Cara Cek Laptop/PC Kompatibel dengan Windows 11 atau Tidak

harian-nasional.com/ – Apakah Anda pengguna Windows 7 atau 10 yang ingin beralih ke Windows 11? Jika iya, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah laptop atau PC Anda bisa menjalankan Windows 11 atau tidak.

Cara cek apakah laptop bisa menjalankan Windows 11 atau tidak bisa dilakukan menggunakan bantuan aplikasi PC Health Check.

PC Health Check dapat membantu mengecek apakah laptop Anda sudah memenuhi kriteria sistem untuk menjalankan Windows 11 atau belum.

Umumnya, PC Health Check hadir sebagai aplikasi bawaan Windows. Jika tidak tersedia, Anda bisa mengunduh PC Health Check.

Setelah dicek dengan PC Health Check dan laptop atau PC sudah memenuhi syarat, Anda bisa langsung mengunduh dan menginstal sistem operasi (OS) Windows 11 di laptop/PC.

Nah, cara cek apakah laptop atau PC kompatibel dengan Windows 11, bisa mengikuti langkah berikut:

    Buka aplikasi PC Health Check.

    Apabila tidak tersedia, aplikasi PC Health Check bisa di-download melalui tautan berikut.

    Setelah proses download rampung, Anda dapat membuka aplikasi tersebut pada laptop dan PC.

    Akan muncul sebuah jendela yang meminta persetujuan pemasangan aplikasi.Lihat FotoCara mengecek kompatibilitas PC dengan Windows 11(How to Geek)

    Klik pada ikon berbentuk persegi untuk menerima persyaratan dan pilih tombol “Install “untuk melanjutkan tahap pemasangan aplikasi.

    Pada pop-out selanjutnya, klik ikon berbentuk persegi dan pilih tombol “Finish” untuk segera menjalankan aplikasi Windows PC Health Check.Lihat FotoJendela yang muncul saat tahap pemasangan aplikasi Windows PC Health Check(How to Geek)

    Setelah aplikasi PC Health Check terbuka, tekan tombol “Check Now” untuk memulai proses pengecekan kompatibilitas.

    Tunggu hingga aplikasi selesai memindai laptop atau PC Anda.

    Setelah proses selesai, aplikasi akan menunjukkan hasil dari pemindaian.Lihat FotoTombol konfirmasi untuk menjalankan pemindaian kompatibilitas Windows 11 pada perangkat PC dan laptop.(How to Geek)

    Notifikasi yang berbunyi “This PC Can Run Windows 11” menandakan bahwa PC atau laptop Anda sudah memenuhi syarat dan bisa menjalankan Windows 11.

    Sebaliknya, jika Anda mendapatkan notifikasi yang berbunyi “This PC Can’t Run Windows 11”, itu tandanya PC atau laptop Anda belum bisa menjalankan Windows 11.Lihat Foto(Kiri) Indikator bahwa PC sudah kompatibel dengan Windows 11; (kanan) indikator PC belum kompatibel dan tidak bisa menjalankan Windows 11.(How to Geek)

Persyaratan spesifikasi minimum PC yang memenuhi syarat untuk menjalankan OS Windows 11 adalah sebagai berikut.

Spesifikasi minimum Windows 11 di laptop/PC

Perlu diperhatikan, laptop/PC harus memiliki spesifikasi minimum untuk bisa menginstal Windows 11. Berikut spesifikasi minimum laptop/PC agar bisa menjalankan Windows 11:

    Prosesor: minimum 1 GHz dengan 2 cores 64-bit processor atau System on a Chip (SoC).

    RAM: 4 GB.

    Storage: 64 GB.

    System firmware: UEFI, Secure Boot capable.

    TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

    Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih tinggi dengan WDDM 2.0 driver.

    Tampilan layar: High definition (720p) display dengan luas minimum 9 inci, 8 bits per color channel.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”