Berkunjung ke xEV Center, Tempat Pembelajaran Mobil Listrik Toyota di Indonesia

harian-nasional.com/ – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki fasilitas menarik terkait pengembangan elektrifikasi di Indonesia .

Fasilitas baru tersebut bernama xEV Center yang berlokasi di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN) Plant 3, Karawang, Jawa Barat.

Lewat fasilitas ini, TMMIN memiliki cara baru untuk melakukan proses peralihan mobil konvensional ke arah elektrifikasi.

Di xEV Center terdapat sejumlah materi dan pembelajaran yang menarik sebelum masyarakat bisa mengenal lebih dekat soal mobil listrik .

Ada beberapa zona yang akan membahas berbagai hal mulai dari komitmen pemerintah soal mobil listrik , jenis-jenis kendaraan elektrifikasi, teknologi baterai mobil listrik , hingga rencana pengembangan elektrifikasi masa depan.

Zona pertama yang ada di xEV Center adalah area Inisiatif Lingkungan yang terdiri dari penjelasan soal kondisi lingkungan secara global dasar target nasional mencapai netralitas karbon.

Selain itu, masih di zona yang teknologi yang pemaparan mengenai klasifikasi kendaraan ramah lingkungan.

“Zona ini merupakan awal perkenalkan sebagai bentuk dasar dalam melihat perkembangan kendaraan ramah lingkungan. Untuk berkontribusi dalam penurunan gas emisi, kami menyediakan lima jenis kendaraan di antaranya, ICE HEV, PHEV, BEV, FCEV,” ujar Nathasya Natalia perwakilan Toyota Indonesia saat di xEV Center, Rabu, 30 November 2022.

Demi menjelaskan soal teknologi elektrifikasi, ada sebuah mobil Prius Hybrid yang dibelah agar masyarakat bisa mengetahu cara kerja sistem mobil hybrid.

Zona selanjutnya adalah ekosistem hijau dan masyarakat berkelanjutan.

Zona ekosistem hijau membahas mengenai konsep well to wheel emission demi mewujudkan kondisi yang ramah lingkungan, mudah dipahami.

Dan terakhir ada zona bernama masyarakat berkelanjutan di mana di sini ditunjukkan bagaimana bentuk jika teknologi dan sosial ekonomi masyarakat sudah selaras.

Tak hanya ada zona-zona menarik yang menyajikan berbagai materi soal kendaraan elektrifikasi.

Di bagian luar bangunan ini terdapat berbagai produk elektrifikasi Toyota seperti Prius PHEV, Prius Hybrid, C-Pod yang bisa diuji coba.

Sebagai informasi tambahan xEV Center ini merupakan fasilitas terbaru milik TMMIN. xEV Center ini baru saja diresmikan di Indonesia pada 19 Mei 2022.***