Beauty  

Cara Mencegah Rambut Kering Lewat Perawatan Sederhana

harian-nasional.com/ – Tak ada yang menyukai rambut kering. Setiap orang pasti mendambakan jenis rambut yang normal sehingga lebih mudah diatur. Pasalnya, rambut kering juga memiliki ciri kusut dan mengembang sehingga jadi lebih sulit ditata.

Buat kamu yang worry terhadap masalah rambut kering, kamu bisa segera melakukan langkah pencegahan mulai dari saat ini. Kamini akan memberikan pengenalan tentang ciri dan penyebab rambut kering, serta jenis perawatan yang kamu butuhkan untuk mencegah rambut kering.

Ciri-ciri Rambut Kering

Jenis rambut setiap orang berbeda-beda, ada yang memiliki rambut berminyak, ada pula yang memiliki rambut kering. Bagi kamu yang masih sulit menggolongkan jenis rambutmu, coba deh kenali ciri-ciri rambut kering berikut ini.

    Kerontokan Rambut

Setiap orang pasti mengalami rambut rontok, tak peduli apapun jenis rambutnya. Kondisi ini disebabkan oleh adanya beberapa helai rambut yang mati setiap harinya. Namun, jika rontoknya sangat banyak atau lebih dari 100 helai per hari, maka kerontokan yang kamu alami ini merupakan salah satu ciri rambut kering.

    Kusut Saat Disisir

Pernah nggak kamu mengalami kesulitan saat menyisir? Ketika menyisir, kamu merasa ada rambut yang menggumpal sehingga sisirmu tersendat? Biasanya, rambut akan terasa semakin kusut setelah keramas. Jika rambutmu selalu kusut setiap waktu, entah habis keramas atau setelah bangun tidur, itu tandanya jenis rambutmu sangat kering. Rambut kusut tersebut tentu harus segera diatasi.

    Warna Rambut Kusam

Warna rambut aslimu hitam tapi kok lama-lama terlihat kecokelatan atau kemerahan? Jangan senang dulu dengan perubahan warna rambut tanpa disemir ini. Jika warna rambut aslimu memudar atau justru berubah warna tanpa dicat, itu artinya warna rambutmu kusam. Kekusaman pada rambutmu ini merupakan ciri rambut kering dan biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari saat kamu melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

    Rambut Bercabang dan Mudah Patah

Rambut patah beda dengan rambut rontok, lho. Rambut rontok adalah helai rambut yang berguguran langsung dari akarnya. Sementara rambut patah adalah helai rambut yang jatuh di bagian tengah atau bagian lain (bukan akar) rambut. Rambut patah dan bercabang adalah indikator bahwa kekeringan rambut yang kamu alami sudah sangat parah.

Apakah kamu mengalami lebih dari satu ciri-ciri rambut kering di atas? Jika ya, kami memastikan bahwa kondisi rambutmu kering. Apalagi jika di kulit kepalamu tidak terdapat minyak alami sama sekali, maka sangat jelas bahwa jenis rambutmu adalah rambut kering.

Perawatan Sehari-hari untuk Mencegah Rambut Kering

Adakah perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut kering? Tentu saja ada. Pada dasarnya, rambut kering dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, lho. Mulailah merawat rambut sejak sekarang, jangan tunggu rambutmu menjadi benar-benar kering baru kamu kebingungan mencari cara mengatasinya. Lakukan perawatan sehari-hari berikut ini untuk membantumu mencegah rambut kering:

    Gunakan Shampo yang Cocok

Sebelum kamu menemukan shampo yang cocok, kamu memang harus mencoba beberapa produk shampo. Pasalnya, shampo yang tidak cocok dengan kondisi rambutmu bisa menyebabkan rambut jadi semakin kering. Apabila kamu merasa jenis rambutmu mengacu pada rambut kering, temukan shampo yang tepat untukmu dalam artikel Shampo untuk Rambut Kering.

    Cuci Rambut Secara Teratur

Nah, bagi kamu yang masih ogah-ogahan mencuci rambut secara teratur, mulailah menghindari kebiasaan buruk ini. Kotoran dan paparan sinar matahari pada rambut bisa membuat rambut semakin kotor dan kehilangan kilau alaminya sehingga tampak kering dan kusam. Bersihkan rambut secara teratur agar rambutmu senantiasa sehat dan berkilau alami.

    Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk

Hampir sebagian orang pasti menggunakan handuk untuk mengeringkan rambutnya. Handuk bersih digosok-gosokkan ke rambut untuk menyerap air dari rambut setelah keramas. Kebiasaan ini bisa membuat rambut jadi kering, kasar, dan mudah rontok. Jika ingin menggunakan handuk saat mengeringkan rambut, cukup tekan-tekan saja handuk pada rambut basah.

    Potong Ujung Rambut yang Kering

Rambut kering akan terlihat mencolok pada bagian ujungnya. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan rutin memotong rambut sepanjang 3 cm dari bagian ujungnya. Tampilan rambut kering dan bercabang tidak akan terlihat jika kamu rutin melakukan pemotongan ujung rambut ini.

Nah, perawatan sederhana seperti ini bisa mencegah rambut kering, lho. Kalau cara ini masih dirasa kurang, kamu memerlukan tambahan produk khusus untuk mencegah rambutmu menjadi kering.

Gunakan Produk untuk Mencegah Rambut Kering

Produk perawatan rambut tidak dipasarkan hanya untuk keperluan komersial perusahaannya saja. Sejumlah produk perawatan rambut justru sangat membantu memelihara kesehatan rambut dan menghindarimu dari berbagai masalah rambut, salah satunya adalah rambut kering.

Jadi, apabila kamu ingin mencegah rambut kering, kamu bisa mengandalkan sejumlah produk-produk perawatan rambut sejenis ini:

    Conditioner

Produk perawatan rambut yang satu ini benar-benar dapat menjadi perisai untuk mencegah rambut kering. Conditioner adalah satu-satunya produk yang bisa dipakai setelah keramas. Biasanya, conditioner dipakai pada rambut yang masih basah dan hanya memerlukan waktu 3-5 menit sebelum dibilas. Cari merk conditioner terbaik dalam artikel Conditioner yang Bagus untuk Rambut Kering.

    Masker

Berbeda dengan conditioner yang bisa dipakai langsung setelah keramas, masker rambut dirancang untuk dipakai setiap 1-2 minggu sekali. Masker akan menutrisi rambutmu agar tidak kering. Kamu bisa memakai produk masker siap pakai seperti yang terdapat dalam artikel Masker Rambut yang Bagus ini.

    Vitamin

Bukan hanya tubuh yang memerlukan vitamin, rambut pun juga. Vitamin rambut bisa menggunakan bahan alami, seperti madu, lidah buaya, atau telur. Namun, kalau kamu ingin yang lebih simple, gunakan saja vitamin siap pakai seperti yang direkomendasikan dalam artikel Vitamin untuk Rambut Kering.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”