Aligator Lesu Kedinginan di Taman New York, Diduga Dilepas Pemilik

Aligator Lesu Kedinginan di Taman New York, Diduga Dilepas Pemilik

harian-nasional.com/ – Seekor aligator yang sangat lesu ditangkap di Prospect Park, New York, Amerika Serikat (AS), kata petugas setempat pada Senin (20/2/2023).

Aligator itu kemungkinan besar dilepas oleh pemiliknya, jauh dari habitat spesies yang lebih hangat di AS bagian tenggara.

Reptil itu terlihat sejak Minggu (19/2/2023) pagi di Prospect Park, tempat favorit penduduk Brooklyn untuk piknik dan berjalan-jalan dengan hewan peliharaan.

Biasanya, warga piknik saat suhu musim dingin mencapai 10-15 derajat Celsius seperti saat akhir pekan lalu.

Penjaga taman menangkap aligator sepanjang 1,2 meter yang ditemukan sangat lesu dan mungkin syok akibat kedinginan, kata New York City Parks, dikutip dari kantor berita AFP.

Laporan yang dihimpun menyebutkan bahwa aligator ini bernama Godzilla.

New York City Parks menambahkan, ruang publik perkotaan seperti itu tidak cocok untuk hewan yang bukan asli taman tersebut.

Pelepasannya, yang juga ilegal, dapat menyebabkan musnahnya spesies asli dan kualitas air menjadi tidak sehat, imbuh New York City Parks.

Aligator itu kemudian dipindahkan ke Kebun Binatang Bronx untuk rehabilitasi. Peristiwa ini tidak menimbulkan korban luka.

Penemuan aligator terakhir yang dipublikasikan di New York adalah pada Juni 2001.

Kala itu otoritas setempat, pers, dan penduduk yang penasaran selama lima hari mengejar dan menangkap aligator yang tersesat di Central Park.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.