Games  

Cara Membuat Klepon Lezat dan Gurih: Resep Mudah dan Praktis

Cara Membuat Klepon: Manisnya Sensasi Gula Merah yang Meledak di Mulut

Apa itu Klepon?

Klepon adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Jajanan yang berasal dari Jawa ini memiliki rasa manis yang unik dan sensasi gula merah yang meledak di mulut. Klepon terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah cair. Kemudian, klepon direbus dan digulingkan dalam kelapa parut. Jika Anda belum pernah mencoba klepon, Anda pasti harus mencicipi kelezatannya!

Cara Membuat Klepon Lezat dan Gurih: Resep Mudah dan Praktis

Bahan-bahan yang Diperlukan

Agar Anda dapat membuat klepon sendiri di rumah, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 200 gram tepung ketan
  • 150 ml air daun pandan
  • 100 gram gula merah
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • Sejumput garam

Langkah-langkah Pembuatan Klepon

1. Membuat Adonan Klepon

Campurkan tepung ketan dan air daun pandan dalam sebuah wadah. Uleni hingga adonan tercampur rata dan dapat dibentuk. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

Cara Membuat Klepon Lezat dan Gurih: Resep Mudah dan Praktis

2. Membentuk Adonan Menjadi Bulatan

Ambil sejumput adonan ketan dan pipihkan di tangan. Letakkan sejumput gula merah cair di tengah adonan dan rapatkan hingga membentuk bulatan. Pastikan gula merah terbungkus rapi oleh adonan. Ulangi langkah ini sampai adonan habis.

Cara Membuat Klepon Lezat dan Gurih: Resep Mudah dan Praktis

3. Merebus Klepon

Didihkan air dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan klepon ke dalam air dan rebus hingga klepon mengapung. Angkat klepon dari air dan tiriskan.

Cara Membuat Klepon Lezat dan Gurih: Resep Mudah dan Praktis

4. Menggulingkan dalam Kelapa Parut

Gulungkan klepon dalam kelapa parut kasar hingga seluruh permukaan klepon tertutupi. Pastikan klepon terbalut dengan merata.

Cara Membuat Klepon Lezat dan Gurih: Resep Mudah dan Praktis

Tips dan Trik

– Untuk memberikan aroma yang khas pada klepon, Anda dapat menambahkan sedikit daun pandan yang dihaluskan saat membuat adonan tepung ketan.

– Gula merah cair dapat dibuat dengan merebus gula merah bersama dengan sedikit air hingga gula merah larut dan terbentuk tekstur cair.

– Pastikan adonan ketan tidak terlalu lembek agar mudah dibentuk menjadi bulatan.

– Jika klepon pecah saat direbus, berarti adonan ketan terlalu lembek atau klepon terlalu lama direbus.

– Klepon sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat untuk mendapatkan sensasi gula merah yang meleleh di mulut.

Kesimpulan

Klepon adalah makanan tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis khas dan sensasi gula merah yang meledak di mulut. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat klepon sendiri di rumah. Jajanan ini cocok disantap sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan. Selamat mencoba!

FAQ

1. Berapa lama klepon dapat disimpan?

Klepon dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 1-2 hari. Namun, klepon terbaik dinikmati dalam keadaan segar.

2. Apa alternatif pengganti gula merah?

Jika Anda sulit mendapatkan gula merah, Anda dapat menggantinya dengan cokelat atau selai kacang sebagai pengisi klepon.

3. Bisakah adonan klepon dibekukan?

Ya, Anda dapat membekukan adonan klepon yang sudah dibentuk menjadi bulatan. Ketika ingin mengonsumsinya, cukup rebus klepon beku seperti biasa.

4. Apakah klepon hanya ada di Indonesia?

Ya, klepon adalah makanan tradisional Indonesia yang populer di berbagai daerah di tanah air. Namun, mungkin ada variasi nama dan bahan yang digunakan di setiap daerah.

5. Bisakah saya membuat klepon tanpa kelapa parut?

Ya, jika Anda tidak menyukai kelapa parut, Anda dapat menggantinya dengan wijen atau kacang tanah tumbuk sebagai lapisan luarnya.

Video EMPUK SEHARIAN! Resep KUE KLEPON: Lembut, Kenyal, Lumer Di Mulut [Takjil]

Visit Video