Crypto  

Aktivitas Jaringan Tinggi, Gas Fee Ethereum Makin Mahal

Aktivitas Jaringan Tinggi, Gas Fee Ethereum Makin Mahal

harian-nasional.com/ – — Kenaikan harga Ether (ETH) ke atas $1.600 dalam sebulan terakhir ini berpengaruh cukup signifikan terhadap aktivitas jaringan. Namun, ramainya transaksi di blockchain Ethereum justru mempengaruhi gas fee yang menjadi lebih mahal.

Menurut data dari Analytex, rata-rata gas fee Ethereum naik hingga 29,27% pada Januari 2023. Gas fee di jaringan ini menggunakan satuan terkecil Ether, yakni gwei.

Gas fee Ethereum naik dari 19,2 gwei pada Desember 2022 menjadi 24,82 gwei pada Januari 2023. Salah satu indikator utama kenaikan gas fee adalah tingginya aktivitas pengguna dalam jaringan.

Jumlah transaksi di Ethereum meningkat mencapai titik tertingginya di tahun ini pada 8 Januari dengan 1.184.114 transaksi per hari. Sejak itu, jumlahnya terus berada di kisaran 1 juta transaksi.

Analytex juga mengungkapkan, jumlah rata-rata smart contract unik yang aktif naik 6,74%. Namun, jumlah rata-rata wallet unik Ethereum yang aktif justru turun 10% per harinya menjadi 387.475.

Sementara data statistik blok Ethereum menunjukkan, jumlah rata-rata blok yang divalidasi setiap harinya relatif stagnan. Meski demikian, total ukuran blok per bulan meningkat sebesar 7%.

Setelah The Merge, data di dalam blok rata-rata stabil di sekitar 0,01% setiap bulan. Total ukuran blok Ethereum per bulan untuk Januari ini mencapai 17,24 GB, naik 7,08% dari total Desember 2022 sebesar 16,1 GB.

“Ini menunjukkan adanya peningkatan minat dari pengguna blockchain saat ini, serta pengembang smart contract,” tulis Analytex.

Protokol decentralized finance (DeFi) di jaringan Ethereum juga terus menunjukkan kenaikan total value locked (TVL) atau aset yang disimpan dalam protokol. Total TVL Ethereum saat ini mencapai $28,9 miliar.

Platform yang paling mendominasi adalah Lido Finance dengan TVL $8,38 miliar. Platform staking ini semakin populer menjelang upgrade Shanghai di jaringan Ethereum yang memungkinkan pengguna menarik token ETH yang sudah di-staking.

Gas Fee Rata-rata Ethereum Turun Jadi $1,57, Terendah Sejak 2020

In “Blockchain”

Lonjakan Volume Transfer Stablecoin USDT Picu Kenaikan Gas Fee

In “Altcoin”

Hacker Eksploitasi Celah Surplus Gas Fee di Jaringan Ethereum

In “aset kripto”