Tekno  

Baterai Samsung Galaxy S23 Ultra Bikin Apple Ketar-ketir?

Baterai Samsung Galaxy S23 Ultra Bikin Apple Ketar-ketir?

harian-nasional.com/ – Samsung telah merilis trio ponsel Galaxy S23 series. Model tertinggi dari perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy S23 Ultra yang dibekali sejumlah spesifikasi yang lebih memupuni dibanding dua “saudaranya”.

Salah satu peningkatan yang signifikan adalah dalam hal ketahanan baterai. Dibandingkan Galaxy S22 Ultra keluaran tahun lalu, Galaxy S23 Ultra kini memiliki betrai yang lebih awet, meski sama-sama menggunakan baterai kapasitas 5.000 mAh.

Bahkan, ketahanan baterai Galaxy S23 Ultra bisa membuat Apple selaku pesaing Samsung jadi ketar-ketir. Sebab daya tahan Galaxy S23 Ultra kini bisa menyamai iPhone 14 Pro Max .

Setidaknya demikian menurutkreator konten Ramal dengan handles @theramalmedia, yang membandingkan baterai iPhone 14 Pro Max dengan Galaxy S23 Ultra.

Dalam twitnya, ia mengatakan telah menguji daya tahan baterai kedua perangkat selama enam hari.

“Umur baterai Galaxy S23 saya menyamai perangkat iPhone 14 Pro Max setelah dipakai sehari-hari (diuji selama enam hari),” tulis kreator tersebut.

Ramal meyakini bahwa kemampuan Samsung menyaingi daya tahan baterai Apple karena seluruh jajaran dari Galaxy S23 series , termasuk Galaxy S23 Ultra ditenagai oleh chip khusus Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

“Saya yakin karena Snapdragon 8 Gen 2 hadir untuk seluruh model (Galaxy) S23 tahun ini,” lanjut Ramal.

Di lain kesempatan, Samsung sendiri menyebut chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy memiliki kecepatan clock CPU mencapai 3,36 GHz.

Angka tersebut melampaui kecepatan clock Snapdragon 8 Gen 2 biasa yang mentok di 3,2 GHz. Selain CPU, kinerja kartu pengolah grafis (GPU) juga disebut naik 23 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 2 versi reguler.

Dari penemuan singkat ini, dapat diketahui bahwa chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy mampu mendongkrak performa baterai Galaxy S23 Ultra, walau kapasitas baterainya masih sama dengan generasi sebelumnya.

Selain model teratas, Galaxy S23 “reguler” dan S23 Plus juga kompak ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Tidak hanya itu, kapasitas baterai yang dimiliki turut mengalami peningkatan. Sebagai gambaran, duo perangkat di atas masing-masing dibekali baterai berkapasitas 3.900 mAH.

Sedangkan, generasi sebelumnya, Galaxy S22 “reguler” dan S22 Plus dibekali baterai sedikit lebih kecil, yaitu 3.700 mAH dan 4.500 mAH.

Dikutip KompasTekno dari Sam Mobile, Senin (13/2/2023), hal ini juga mengindikasikan bahwa Galaxy S23 “reguler” dan S23 Plus turut mengalami peningkatan di bagian ketahanan daya.

Kemunculan laporan ini kemungkinan besar dapat mendorong Apple untuk menghadirkan perangkat dengan daya tahan baterai lebih awet. Mengingat, setiap tahun Apple selalu meluncurkan ponsel terbarunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.