Beda Keyless dan Immobilizer

Beda Keyless dan Immobilizer

harian-nasional.com/

SEMARANG, KOMPAS.com – Perkembangan teknologi sistem pengaman mobil saat ini sudah canggih.

Kunci mobil langsung terhubung perangkat electronic control unit (ECU). Jadi, mesin tak mungkin dihidupkan menggunakan kunci lainnya.

Beberapa teknologi yang ada saat ini seperti smart key atau keyless , dan untuk keamanannya dilengkapi immobilizer .

Namun demikian, tak sedikit yang beranggapan bila keduanya sama. Padahal baik keyless dan immobilizer hal yang berbeda.

Lantas bagaimana perbedaannya?

  • Keyless

Untuk keyless tidak lagi menggunakan anak kunci seperti pada umumnya karena sudah digantikan dengan remote. Dengan demikian, pemilik mobil diberikan kemudahan akese membuka pintu dan mendeteksi keberadaan mobil.

“Jadi mudah sekali digunakan, smart key bisa membuka central lock sendiri ketika jarak dengan mobil sekitar 1 meter,” kata Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Sapto Pamungkas kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Demikian juga saat mengunci pintu. Pemilik mobil cukup menekan gagang pintu, nantinya sistem beradaptasi membaca posisi kunci.

“Ada transmistter dan receiver yang memancarkan sinyal untuk membuka dan menutup pintu. Kunci cukup dikantongi,” kata dia.

  • Immobilizer

Sedangkan immobilizer adalah sebuah pada sistem keamanan yang mentransmisikan sinyal kunci terhubung ke ECU.

Dengan fungsinya tersebut, keduanya pun tidak sama, tapi di antara keduanya sama-sama saling berhubungan dan melengkapi sistem keamanan mobil.

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, sistem pengaman kunci immobilizer terlebih dahulu hadir sebelum teknologi keyless digunakan.

“Immobilizer ada sejak dulu, kalau keyless kan baru dikembangkan setelahnya. Tapi sekarang mobil-mobil baru sudah dilengkapi dua-duanya,” kata Teguh.

Perangkat immobilizer terbilang sangat kompleks, karena terdiri dari rangkaian sistem yang rumit dan enkripsi kode-kode tertentu.

Kode keamanan tersebut sengaja dibuat untuk perlindungan ganda guna mencegah aksi pencurian.

“Rangkaiannya ada transporder cip pada kunci mobil , kemudian transponder pada lubang kunci, sampai yang terhubung ke ECU,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.