ASEAN Tourism Forum 2023 Jadi Kesempatan UMKM Jual Produk Unggulan

ASEAN Tourism Forum 2023 Jadi Kesempatan UMKM Jual Produk Unggulan

harian-nasional.com/ – Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner turut meramaikan rangkaian acara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

Pameran tersebut diikuti 160 pelaku UMKM , pemerintah daerah, dan industri pariwisata dari berbagai wilayah di tanah air.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf/Baparekraf Nur Asia Uno mengatakan, bahwa UMKM saat ini sangat inovatif meningkatkan kualitas produk dan mengangkat ciri khas daerah, sehingga dibutuhkan kontribusi masyarakat Indonesia.

“Kita harus dapat berkontribusi mendorong UMKM Indonesia dengan berbelanja produk dalam negeri. Bangga buatan Indonesia,” kata Nur Asia seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/2/2023).

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi peluang bagi peserta, terutama pemerintah daerah, industri pariwisata daerah, serta pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif dalam menjual produk unggulan.

Kegiatan tersebut menjadi contoh bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif dapat dikolaborasikan untuk peningkatan, serta pengembangan UMKM yang lebih intensif dan berkelanjutan, sehingga dapat menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat.

Kemenparekraf mendorong agar UMKM lokal dan para milenial dapat terus berkembang dan berjalan serta mendapat tempat dalam penyelenggaraan pameran di indonesia.

“Ini langkah konkret yang kami lakukan untuk peningkatan penciptaan dan pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Ia berharap, pameran ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk sama-sama membangkitkan kembali ekonomi Indonesia dalam payung strategi adaptasi, kolaborasi, dan inovasi.

Dalam kesempatan yang sama, Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan, industri pariwisata saat ini telah kembali meningkat khususnya di Yogyakarta.

Karenanya ia berharap, penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum dengan seluruh rangkaian kegiatan di dalamnya dapat memberikan dampak yang luas terhadap perekonomian masyarakat.

Seluruh pihak termasuk para delegasi diyakini akan melihat dan mempelajari perkembangan pesat pariwisata Indonesia dan Yogyakarta pada khususnya pascapandemi.

“Jogja sebagai tuan rumah akan berusaha sebaik-baiknya untuk menunjukkan keunggulan dan kekhususan dalam pengembangan pariwisata dan UMKM,” kata GKR Hemas.

Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner tersebut berlangsung di Hall A Jogja Expo Center pada 2 hingga 5 Februari 2023.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.