Cara Membuat Kliping yang Mudah dan Menarik: Tips Terbaik untuk Pemula

cara membuat kliping

Cara Membuat Kliping: Panduan Lengkap untuk Membuat Kliping yang Menarik

Pengenalan

Dalam dunia jurnalistik, kliping adalah salah satu bentuk karya tulis yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengarsipkan artikel-artikel dari media massa. Kliping sering digunakan untuk keperluan riset, studi kasus, atau sekadar sebagai koleksi pribadi yang berisi artikel-artikel menarik.

Gambar

Langkah-langkah Membuat Kliping

1. Tentukan Tema dan Tujuan

Sebelum memulai proses pembuatan kliping, tentukan terlebih dahulu tema yang ingin Anda jadikan fokus. Misalnya, jika Anda tertarik dengan topik kesehatan, maka tema kliping Anda bisa berhubungan dengan berita-berita kesehatan terkini. Selain itu, tentukan juga tujuan dari pembuatan kliping tersebut. Apakah hanya untuk keperluan pribadi atau akan digunakan untuk riset atau presentasi.

2. Pilih Sumber Berita

Langkah selanjutnya adalah memilih sumber berita yang akan Anda jadikan referensi dalam pembuatan kliping. Pastikan sumber berita yang Anda pilih adalah sumber yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Anda dapat memilih media massa seperti koran, majalah, atau portal berita online.

3. Baca dan Pilih Artikel yang Relevan

Sekarang saatnya untuk membaca dan memilih artikel-artikel yang relevan dengan tema yang telah Anda tentukan sebelumnya. Bacalah dengan seksama setiap artikel yang ada dan pilihlah yang paling sesuai dengan tujuan kliping Anda. Jangan lupa untuk mencatat judul, nama penulis, dan tanggal penerbitan artikel tersebut.

4. Buat Ringkasan dan Kutipan

Setelah memilih artikel yang ingin Anda masukkan ke dalam kliping, buatlah ringkasan atau kutipan singkat dari setiap artikel tersebut. Ringkasan ini akan memudahkan Anda saat ingin mengingat kembali isi artikel tanpa harus membaca keseluruhan artikel tersebut. Pastikan ringkasan atau kutipan yang Anda buat tetap menggambarkan inti dari artikel aslinya.

5. Atur dan Susun Kliping

Selanjutnya, atur dan susun kliping sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menggunakan software pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs untuk mempermudah proses ini. Susunlah kliping Anda dengan sistematis, mulai dari judul, tanggal, dan nama penulis artikel, diikuti dengan ringkasan atau kutipan dari setiap artikel yang Anda pilih.

Gambar

6. Berikan Keterangan Tambahan

Jika Anda menginginkan kliping yang lebih lengkap, Anda bisa memberikan keterangan tambahan di setiap artikel yang Anda masukkan. Misalnya, Anda bisa menambahkan komentar singkat atau pendapat pribadi terkait artikel tersebut. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada kliping Anda dan membuatnya lebih menarik.

7. Perbarui Secara Berkala

Kliping yang baik adalah kliping yang selalu diperbarui secara berkala. Pastikan Anda menambahkan artikel-artikel baru yang relevan dengan tema kliping Anda. Hindari kliping yang ketinggalan zaman, karena hal tersebut dapat mengurangi kebermanfaatan kliping Anda sebagai referensi.

Kesimpulan

Membuat kliping adalah sebuah proses yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat kliping yang menarik dan bermanfaat. Kliping dapat menjadi koleksi berharga bagi Anda sendiri atau dapat digunakan sebagai referensi dalam riset, studi kasus, atau presentasi. Jadi, mulailah membuat kliping Anda sekarang dan jadikan kliping sebagai sumber inspirasi dan pengetahuan!

Pertanyaan Umum

1. Apa bedanya kliping dengan artikel?

Kliping adalah kumpulan artikel dari media massa yang disusun dengan sistematis, sedangkan artikel adalah karya tulis yang dapat berdiri sendiri dan tidak terikat dengan kumpulan artikel lainnya.

2. Apakah kliping harus berupa teks tulisan saja?

Tidak, kliping tidak harus berupa teks tulisan saja. Anda juga dapat menyertakan gambar, grafik, atau ilustrasi lainnya dalam kliping untuk memperkaya isi dan memudahkan pemahaman.

3. Apakah boleh menggunakan kliping orang lain untuk keperluan pribadi?

Anda boleh menggunakan kliping orang lain untuk keperluan pribadi, namun pastikan untuk mencantumkan sumber kliping tersebut agar menghormati hak cipta dan etika jurnalistik.

4. Apakah kliping hanya digunakan dalam dunia jurnalistik?

Secara umum, kliping memang sering digunakan dalam dunia jurnalistik. Namun, kliping juga dapat digunakan dalam berbagai bidang lain seperti riset, studi kasus, atau sekadar sebagai koleksi artikel menarik.

5. Apakah ada batasan jumlah artikel yang harus dimasukkan dalam kliping?

Tidak ada batasan jumlah artikel yang harus dimasukkan dalam kliping. Jumlah artikel dalam kliping dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembuatan kliping tersebut.

Video Cara membuat kliping di microsoft word Android

Visit Video