Aksi Bos Facebook Mark Zuckerberg Banting Lawan, Menang Medali Emas di Turnamen Brazilian Jiu-Jitsu

Aksi Bos Facebook Mark Zuckerberg Banting Lawan, Menang Medali Emas di Turnamen Brazilian Jiu-Jitsu

harian-nasional.com/ – Bos Meta, Mark Zuckerberg , mengikuti Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) World Tournament untuk pertama kalinya pada 7 Mei 2023. Mark Zuckerberg memenangi dua medali sekaligus yakni emas dan perak pada kategori Jiu-Jitsu Gorila (Guerrilla Jiu-Jitsu).

“Pertama kali ikut turnamen Jiu-Jitsu dan menang medali emas perak untuk kelas Jiu-Jitsu Gorila,” kata Mark Zuckerberg melalui akun Instagram pribadinya, @zuck.

Dalam unggahan tersebut, Mark Zuckerberg menyampaikan terima kasih kepada pelatihnya, Dave Camarillo, Khai Wu, dan James Terry. Tidak dijelaskan di mana bos Meta itu ikut turnamen BJJ.

Akan tetapi, dilansir dari laman Bloody Elbow, Mark Zuckerberg dikabarkan mengikuti kompetisi BJJ sabuk putih kelas gorilla dalam dua divisi. Dalam sejumlah foto yang dibagikannya, Mark tampak memiting kepala lawan hingga ke lantai.

Mark Zuckerberg memang tampak tertarik dengan olahraga ring seperti Jiu-Jitsu dan UFC usai tampil dalam sebuah podcast berjudul Joe Rogan Experience pada 2022. Dijelaskan Mark kala itu, dia mulai berlatih sejumlah cabang olahraga seperti beladiri selama pandemi Covid-19.

Rupanya, Mark jatuh hati pada seni bela diri Jiu-Jitsu, bahkan mantan atlet UFC Conor McGregor memuji keterampilan bertarung bapak satu anak itu.

Jiu-Jitsu adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Berfokus pada teknik gulat, lempar, dan mengunci lawan dengan menggunakan pegangan dan kuncian di bagian tubuh yang berbeda. Namun, versi yang lebih terkenal dari Jiu-Jitsu adalah Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ), yang berasal dari Brasil dan dikembangkan dari Jiu-Jitsu Jepang.

BJJ berfokus pada teknik grappling atau bertarung di tanah, dengan tujuan untuk mengendalikan dan mengalahkan lawan dengan menggunakan leverage dan teknik yang tepat. BJJ juga mengajarkan bagaimana mempertahankan diri di tanah dan mengatasi keuntungan fisik lawan yang lebih besar.

BJJ menjadi semakin populer di dunia seni bela diri karena efektivitasnya dalam pertempuran di tanah dan digunakan dalam olahraga seperti turnamen Jiu-Jitsu, UFC, dan MMA. Selain itu, BJJ juga memiliki manfaat kesehatan dan kebugaran, seperti meningkatkan keseimbangan, koordinasi, fleksibilitas, dan kekuatan otot.***