Crypto  

Batal Merger dengan Concord, Circle Tetap Komitmen Jadi Perusahaan Publik

Batal Merger dengan Concord, Circle Tetap Komitmen Jadi Perusahaan Publik

harian-nasional.com/ – Circle Internet Financial, penerbit stablecoin USD Coin (USDC), bersama Concord Acquisition Corp, pada hari Senin (5/12) mengumumkan bahwa mereka secara bersama menghentikan rencana merger yang diusulkan pada Juli 2021 dan diubah pada Februari 2022. Sebagai informasi, Concord Acquisition Corp merupakan perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) yang sahamnya telah diperdagangkan secara publik di New York Stock Exchange (NYSE).

Berdasarkan persyaratan sertifikat pendirian yang diubah dan dinyatakan kembali oleh Concord, perusahaan SPAC ini memiliki waktu hingga 10 Desember 2022 untuk menyelesaikan kombinasi bisnis dengan Circle. Tujuan utamanya adalah membawa Circle untuk menjadi perusahaan publik lewat jalur SPAC.

Perjanjian transaksi turut menyatakan bahwa Concord dapat meminta suara pemegang saham untuk memperpanjang tenggat waktu hingga 31 Januari 2023, jika Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menetapkan pernyataan pendaftaran untuk kombinasi bisnis yang efektif. Namun, sampai saat ini, pernyataan pendaftaran tersebut belum dinyatakan efektif.

/Terkait

Laporan Proof of Reserves Binance Menuai Kritik Tajam

Usai FTX Group Alami Kehancuran Dahsyat, SBF Ingin Mulai Usaha Bisnis Baru

Dampak Kegagalan FTX, Perusahaan Publik Diminta Ungkap Risiko Kripto Mereka

Coinbase Umumkan Konversi Bebas Biaya USDT ke USDC, Perang antar Stablecoin Dimulai?

Raup Pendanaan US$2,25 Juta, 360 Mining Genjot Produksi Gas Alam

Mastercard Melihat Keruntuhan FTX sebagai Peluang Industri Kripto untuk Mengatur Ulang

Adapun penghentian kombinasi bisnis yang diusulkan ini telah disetujui oleh masing-masing dewan direksi dari Circle dan Concord.

Tetap Berencana Jadi Perusahaan Publik

Terkait hal ini, Chairman dari Concord, yaitu Bob Diamond, mengatakan bahwa Circle memainkan peran kunci dalam disrupsi blockchain terhadap layanan keuangan.

“Saya tetap yakin dengan pendekatan Circle yang mengutamakan peraturan untuk membangun kepercayaan dan transparansi dalam industri keuangan, yang tidak pernah lebih penting, dan saya akan terus menjadi advokat bagi perusahaan ini seiring dengan pertumbuhannya,” Bob Diamond.

Sementara itu, co-founder dan CEO Circle, Jeremy Allaire, mengatakan bahwa Concord telah menjadi mitra yang kuat dan memiliki nilai tambah selama proses ini. Dia menjelaskan Circle akan terus mendapatkan manfaat dari saran dan dukungan dari Bob Diamond dan tim Concord yang lebih luas.

“Kami kecewa dengan batas waktu transaksi yang diusulkan, tetapi, menjadi perusahaan publik tetap menjadi bagian dari strategi inti dari Circle untuk meningkatkan kepercayaan dan transparansi, yang sangat penting,” kata Jeremy Allaire.

Circle Klaim telah Alami Keuntungan

Sebagai informasi, Circle mengklaim bahwa mereka telah mengalami keuntungan pada kuartal III/2022. Total pendapatan dan pendapatan bunga cadangan Circle sebesar US$274 juta. Sementara laba bersih Circle sebesar US$34 juta. Selain itu, Circle juga memiliki hampir US$400 juta dalam bentuk tunai tidak terbatas.

Berdasarkan data CoinGecko, USDC saat ini menjadi stablecoin terbesar di dunia kripto berdasarkan market cap atau kapitalisasi pasar mencapai US$43 miliar. Posisinya hanya kalah dari stablecoin Tether USD (USDT) dengan market cap sekitar US$65 miliar. Namun, USDC patut waspada karena stablecoin Binance USD (USDC) membayangi di posisi ketiga dengan market cap sekitar US$22 miliar.

Untuk memperluas market cap USDC, Circle terus memperluas kerja sama dengan beragam pihak dan di berbagai wilayah termasuk kawasan Asia Tenggara. Pada 24 November lalu, StraitsX, penerbit stablecoin dolar Singapura (XSGD) dan rupiah Indonesia (XIDR), mengumumkan bahwa mereka menjalin kemitraan dengan Circle.

Jalinan kerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan adopsi USDC yang lebih besar dengan memungkinkan pengguna akun pribadi dan bisnis untuk menyetor dan menerima dolar AS (USD) atau USDC melalui platform StraitsX. Pemilik akun StraitsX dapat mencetak USDC dengan menyetor USD ke akun StraitsX mereka, dan menebus USDC untuk menerima USD di akun StraitsX mereka.

Dengan USDC menjadi salah satu stablecoin dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan aset yang diminta secara luas dari mitra di StraitsX, integrasi ini bertujuan untuk melayani pengguna bisnis, perusahaan, institusi, dan ritel dengan baik.

Bagaimana pendapat Anda tentang pembatalan merger antara Circle dan Concord? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!