BP Tapera Bidik 3 Juta PNS Masuk Jadi Peserta Aktif

harian-nasional.com/ – JAKARTA, Investor.id – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyebutkan, sampai akhir oktober data seluruh peserta (khusus pegawai negeri sipil/PNS) yang telah melakukan pemutakhiran data sebanyak 1.137.319 peserta. Sementara jumlah peserta yang tercatat aktif sebanyak 4.075.739 peserta.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera, Eko Ariantoro mengatakan, dengan adanya pemutakhiran data peserta Tapera, peserta aktif yang belum melakukan pemutakhiran data dapat segera, melakukan pemutakhiran data di portal kepesertaan Sitara. Hal ini sesuai dengan amanat PP No.25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, Pemberi Kerja dan Peserta Pekerja wajib melakukan pemutakhiran data kepegawaian dan data individunya.

“Ditargetkan dengan adanya program Gelegar Rejeki Tapera ini, 80% dari peserta yang tercatat aktif bisa melakukan pemutakhiran data,” ungkap Eko Ariantoro, dalam acara Undian Gelegar Rejeki Tapera secara daring, di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Menurutnya, dengan melakukan pemutakhiran data, peserta dapat menikmati beberapa manfaat antara lain pengecekan saldo tabungan beserta imbal hasil, menentukan prinsip pengelolaan dana baik secara konvensional maupun Syariah dan bagi kepesertaan bagi yang memenuhi syarat eligible dapat mengajukan minat pembiayaan untuk kepemilikan rumah (KPR), pembangunan rumah dan renovasi rumah dengan suku bunga yang kompetitif. Serta bisa menentukan bank pencairan tabungan ketika nanti pensiun atau berakhir masa kepesertaan.

“Langkah ini kami lakukan sebagai upaya pendorong para peserta agar segera melakukan pemutakhiran data agar bisa menikmati manfaat yang ada demi mewujudkan rumah pertama bagi MBR,” kata Eko.

Pada kesempatan itu, BP Tapera menggelar Pengundian “Gelegar Rejeki Tapera” Periode ke-2 untuk 7 tablet Samsung A8 dan 20 HP Samsung A03 pada Senin (31/10) di kantor BP Tapera, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang disaksikan oleh Kementerian Sosial dan Notaris.

Pengundian “Gelegar Rejeki Tapera” periode 2 ini diselenggarakan dalam rangka percepatan pemutakhiran data (khusus PNS/ASN) dan diikuti oleh 984.676 peserta yang juga termasuk peserta periode pertama yang belum berkesempatan memperoleh hadiah pada Pengundian sebelumnya.

Pengundian “Gelegar Rejeki Tapera” dilaksanakan sebanyak 3 periode, yaitu: Pemutakhiran data yang dilakukan April – Juni 2022 yang diundi di bulan Juli 2022 kemarin; Pemutakhiran data yang dilakukan Juli hingga September 2022 yang akan dilakukan pengundian di bulan Oktober 2022 ini; dan Pemutakhiran data yang dilakukan Oktober hingga Desember 2022 maka akan diundi di bulan Januari 2023 mendatang, serta diikuti pengundian grand prize di periode yang sama.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website investor.id. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”