Arti Status Warna di Aplikasi PeduliLindungi. Dapat Berubah Otomatis, Ketahui!

Sudahkah kamu memasang Aplikasi PeduliLindungi? Pemerintahan keluarkan Aplikasi PeduliLindungi untuk mempermudah warga mengambil sertifikat vaksin untuk yang telah melakukan vaksis jumlah ke-1, kedua, atau vaksin booster. Selain itu, Aplikasi PeduliLindungi dipakai sebagai salah satu Cara untuk lakukan skrining warga di tempat publik.

Arti Status Warna di Aplikasi PeduliLindungi

Dilansir dari situs Covid19.go.id, saat masuk tempat khalayak, pengunjung diharuskan untuk mempunyai Aplikasi PeduliLindungi pada handphonenya. Yang perlu dilakukan pertama kalinya ialah register dengan masukkan nama komplet dan nomor smartphone atau e-mail. Sesudah sukses, pengunjung wajib melakukan scan code QR lewat Aplikasi PeduliLindungi.

Kode QR didapat di tempat yang akan dikunjungi, misalkan untuk mal, akan dipasang di pintu masuk. Jika sukses akan muncul pemberitahuan Cek In. Sesudah usai, pengunjung diwajibkan untuk cek out di Aplikasi PeduliLindungi. Menu Cek Out ada di sudut atas kanan Aplikasi. Dengan demikian, kisah perjalanan tiap orangnya akan terekam di Aplikasi ini.

Saat kamu mulai lakukan scan code QR pada aplikasi PeduliLindungi, nanti bakal ada empat warna yang ada. Ini jadi satu hal yang penting jadi perhatian, karena warna itu jadi tanda identifikasi seorang. Apa ya berwarna? Yok, kita baca info dari philipseverydayheroes.id berikut!

Warna Hijau

Dikutip dari situs sah Kemenkes lewat faq.kemkes.go.id pada Senin (21/2), status warna hijau mengisyaratkan jika kamu bisa melancong ke arah tempat umum karena termasuk ke persyaratan berikut :

  • Vaksinasi jumlah lengkap sesuai tipe vaksin yang diterima.
  • Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat.
  • Hasil test antigen (1×24 jam) atau PCR (3×24 jam) negatif.
  • Telah vaksinasi 1x dan pulih dari Covid-19 kurang dari 90 hari (penyintas).

Jika hasil test antigen atau PCR belum ada di Aplikasi PeduliLindungi, minta Cek apa laboratorium pemeriksa Covid-19 telah terafiliasi dengan Kemenkes RI pada link berikut :

  • PCR litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19/
  • Antigen infeksiemerging.kemkes.go.id/layanan-nar-antigen

Apabila sudah terafiliasi dan hasil belum ada, kamu dapat menghubungi sarana kesehatan tempat test Covid-19.

Warna Kuning

Status warna kuning PeduliLindung mengisyaratkan jika kamu bisa melancong ke arah tempat umum dengan persyaratan seperti berikut:

  • Baru vaksinasi 1 kali (belum komplet).
  • Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat.
  • Belum vaksinasi, tapi pulih dari Covid-19 kurang dari 90 hari (penyintas).

Warna Merah

Jika kamu memperoleh status dengan warna merah pada Aplikasi PeduliLindungi, itu maknanya jika kamu tidak bisa melancong ke arah tempat umum karena belum vaksinasi Covid-19. anda dapat langsung segera daftar vaksinasi membuat perlindungan diri dan keluarga.

Bila kamu telah divaksin, tapi status warna merah, yakinkan data identitas (NIK / No Paspor dan Nama) di profile PeduliLindungi telah sesuai sertifikat vaksin ya!

Warna Hitam

Status warna hitap pada Aplikasi PeduliLindungi memiliki makna jika kamu tidak bisa melancong ke arah tempat umum karena beberapa argumen yakni seperti berikut:

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]
  • Positif Covid-19 kurang dari 10 hari.
  • Kisah kontak dengan kasus positif kurang dari 10 hari.
  • Baru datang di luar negeri.

Anda dimohon untuk lakukan isolasi mandiri atau karantina dan lakukan test antigen/PCR dengan ketetapan:

  • Kasus positif Covid-19: Selekasnya isolasi mandiri dan melakukan test PCR tercepat pada H+5 semenjak terverifikasi positif sekitar 2x dalam jarak 24 jam (contoh pada H+5 dan H+6). Bila hasil yang negatif, pasien dipandang pulih dan status PeduliLindungi akan balik seperti sebelumnya. Tanpa test ulangi, status kembali seperti sebelumnya pada H+10 semenjak terverifikasi positif.
  • Kasus kontak langsung: Selekasnya karantina mandiri dan melakukan test antigen/PCR pada H+0 (entry tes hari ke-1) dan H+4 (keluar tes hari kelima) Bila hasil yang negatif, status warna PeduliLindungi akan balik seperti sebelumnya. Tanpa test, status berbeda pada H+14 semenjak terdata sebagai kontak langsung.
  • Kehadiran luar negeri: Karantina sama sesuai peraturan yang berjalan dan melakukan test PCR di saat kehadiran dan H-1 sebelum usai karantina.

Jika kamu bukan terhitung kriteria di atas, tapi memperoleh status hitam, kontak Call Center 119 ext. 9 atau e-mail [email protected]

Nah, mulai saat ini kita Cek yok di Aplikasi PeduliLindungi status warna kita. Bersama kita stop penyebaran Covid-19 di negeri tercinta ini. Semangat sehat!