Apakah Ban Memiliki Masa Kadaluarsa? Ternyata Begini Jawabannya

harian-nasional.com/

Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh sebagian besar pemilik mobil adalah masa kadaluarsa dari ban. Wajar memang, karena si karet bundar ini sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara. Masa kadaluarsa ban juga sangat berpengaruh saat ingin mengganti ban. Bagaimana caranya kita bisa memilih ban yang paling ideal? Bagaimana jika ban yang kita gunakan sudah tersimpan lama di gudang pabrik atau toko sebelumnya? apakah berbahaya menggunakan ban yang sudah tersimpan lama hingga tahunan di gudang?

Kode produksi ban tak bisa dijadikan patokan untuk menentukan masa kadaluarsa dari ban

Banyak yang beranggapan bahwa kode produksi yang tertera di dinding ban bisa dijadikan patokan untuk menentukan masa kadaluarsa ban. Namun ternyata, kode produksi ban tidak semata-mata menandakan masa kadaluarsa dari ban. “Tahun produksi ban memang menandakan kapan ban tersebut diproduksi dan terkait dengan SNI tapi tidak berpengaruh pada batas kadaluarsa ban,” ujar Eko Apriyanto dari Bridgestone Tire Indonesia.

Selama penyimpanannya baik, ban yang tersimpan pada gudang atau toko ban bisa bertahan sangat lama

Menurut Eko, tak ada batasan yang baku dalam menentukan masa kadaluarsa ban. “Karena usia pakai ban dihitung sejak pertama kali dipasangkan pada mobil,” tambahnya. Memang, umumnya pabrikan menentukan usia maksimal ban yang diperbolehkan untuk digunakan adalah 5 tahun. Batas penyimpanan maksimal ban selama 5 tahun tersebut dipilih untuk menghindari dari hal yang tak diinginkan. meski banyak penelitian dan klaim pabrik yang mengatakan bahwa ban tetap aman digunakan meski telah disimpan selama 10 tahun. Jadi meski ban telah tersimpan hingga 2 tahun, diklaim tak akan bermasalah dari segi kekuatan dan kualitasnya. “Selama tidak ada kerusakan pada konstruksi anyaman baja, luka pada dinding ban, tak bermasalah menggunakan ban yang telah disimpan lama, selama penyimpanannya benar,” ujar Eko.

Usia pakai ban dihitung setelah ban terpasang pada mobil

Jadi, tak ada patokan resmi mengenai masa kadaluarsa ban. Namun agar amannya, Anda disarankan untuk mengikuti batas usia maksimal 5 tahun yang direkomendasikan oleh pabrikan. Selain itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau memasang ban baru, cek kembali kondisinya. Jika ada kerusakan sekecil apapun, baik disebabkan oleh peyimpanan atau cacat produksi, tentu sangat disarankan untuk digunakan. “Jangan asal terlihat baru lantas langsung dipasang, tapi dilihat juga apakah ada baret,retak, luka atau benjol pada dindin ban. jika ada, pilih yang lain,” ujar Hardito dari Mega Ban di bilangan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Jakarta Timur.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”