Karir  

8 Tokoh Inspiratif Indonesia yang Mendominasi Dunia Startup

harian-nasional.com/ – Dewasa ini, semakin banyak bisnis startup yang bermunculan di Indonesia. Bisnis tersebut bisa lahir berkat tokoh-tokoh inspiratif Indonesia. Kamu bisa menemukan bisnis startup, seperti perhotelan, e-commerce, media, dan beragam platform lainnya, asli dari buah pemikiran tokoh inspiratif Indonesia.

Glints ingin membagikan delapan tokoh inspiratif Indonesia yang mendominasi dunia startup.

1. Teguh Ariwibowo

© hitsss.com

Ariwibowo merupakan co-founder dari jasa gadai digital, Pinjam Indonesia. Startup ini akan menimbang nilai dari barang yang ingin digadaikan pengguna. Barang tersebut bisa berupa kendaraan, laptop, handphone, kamera, perhiasan, dan logam mulia. Pinjam menawarkan tiga layanan serah terima barang, yakni layanan antar jemput oleh kurir, kirim sendiri, dan menemui penaksir. Pinjam Indonesia akan mendistribusikan uang setelah kurir dari perusahaan mengambil barang jaminan tersebut.

Salah satu tokoh inspiratif Indonesia ini membawa visi empowering business. Ariwibowo ingin semua nasabah usaha mikro, kecil, menengah, dan perseorangan berkembang dengan adanya kemudahan akses terhadap modal. Tokoh inspiratif Indonesia ini juga ingin menjalankan misi sosial yang berguna bagi masyarakat luas.

2. Marshall Pribadi

© id.techinasia.com

Dewasa ini, setiap orang bisa dengan mudah membuat email atau akun media sosial yang baru. Identitas ganda tersebut membuka celah terjadinya tindak kejahatan. Untuk itu, tokoh inspiratif Indonesia yang satu ini membuat startup identitas digital bernama PrivyID. Layanan ini akan sangat berguna bagi penyedia layanan digital, sekaligus penggunanya. Bagi penyedia layanan digital, PrivyID memastikan bahwa satu orang hanya bisa memiliki satu identitas saja. Pengguna PrivyID tidak lagi perlu mengisi formulir pendaftaran yang panjang setiap kali ingin mengakses aplikasi atau layanan baru. Kamu hanya tinggal memberikan PrivyID kamu, kemudian formulir tersebut akan terisi.

Tokoh inspiratif Indonesia ini memastikan setiap penggunanya untuk mengunggah foto KTP mereka, alamat email, nomor telepon, tanda tangan, rekening bank, hingga informasi tempat bekerja dan riwayat pendidikan. Pengguna PrivyID tidak perlu khawatir memasukkan data-data pribadi, karena startup ini hanya akan membagikan data tersebut ke pihak lain atas persetujuan penggunanya.

3. Iman Usman dan Adamas Belva Devara

© tanpa-tapi.com

Kedua tokoh inspiratif Indonesia ini menyiapkan wadah untuk mencari pengajar privat. Wadah tersebut bernama Ruangguru. Secara sederhana, Ruangguru merupakan bimbel digital. Platform ini pun kemudian berkembang lebih dari sekadar penyedia guru privat. Murid juga bisa mengakses konten atau video pembelajaran, dan mengerjakan latihan soal secara mandiri. Ruangguru juga berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas.

Tokoh-tokoh inspiratif Indonesia ini pada mulanya ingin mencari guru privat online. Namun, mereka sadar bahwa hanya sedikit tempat bimbingan belajar yang terdaftar di Indonesia. Ia melihat bimbel ternama di Indonesia hanya memiliki sekitar 200.000-300.000 siswa. Sedangkan, tokoh inspiratif Indonesia ini tahu bahwa secara keseluruhan terdapat 60 juta anak-anak dan remaja yang masih bersekolah. Mereka pun tergerak untuk membangun marketplace bagi guru privat.

3. Joshua Kevin

© asianentrepreneur.org

Tokoh inspiratif Indonesia yang satu ini hadir dengan terobosan baru di dunia sumber daya manusia. Riset yang telah Joshua lakukan menunjukkan, 85 persen perusahaan di Indonesia masih memakai cara manual, seperti Excel, untuk mengurus SDM. Joshua menilai masih banyak perusahaan yang belum mampu mengelola SDM secara efektif, sedangkan biaya investasi, seperti server, merupakan investasi yang besar. Untuk itu, Joshua hadir dengan Talenta, suatu software manajemen SDM yang menangani kebutuhan perusahaan secara praktis dan efisien.

Talenta menangani mulai dari pembayaran gaji, absen, cuti, lembur, BPJS Ketenagakerjaan, hingga pajak perusahaan. Berbeda dengan kompetitor yang masih memakai server berbiaya mahal, Talenta sudah memakai teknologi berbasis cloud. Dengan Talenta, karyawan dapat mengajukan cuti hanya dengan membuka handphone, mengakses website, kemudian mengajukan permintaan cuti. Software ini merupakan suatu terobosan yang tadinya hanya bisa diakses oleh perusahaan besar, tetapi sekarang perusahaan startup pun juga bisa menggunakannya. Luar biasa bukan hasil kerja tokoh inspiratif Indonesia yang satu ini?

4. Tyovan Widagdo

© youthmanual.com

Nah, tokoh inspiratif Indonesia ini mendirikan suatu platform online untuk mengajarkan bahasa asing kepada orang Indonesia, yaitu Bahaso. Di tahun 2015, Widagdo menghabiskan sekitar 500.000 US dolar untuk memulai aplikasi mobile-nya. Tokoh inspiratif Indonesia ini juga memiliki prestasi lainnya, yaitu Vemobo, suatu aplikasi mobile yang digunakan oleh Presiden Indonesia untuk melacak sistem infrastruktur.

Tyovan memaparkan, berdarsakan survei, orang yang bisa bahasa asing, minimal Bahasa Inggris, tingkat ekonominya bisa naik 30 persen. Tokoh inspiratif Indonesia ini juga tidak mudah berpuas diri. Pada tahun 2018, ia akan meluncurkan Bahaso ke Brazil, setelah melihat tingginya minat belajar Bahasa Inggris di sana.

5. Christina Suriadjaja

© thehumanasia.com

Pada tahun 2015, tokoh inspiratif Indonesia ini meluncurkan Travelio.com, suatu platform sewa online dengan lebih dari 3.000 properti di 25 kota. Sebelumnya, Christina bekerja untuk InterContinental Hotels Group Singapura. Tokoh inspiratif Indonesia ini kemudian kembali ke Jakarta dan mengembangkan Travelio. Christina banyak terlibat dalam strategi, pengelolaan properti, dan penggalangan dana.

Tokoh inspiratif Indonesia ini memiliki visi untuk membuat Travelio menjadi perusahaan jaringan distribusi dan pengelolaan properti non-hotel terbesar di Indonesia. Travelio sendiri memiliki target pasar 80 persen domestik dan 20 persen internasional. Christina juga ingin membentuk stigma masyarakat untuk mengurangi ide untuk memiliki rumah sendiri. Dengan adanya 200.000 perumahan kosong di Jabodetabek, tokoh inspiratif Indonesia ini berpikir, perumahan kosong tersebut bisa menjadi properti yang disewakan di Travelio.

6. Gibran Huzaifah Amsi El Farizy

© agsum.jp

Bermula dari beternak ikan lele, Gibran melihat peluang untuk bisa membantu para peternak ikan. Tokoh inspiratif Indonesia ini mengembangkan eFishery, yaitu alat pemberi pakan otomatis untuk segala jenis ikan dan udang. Alat ini tidak hanya memberikan pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, tetapi juga mencatat setiap pemberian pakan secara ­real-time. Catatan tesebut dapat diakses kapanpun dan di manapun hanya dengan melalui gadget. Adanya eFishery mengeliminasi terjadinya pemberian pakan secara berlebihan atau tidak teratur, dan juga penyelewengan pakan.

Tokoh inspiratif Indonesia ini memiliki tujuan untuk memastikan kesehatan ikan, sekaligus meminimalisir biaya. Bisnis ini mengeklaim mampu mengurangi biaya hingga 21 persen. eFishery tidak hanya menjual produk, tetapi juga mengumpulkan data dari pemberian makan, produksi, kualitas air, sekaligus perilaku ikan. Laporan ini dapat menjadi masukan yang berguna bagi para peternak ikan dan udang.

7. William Utomo dan Winston Utomo

© Dinda Firziani via linkedin.com

Berdiri sejak 2014, dua bersaudara ini membangun perusahaan berita dan hiburan IDN Media. Bisnis ini berhasil menarik 13 juta pengunjung per bulan dan 60 juta page views per bulannya. IDN Media memiliki berbagai lini bisnis, yaitu IDN Times (portal berita online yang menyerupai Buzzfeed) dan Popbela (media pop culture dan gaya hidup untuk perempuan). Selain itu, tokoh inspiratif Indonesia ini juga memiliki video production house dengan nama IDNtv, serta agensi digital IDN Creative. Perusahaan ini mendapatkan 70 persen pemasukannya dari iklan, seperti Unilever, Samsung, P&G, dan Chevrolet.

Winston sebagai CEO dan editor in chief IDN Media pada awalnya hanya iseng menulis artikel. Tak disangka, artikel tersebut menjadi viral di media sosial. Ia kemudian melihat peluang untuk menciptakan konten khusus untuk generasi Y (lahir tahun 1977-1995) dan generasi Z (lahir tahun 1996-sekarang). Tokoh inspiratif Indonesia ini akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya di Google dan mendirikan IDN Media bersama adiknya.

Kerja keras kedelapan tokoh tadi diakui bahkan sampai ke ranah internasional. Pada tahun 2017, mereka semua masuk dalam daftar “30 under 30” oleh Forbes Asia. Tokoh inspiratif Indonesia ini membuktikan bahwa inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Inspirasi hanya akan jadi wacana jika tidak ada aksi. Tokoh-tokoh inspiratif Indonesia ini berhasil mewujudkan ide mereka menjadi suatu bisnis yang nyata.

Walaupun awalnya berat, mereka tetap mengasah kemampuan mereka, aktif mengeksplorasi, serta berani untuk mencoba. Kamu pun juga bisa seperti mereka, atau bahkan lebih. Temukan minat dan bakatmu sedini mungkin dan carilah celah di bidangmu.

Nah, selain informasi di atas, kamu bisa temukan artikel pengembangan diri lainnya di Glints. Selain itu, kamu juga bisa ikuti webinar Glints ExpertClass yang dipandu oleh para pemimpin andal dari startup ternama.

Menarik bukan? Yuk, sign up di Glints sekarang agar kamu bisa jadi pekerja profesional yang andal!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”