Wisata  

Benteng Pendem, Bangunan Bersejarah Peninggalan Belanda di Cilacap

harian-nasional.com/ – Berwisata ke suatu tempat bersejarah membuat kita seperti sedang melakukan perjalanan mesin waktu untuk kembali ke masa lalu. Sehingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah memberikan kesan tertentu bagi seorang yang menyukai peristiwa masa lalu. Benteng Pendem merupakan salah satu destinasi sejarah di Cilacap yang merupakan bukti sejarah dari penjajahan bangsa Belanda di Indonesia.

Benteng ini memiliki luas area sekitar 6,5 hektar yang dibangun pada masa kolonial Belanda yang dibangun selama 18 tahun lamanya. Sehingga tidak heran jika di benteng ini kita dapat menemukan berbagai ruangan yang cukup banyak dan memiliki fungsi yang berbeda-beda di setiap bangunannya.

Untuk mengetahui lebih detail tentang sejarah, daya tarik, alamat, harga tiket masuk dari Benteng Pendem yang ada di Cilacap ini. Di bawah ini telah Kami sajikan secara lengkap informasinya, sehingga Anda bisa memiliki gambaran apakah wisata sejarah ini layak untuk dikunjungi atau tidak.

Sejarah Singkat Benteng Pendem

Ketika berbicara tentang sejarah Benteng Pendem yang ada di Cilacap, benteng ini memiliki nama dalam bahasa Belanda yaitu Kustbatterij op de Landtong te Cilacap. Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1861 dan selesai pengerjaannya di tahun 1879. Bisa dikatakan benteng ini proses pembangunannya memakan waktu sekitar 18 tahun lamanya.

Benteng Pendem dahulu digunakan sebagai markas pertahanan dari bangsa Belanda yang berada di Cilacap untuk menahan serangan musuh yang datang dari laut menggunakan kapal. Tetapi pada tahun 1942 akhirnya pasukan Jepang dapat menguasai benteng ini dari Belanda. Tetapi setelah peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki oleh sekutu, benteng ini mulai ditinggalkan pasukan Jepang dan diambil alih oleh TNI di tahun 1945. Setelah diambil alih oleh TNI, benteng ini dijadikan sebagai tempat berlatih perang dan pendaratan laut oleh pejuang kemerdekaan.

Setelah Indonesia meredeka, benteng ini mulai ditinggalkan dan tidak digunakan. Kemudian pada tahun 1986 benteng ini ditemukan kembali dengan kondisi sudah tertutup tanah pesisir dan tidak terawat dan ditahun ini juga dimulai proses penggalian dilakukan oleh pemerintah setempat. Dan sekarang benteng ini telah dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Daya Tarik Wisata Benteng Pendem

Berbagai daya tarik dari Benteng Pendem yang bisa wisatawan temukan saat berkunjung, diantaranya:

1. Terdapat Banyak Ruangan

Bangunan bersejarah ini terdiri dari banyak ruangan yang kondisinya sampai sekarang masih utuh dan berdiri kokoh. Tetapi dari awal penemuannya sampai sekarang banyak ruangan yang berada di benteng ini belum diidentifikasi dan diketahui fungsinya.

Saat ini sudah ada beberapa ruangan dalam Benteng Pendem yang dapat wisatawan kunjungi seperti benteng pengintai, benteng pertahanan, barak, ruang klinik pengobatan, ruang rapat, gudang mesiu, gudang senjata, dapur, ruang perwira, ruang peluru dan ruang penjara.

Terdapat juga cerita yang beredar bahwa di benteng ini terdapat sebuah terowongan yang digunakan untuk akses ke benteng lainnya dan akses menuju ke beberapa gua yang ada di Pulau Nusakambangan. Tetapi sayangnya sampai sekarang cerita ini belum terbukti kebenarannya.

2. Kolam Mengitari Benteng

Saat berkunjung ke Benteng peninggalan Belanda ini, wisatawan dapat melihat sebuah area kolam disekitar beteng. Pada kolam ini juga terdapat sebuah jembatan mini yang digunakan untuk menghubungkan pintu masuk dan area benteng. Fungsi dari kolam atau parit ini sebenarnya dahulunya digunakan untuk menghalau pasukan musuh yang ingin mencoba menyerang benteng ini. Sehingga sebelum musuh menembus pertahanan benteng, mereka akan kesusahan untuk melewati parit ini terlebih dahulu.

3. Dekat Dengan Wisata Pantai

Benteng ini lokasinya menyatu dengan tempat wisata lainnya di Cilacap yaitu Pantai Teluk Penyu. Sehingga saat wisatawan ingin datang ke benteng ini, selain dapat menikmati wisata sejarah yang ada di Cilacap. Wisatawan bisa juga menikmati wisata bahari yang ada disini.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut pantai selatan dari Pantai Teluk Penyu. Pantai disini memiliki pantai berpasir hitam, tetapi suasana disini sangat sejuk. Karena di tepian bantai banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga wisatawan bisa berteduh dibawahnya sambil menikmati panorama laut pantai selatan yang mempesona.

Jika wisatawan ingin menikmati pantai pasir putih, maka harus menyewa kapal nelayan sekitar untuk mengunjungi pantai yang ada di Pulau Nusakambangan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Untuk mengunjungi Benteng Pendem, Anda bisa datang ke Desa Sentolokawat di Jalan Benteng di Kota Cilacap, Provinsi Jawa Tengah atau lebih mudah untuk menemukan benteng ini, Anda cari lokasi dari Pantai Teluk Penyu. Karna lokasi dari Benteng ini berada di dalam lokawisata Pantai Teluk Penyu.

Untuk menuju ke lokasi Benteng peninggalan Belanda yang ada di Cilacap ini, wisatawan bisa dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Jika berangkat dari pusat Kota Cilacap, maka untuk sampai ke lokasi benteng yang berada di Cilacap Selatan ini jaraknya sekitar 7 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 sampai 20 menit untuk sampai ke lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk harga tiket masuk ke Benteng Pendem sangat murah sekitar Rp 7500 per orang. Harga tiket masuk yang murah ini wisatawan sudah dapat menikmati tempat wisata bersejarah yang memiliki suasana sejuk dan fasilitasnya juga cukup lengkap.

Jam operasional dari buka jam 8 pagi dan tutup di jam 6 sore, untuk waktu terbaik mengunjungi benteng ini adalah saat cuaca sedang cerah atau pagi hari. Karena saat musim hujan atau saat air laut sedang pasang ada beberapa spot di benteng ini yang tidak bisa diakses karena tergenang air pasang laut atau air hujan yang menggenang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Berkeliling Benteng

Wisatawan bisa melakukan aktivitas seru seperti berkeliling ke seluruh area Benteng Pendem. Benteng ini memiliki luas sekitar 6,5 hektare dan terdiri dari beberapa ruangan. Karena itu, saat berkunjung kesini, wisatawan bisa berkeliling untuk melihat setiap ruangan yang ada di benteng ini.

Di benteng ini terdapat sekitar 60 kamar atau barak, terdapat benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang penjara, ruang amunisi, ruang rapat, ruang tembak, gudang senjata, terowongan, 13 ruang pertahanan yang dikelilingi pagar dan parit serta ruangan lainnya yang bisa dijelajahi satu per satu.

2. Hunting Foto

Aktivitas menarik lainnya selain berkeliling ke seluruh area benteng adalah berfoto. Sambil berkeliling benteng wisatawan dapat menemukan beberapa spot menarik yang bisa dijadikan sebagai spot foto selfie ataupun spot foto yang klasik.

Karena benteng ini memiliki struktur yang sangat khas akan bangunan arsitektur Belandanya. Sehingga saat berfoto di beberapa spot disini memberikan hasil foto yang sangat unik dan menarik untuk dibagikan ke media sosial.

3. Naik Wahana Sepeda Air

Saat Anda datang bersama anak-anak, Benteng Pendem juga memiliki wahana permainan air yang bisa disewa. Wisatawan bisa menyewa wahana sepeda air yang bisa digunakan untuk berkeliling di kolam yang ada di kawasan wisata ini. Untuk menyewa wahana sepeda air ini dikenakan biaya sewa sebesar Rp 20 ribu. Sehingga selain dapat berwisata sejarah, disini juga bisa memanjakan anak-anak untuk bermain bersama menaiki sepeda air berbentuk bebek-bebekan yang lucu.

Selain mengajak anak naik sepeda air, anak-anak juga bisa bermain di beberapa wahana permainan anak yang disedikan di kawasan wisata seperti ayunan, seluncuran dan jungkat jungkit.

4. Melihat Rusa Yang Dilepas Liarkan

Di kawasan wisata ini, wisatawan juga tidak usah heran saat melihat ada beberapa Rusa/Menjangan yang dilepas liarkan disini. Adanya Rusa di kawasan ini, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang kesini, terutama untuk anak-anak.

Fasilitas Penunjang di Benteng Pendem

Untuk fasilitas yang tersedia di Benteng Pendem Cilacap bisa dikatakan sudah sangat lengkap. Karena dinas pariwisata Cilacap benar-benar mengurus tempat wisata bersejarah ini untuk dijadikan spot wisata andalan yang ada di Kota Cilacap.

Saat berkunjung kesini, fasiltias yang tersedia seperti toilet umum, mushola, dan area parkir sangat luas. Selain itu, di sekitar benteng juga ada warung makan yang dapat dikunjungi wisatawan yang butuh mengisi perut.

Itulah penjelasan tentang wisata sejarah Benteng Pendem yang berada di Cilacap, Jawa Tengah. Berkunjung ke tempat bersejarah akan menambah pengetahuan kita tentang apa saja yang diperjuangkan para pahlawan di masa lalu.