit ini juga bersifat antioksidan sehingga bisa melindungi kulit dari keriput akibat paparan matahari.

4. Pijat

Studi terbitan PLoS One (2017) menemukan bahwa pijat mampu merangsang protein penyusun kulit. Hal ini berpotensi menjadi cara mengencangkan kulit yang bisa dicoba.

Meski begitu, studi ini hanya menggunakan sel kulit yang ada pada laboratorium. Jadi, potensi ini perlu dikaji lebih lanjut.

Tidak hanya itu mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Pijatan juga membantu menenangkan tubuh dan mengurangi otot kaku dan nyeri.

Agar menambah rasa nyaman, Anda bisa mencoba lulur tradisional atau menambahkan minyak aromaterapi saat pijat.

Hindari pijat perut tidak dengan ahlinya karena bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan.

ARTIKEL TERKAIT

PENGOBATAN ALTERNATIF

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan sakit setelah olahraga atau beraktivitas memang paling enak diatasi dengan pijat. Tekanan yang diberikan saat pijat dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang sehingga badan jadi lebih rileks. Namun ternyata, beda jenis pijat beda pula manfaatnya, lho! Beragam jenis pijat dan manfaatnya untuk kesehatan Berikut beberapa jenis pijat serta manfaat yang dapat diperoleh: 1. Pijat Swedia Bagi Anda yang […]

Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus• Feb 24, 2021

5. Hindari terkena paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari berperan besar terhadap penuaan kulit. Efeknya, kulit tampak kering, mengendur, dan berkerut.

Hal ini dikarenakan paparan langsung sinar UV bisa mengurangi kadar kolagen dan elastin yang membuat kulit tetap kencang dan kenyal.

Untuk itu, hindari paparan langsung matahari dengan cara berikut:

    mengenakan pakaian yang menutup kulit,

    menggunakan kacamata hitam,

    memilih tempat teduh,

    menggunakan kedap cahaya saat siang hari,

    mengenakan topi.

Tak kalah penting, pastikan Anda menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 sepanjang 2 jari untuk setiap ruas tubuh dalam 25 – 30 menit sebelum beraktivitas.

Bila digunakan dalam jumlah yang cukup dan diulang beberapa kali sehari, produk skincare ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan efektif.

6. Konsumsi buah dan sayur

Tidak hanya dari luar, cara mengencangkan kulit tubuh juga harus dilakukan dari dalam.

Ya, Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk merawat kulit. Konsumsilah sayur dan buah berwarna sebanyak setengah piring dalam seporsi makanan.

Buah dan sayur vitamin, mineral, dan warna alami yang berperan sebagai antioksidan. Jadi, kulit pun tetap sehat dan terlindung dari paparan radikal bebas.

Jangan lupa konsumsi protein untuk otot agar tubuh tetap tampak kencang. Pastikan seperlima dari seporsi piring makan Anda terdiri dari asupan tinggi protein.

Mengonsumsi buah, sayur, dan protein juga membantu menjaga berat badan agar tetap stabil. Jadi, Anda terhindar dari kegemukan yang membuat kulit tampak kendur.

Fokus

7. Melakukan perawatan kulit di dokter

Apabila kulit yang kendur dan bergelambir hanya tampak pada beberapa bagian tubuh, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kulit.

Dokter kulit mungkin dapat menawarkan beberapa cara mengencangkan kulit secara permanen.

Jenis perawatan akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan hasil yang Anda harapkan. Dokter mungkin akan menggunakan perangkat pengencang kulit, seperti:

    gelombang radio,

    laser resurfacing,

    ultrasound,

    terapi acoustic wave,

    vacuum,

    subsisi,

    tummy tuck,

    sedot lemak,

    brachioplasty atau pengencangan lengan,dan

    sinar laser.

8. Operasi kontur tubuh (body contouring)

Jika berbagai cara mengencangkan badan yang lembek sebelumnya tidak membuahkan hasil, Anda mungkin bisa mencoba operasi kontur tubuh (body contouring).

Pada prosedur ini, dokter akan membuat sayatan besar pada tubuh untuk mengeluarkan kelebihan kulit dan lemak.

Operasi kontur tubuh biasanya ditargetkan pada area-area tubuh yang berlemak dan rentan bergelambir, seperti perut, pinggul, dan lengan atas.

Selain itu, dokter juga akan menyayat kulit bergelambir dan membentuk bagian tubuh tertentu.

Akan tetapi, cara mengencangkan kulit tubuh ini cukup rumit. Anda harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu.

Cara mengencangkan kulit tubuh bisa dilakukan dari luar dan dalam.

Meski begitu, beberapa upaya hanya mampu mencegah timbulnya kulit kendur atau kerutan, tidak mengembalikan kulit seperti semula.

Cara mengencangkan badan yang paling cepat terlihat hanyalah dengan prosedur yang dilakukan oleh dokter.

Rangkuman

    Asupan air dan zat gizi yang seimbang membantu menjaga kulit dan otot agar tetap kencang.

    Produk perawatan kulit yang merangsang produksi kolagen lah yang membantu mengencangkan kulit tubuh.

    Menghindari paparan matahari langsung hanya mencegah kerutan agar tidak lebih parah.

    Membangun massa otot membantu mengurangi gelambir pada kulit.

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Ditinjau oleh dr. Damar Upahita pada Apr 19, 2022

Laki-laki

Wanita