BWPT Kantongi Laba Bersih Rp 9,7 Miliar pada Kuartal I-2023

BWPT Kantongi Laba Bersih Rp 9,7 Miliar pada Kuartal I-2023

harian-nasional.com/ – Perusahaan yang bergerak di sektor kelapa sawit, PT Eagle High Plantations Tbk ( BWPT ) mencatatkan pertumbuhan pendapatan double digit pada kuartal I-2023.

Perseroan mencatatkan produksi CPO dan PK yang terus bertumbuh dan berkontribusi pada kenaikan sales volume CPO dan PK, masing-masing sebesar 86 persen dan 84 persen secara tahunan (YoY).

Pertumbuhan BWPT tercermin melalui pendapatan pada kuartal I-2023 sebesar Rp 1 triliun, naik 40 persen YoY dari periode yang sama tahun lalu.

Di samping itu, perseroan mencatatkan laba bersih di kuartal I-2023 sebesar Rp 9,7 miliar dibandingkan dengan kerugian sebesar Rp 221 miliar yang dibukukan pada periode yang sama di tahun 2022.

Pencapaian titik balik ini tentu tidak lepas dari dukungan Rajawali Group, yang terlibat aktif dalam proses turn around Perseroan serta turut berkontribusi mengawal setiap inisiasi dan tindakan perbaikan kinerja dari Perseroan.

“Perseroan telah melakukan pengadaan dan peremajaan unit alat-alat berat dan truk pengangkutan buah serta fokus menyelesaikan perbaikan pabrik di sepanjang tahun 2022. Tak hanya itu, Perseroan juga terus melakukan berbagai upaya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Direktur Utama BWPT, Henderi Djunaidi dalam siaran pers, Selasa (9/5/2023).

Sepanjang tahun 2023, BWPT berupaya untuk menurunkan bank loan. Sebagai bentuk komitmennya, perseroan menargetkan penurunan bank loan sebesar double digit pada tahun ini.

Ke depannya, BWPT juga merencanakan lompatan yang lebih tinggi lagi, dengan melakukan digitalisasi dalam setiap lini proses bisnisnya. Proses digitalisasi ini nantinya, tidak hanya bersifat administratif, namun juga menerapkan Internet of Things (IoT) yang mengintegrasikan sumber daya manusia, proses, dan teknologi dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional di kebun maupun pabrik.

“Diharapkan rencana proses digitalisasi yang terintegrasi serta pengoptimalan infrastruktur, bangunan perumahan dan fasilitas umum, dapat mendukung Perseroan menjaga tradisi pertumbuhan double digit secara konsisten di tahun 2023,” kata Henderi.