Ban Mobil Terjebak di Pasir Atau Lumpur, Lakukan Lima Hal Ini

harian-nasional.com/

1. Gas perlahan

Jika menginjak pedal gas dalam-dalam, ban justru akan semakin terbenam ke dalam pasir atau lumpur

Saat ban mobil terjebak di pasir atau lumpur, jangan memaksakan diri untuk menekan pedal gas dalam-dalam. Khususnya untuk mobil berpenggerak dua roda. Alih-alih terbebas, ban mobil Anda justru akan semakin terbenam ke dalam permukaan pasir atau lumpur.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memeriksa apakah permukaan pasir atau lumpur tersebut padat atau tidak. Setelah itu, injak pedal gas mobil Anda secara perlahan. Jika ban terasa selip, segera lepaskan kaki dari pedal gas.

2. Ganjal ban dengan batu atau kayu

Batu atau kayu dapat membantu meningkatkan daya cengkram ban yang terjebak

Langkah berikutnya, coba ganjal ban mobil Anda dengan batu atau kayu untuk membantu meningkatkan daya cengkram (grip). Caranya, letakan kayu atau batu tersebut pada bagian roda penggerak sebagai landasan.

Jika mobil Anda berpenggerak roda belakang, taruh kayu atau batu tersebut di roda belakang. Begitupun sebaliknya, taruh di depan jika mobil yang Anda gunakan berpenggerak roda depan.

3. Kurangi tekanan angin ban

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Ban kempes dapat lebih menapak dan memudahkan untuk berjalan saat terjebak

Bila ban mobil belum mendapatkan traksi cukup, coba kurangi tekanan anginnya sekitar 20-25%. Sebagai contoh, jika ban mobil bertekanan 35 Psi, Anda dapat mengurangi tekanannya sekitar 7-8 Psi.

Dengan tekanan angin ban yang berkurang, maka ban mobil dapat lebih menapak dengan permukaan pasir atau lumpur, dan memudahkannya untuk keluar saat terjebak.

4. Ikat ban dengan tali dan kayu

Selain itu, ada trik lain yang dapat membantu saat ban mobil terjebak di pasir atau lumpur, yakni dengan mengikat ban mobil Anda dengan tali dan kayu. Pertama, cari kayu yang agak tebal dan kuat dengan panjang secukupnya, sekitar 50 cm.

Lalu, ikatkan kayu tersebut ke ban mobil. Pastikan ikatan yang Anda buat cukup kuat untuk menahan kayu tetap berada di ban. Setelah itu, coba injak pedal gas namun jangan terlalu dalam agar posisi kayu tidak terlepas dari ban.

5. Tarik menggunakan mobil lain

Cara terakhir, Anda bisa minta tolong untuk mobil lain menarik Anda

Jika ban mobil terjebak di pasir atau lumpur, dan sudah terlalu dalam, lebih baik jangan memaksa untuk menekan pedal gas terlalu dalam jika ban sudah sulit berputar karena dapat menggangu komponen lainnya.

Coba minta bantuan mobil lain untuk menarik Anda keluar dari kubangan lumpur atau pasir yang menjebak mobil Anda, atau hubungi tim khusus yang memang bertugas khusus menangani masalah seperti ini.

Berikut apa saja hal yang harus dilakukan jika ban mobil terjebak di pasir atau lumpur, untuk tips & trik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”