Aman Berkendara Saat Cuaca Hujan? Cek 3 Hal Ini!

Aman Berkendara Saat Cuaca Hujan? Cek 3 Hal Ini!

harian-nasional.com/ – Cuaca Hujan | Berkendara Aman Saat Cuaca Hujan

Di saat cuaca hujan, berkendara dengan mobil tentunya memberikan keuntungan tersendiri. Selain pakaian yang dikenakan tetap kering, perjalanan kita juga masih bisa terus melanjutkan perjalanan hingga ke tujuan. Hanya saja, berkendara di kala hujan tentu berbeda dengan berkendara seperti biasanya.

Kita harus lebih berhati-hati sebab air hujan bisa mengganggu pandangan. Kondisi jalan juga akan menjadi lebih licin di cuaca hujan dari kita bayangkan. Untuk itu, kita harus tetap memastikan mobil beserta komponennya dalam kondisi prima. Meski semua komponen sangat berperan, namun setidaknya ada 3 komponen mobil harus diperhatikan.

Berikut 3 komponen mobil yang harus diperiksa saat berkendara dikala cuaca hujan :

Ban

Tidak hanya di kala cuaca hujan saja, memeriksa kondisi ban juga harus diperhatikan di setiap kita berkendara. Karena kondisi ban yang prima akan sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Terlebih lagi di kala cuaca hujan, kondisi ban –terutama tapak ban– harus dipastikan masih sangat optimal.

Perhatikan kembangan pada tapak ban. Karena kondisi kembangan pada tapak ban akan mempengaruhi kestabilan mobil, apalagi dalam kondisi jalan licin akibat terkena air hujan. Tapak ban yang tipis bisa mengakibatkan mobil selip saat berbelok atau melakukan pengereman. Jadi, jika tapak ban sudah tipis atau mulai menghilang jangan pernah menunda-nunda untuk mengganti dengan ban baru.

Wiper

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air hujan yang turun akan mempengaruhi jarak pandang. Dan komponen yang sangat berperan untuk mengatasi masalah ini adalah wiper.

Bagi sebagian besar orang, komponen ini memang terlihat sepele karena jarang digunakan. Tapi wiper menjadi komponen yang sangat penting ketika berkendara di kala hujan. Di mana karet wiper akan menyingkirkan air hujan yang menerpa kaca depan mobil kita. Sehingga memungkinkan kita tetap bisa berkendara meski dalam kondisi hujan deras sekalipun.

Untuk itu, pastikan kondisi karet-karet pada wiper dalam kondisi baik. Dalam artian bisa menyingkirkan air hujan dengan bersih hingga bisa memberikan jarak pandang yang baik pada pengemudi. Jika karet wiper mulai mengeras, rontok, atau pecah-pecah karena terlalu sering terkena panas matahari, segeralah ganti dengan yang baru.

Lampu

Siapa yang bilang jika lampu pada kendaraan mobil hanya digunakan ada waktu malam saja? Saat berkendara di kala cuaca hujan pun, lampu mobil memiliki fungsi yang sangat vital.

Seperti diketahui, umumnya kondisi cuaca hujan tentu kondisi jalan akan sedikit gelap. Sehingga dibutuhkan lampu untuk menerangi jalan guna membantu daya pandang pengemudi. Di sini kita bisa memanfaatkan keberadaan macam-macam lampu mobil, seperti lampu senja, lampu hazard, dan lainnya.

Hal lain yang juga penting dari keberadaan lampu mobil adalah sebagai komunikasi dengan pengendara lain. Seperti ingin belok, berhenti dan sebagainya. Jadi pastikan semua lampu mobil menyala dan dalam berfungsi dengan baik ya.

Oleh : Malika

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”