Apa Penyebab Hepatitis B? Kenali Virus Pemicu Penyakit Ini

Apa Penyebab Hepatitis B? Kenali Virus Pemicu Penyakit Ini

harian-nasional.com/ – Hepatitis B adalah salah satu jenis penyakit hepatitis yang menular dan perlu diwaspadai.

Hepatitis B menular lewat kontak dengan darah atau cairan tubuh penderita yang terinfeksi penyakit ini.

Simak penjelasan lebih lanjut terkait penyebab hepatitis B dan cara mencegah penyakit menular ini.

Penyebab hepatitis B

Penyakit hepatitis B disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B . Dilansir dari Hepatitis B Foundation, virus hepatitis B termasuk jenis virus dari keluarga hepadnaviridae.

Virus ini memiliki selubung luar dan inti bagian dalam. Virus hepatitis B juga memiliki amplop luar berupa protein permukaan yang dikenal dengan antigen permukaan hepatitis B atau hepatitis B surface antigen (HBsAg).

HBsAg bisa dideteksi lewat tes darah saat pemeriksaan hepatitis B. Jika hasil HBsAg positif atau reaktif, artinya seseorang terinfeksi virus hepatitis B.

Untuk diketahui, virus hepatitis B memiliki daur hidup yang kompleks. Virus ini bakal memasuki sel hati atau liver inangnya dan diangkut ke dalam sel inti sel hati.

Begitu berada di dalam inti sel, DNA virus bakal diubah menjadi DNA sirkular kovalen tertutup atau covalently closed circular (cccDNA), yang berguna sebagai cetakan untuk pembuatan virus hepatitis B baru.

Saat virus hepatitis B baru terbentuk, cccDNA virus ini tetap stabil dan bertahan di inti sel hati. Virus ini juga terus menghasilkan virus hepatitis B baru apabila sistem daya tahan tubuh tidak cukup kokoh menahan laju serangan biang penyakit.

Cara mencegah hepatitis B

Virus penyebab hepatitis B bisa menyerang setiap orang, terutama pada kelompok berisiko.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, hepatitis B rentan menular pada orang yang sering gonta-ganti pasangan seks, pengguna narkoba suntik dan pasangan pengguna narkoba suntik, atau tenaga kesehatan.

Penyakit ini juga rawan menulari orang yang tinggal seatap dengan penderita hepatitis B, penderita penyakit liver kronis, atau penderita penyakit ginjal.

Meskipun bisa menular, tapi sebenarnya hepatitis B bisa dicegah. Berikut beberapa cara mencegah hepatitis B:

  • Lakukan imunisasi dengan vaksin hepatitis B . Pemberian vaksin hepatitis B dilakukan tiga kali; yakni saat bayi lahir, saat bayi berusia 1 bulan, dan bayi berumur 3-6 bulan. Orang dewasa yang termasuk kelompok berisiko tertular hepatitis B juga bisa menerima vaksin hepatitis B
  • Setop dan jangan menggunakan obat terlarang atau narkoba
  • Hindari bergantian menggunakan barang pribadi seperti sikat gigi, anting-anting, atau alat cukur
  • Berhati-hatilah saat akan melakukan tindik atau tato. Pastikan Anda memilih tempat yang menerapkan praktik steril dan higienis
  • Hindari bergonta-ganti pasangan seks, terlebih jika hubungan seks berisiko tanpa pengaman

Setelah menyimak penyebab hepatitis B di atas, pastikan Anda juga menjalankan langkah pencegah penyakit menular ini.