Karir  

8 Tips Mengatur Keuangan Pribadi saat Musim Diskon

harian-nasional.com/ – Ketika musim diskon datang, godaan untuk berbelanja pun tidak terbendung. Kebutuhan yang tadinya tidak ada jadi muncul tiba-tiba setelah melihat promo yang menarik. Harbolnas, hari belanja online nasional, yang diadakan beberapa hari yang lalu misalnya. Event diskon tersebut diadakan oleh beberapa perusahaan ecommerce setahun sekali untuk menanamkan budaya belanja online di masyarakat Indonesia.

Menghadapi musim diskon seperti Harbolnas ini memang membutuhkan strategi. Jangan sampai nafsu belanjamu mengacaukan keuangan pribadi. Berikut 8 tips untuk tetap menjaga keuangan pribadi saat musim diskon.

Cek Barang yang Kamu Punya

© thegreenhubonline.com

Saat musim diskon tiba, kamu melihat barang yang sangat menarik dijual dengan harga miring di toko. Karena tergiur, kamu akhirnya membeli dan membawa pulang barang tersebut. Sesampainya kamu di rumah, kamu baru sadar kalau ternyata kamu sudah punya barang serupa sebelumnya yang jarang kamu gunakan. Kamu pun menyesal. Keuangan pribadi kamu jadi kacau hanya gara-gara tergoda oleh promo.

Ada baiknya kamu mengecek barang-barang apa saja yang kamu sudah miliki sebelum berbelanja saat musim diskon tiba, pakaian misalnya. Bongkar lemarimu, dan kamu mungkin akan menemukan baju-baju lama yang sudah jarang kamu pakai. Bila ada beberapa potong yang tidak lagi cukup di badanmu, kamu bisa menjualnya atau berikan pada orang lain. Hal yang sama berlaku juga untuk jenis barang lain seperti peralatan rumah tangga dan elektronik. Jaga kesehatan keuangan pribadi kamu dengan tidak membeli barang-barang yang sudah kamu miliki sebelumnya.

Tergoda? Tunggu Dulu

© isigood.com

Agar keuangan pribadi tidak kolaps saat musim diskon, kamu tentu tidak ingin hanyut dalam tawaran-tawaran manis. Ketika kamu tergoda untuk membeli suatu produk di toko atau online shop, jangan gegabah, cobalah tunggu setidaknya 20 menit. Tunggu sampai nafsu belanjamu mereda dan pikiranmu kembali jernih. Pertimbangkan kembali apakah produk tersebut memang benar-benar kamu perlukan.

Selain itu, pikirkan juga dampak lain seperti kondisi keuangan pribadi kamu saat ini, apakah ada tanggungan seperti cicilan yang belum lunas, biaya-biaya bulanan dan kebutuhan lain yang lebih mendesak untuk dipenuhi. Untuk pembelian barang yang lebih mahal kamu bisa menyempatkan waktu lebih lama untuk berpikir, misalkan 24 jam untuk pembelian di atas Rp1 juta. Dengan ini kamu bisa menyelamatkan keuangan pribadi dari serangan diskon mendadak.

Matikan Notifikasi

© wired.com

Notifikasi dan e-mail berlangganan dari online shop langganan akan terus mengganggu pikiran dan bisa mengancam kestabilan keuangan pribadi kamu. Promo terus menerus tiap hari membuatmu selalu tergoda untuk mencoba produk-produk baru yang ditawarkan. Selain itu kamu juga patut waspada dengan rayuan produk-produk yang diiklankan di sosial media seperti Instagram. Sebaiknya matikan notifikasi dan langganan penawaran jika kamu sayang dengan keuangan pribadi kamu. Hilangkan pikiran bahwa diskon yang ditawarkan bisa membantumu untuk berhemat. Faktanya, kamu bisa lebih menghemat keuangan pribadi jika kamu tidak menghiraukan semua promo tersebut.

Beli dan Gunakan Barang yang Berkualitas

© brownsshoefitcompany.com

Ada orang yang membeli barang bermerk ternama hanya untuk disimpan. Mobil mewah, sepatu impian, atau celana jeans idaman, dibeli hanya untuk melengkapi koleksi yang sudah ada, bahkan ada yang tidak pernah dipakai sama sekali. Mereka memilih menggunakan barang berkualitas nomor 2 untuk pemakaian sehari-hari. Semua ini dilakukan untuk menjaga keawetan koleksi mereka. Jika kamu suka mengkoleksi produk bermerk mahal namun tidak pernah memakainya, kamu tidak akan pernah merasa puas. Kamu akan terus berbelanja dan hanya untuk mendapat kepuasan dari pembelian barang baru tersebut. Ujung-ujungnya keuangan pribadi kamu yang dikorbankan.

Selain itu, ada juga orang yang lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli barang digunakan pada event tertentu, dibanding produk yang dipakai sehari-hari. Untuk menjaga keuangan pribadi, gunakan barang bermerk yang kamu beli. Bila memang kamu tidak berencana memakainya, sebaiknya urungkan niat belanjamu.

Lihat Review Barang

© feedcheck.co

Cara lain untuk menjaga keuangan pribadi tetap fit di masa diskon adalah pastikan kamu memilih barang yang tepat untuk dibeli. Pertimbangkan pula siapa penjual barang yang kamu incar. Cek lagi apakah penjual tersebut tepercaya, pernah mendapat laporan keterlambatan pengiriman, atau transaksi yang tidak terselesaikan. Salah satu caranya adalah dengan membaca review dari barang kamu beli.

Review dan testimoni dari pembeli-pembeli sebelumnya biasanya tertera di bawah keterangan dan spesifikasi produk. Selain itu, bacalah rating atau bintang yang diberikan para pelanggan. Semakin banyak bintang atau rating, semakin baik kualitas produk dan penjualnya. Dengan membeli barang yang sudah pasti berkualitas kamu tentu akan lebih bisa berhemat dalam menjaga keuangan pribadi. Jangan sampai kamu baru menyesal saat barang sudah sampai di rumah setelah kamu pesan dari toko online, apalagi sampai kamu harus membeli ulang dari tempat lain.

Bayangkan Dulu Baru Beli

© kmbui.ui.ac.id

Saat berbelanja kamu pasti berimajinasi bagaimana kamu akan menggunakan barang yang kamu inginkan. Kamu tentu membayangkan di event apa kamu akan memakai gaun cantik yang kamu idamkan, ke mana kamu akan membawa tas carrier yang kamu incar itu, atau makanan apa yang akan kamu masak dengan teflon yang kamu beli. Untuk menjaga kesehatan keuangan pribadi, ada baiknya tanyakan pada dirimu sendiri dan bayangkan apakah kamu akan menggunakan barang yang akan dibeli itu dalam waktu dekat. Bila jawabannya tidak, atau kamu masih ragu-ragu, sebaiknya batalkan saja. Dengan hanya membeli barang-barang yang mendesak dan jelas penggunaannya kamu akan lebih bijak dalam membeli dan menjaga kesehatan keuangan pribadi.

Hitung dan Hitung

© thebalance.com

Salah satu cara tetap menjaga keuangan pribadi saat badai diskon datang adalah berhitung. Lakukan perhitungan sederhana, berapa besar gaji yang kamu dapatkan tiap jamnya. Kemudian bandingkan harga barang yang akan kamu beli dengan jumlah kerja yang harus kamu lakukan. Untuk barang-barang berharga mahal, hitunglah berapa lama kamu harus menabung untuk dapat membelinya. Perbandingan seperti ini tidak bisa kamu lakukan jika kamu menggunakan kartu kredit, karena uang yang kamu habiskan tidak sama dengan apa yang kamu dapatkan dari gaji selama ini. Gunakan uang tunai saat berbelanja agar lebih terasa bahwa uang yang kamu gunakan berasal dari kerja keras dan waktu yang kamu korbankan. Perhitungan sederhana tersebut akan sangat mempengaruhi cara berpikirmu dalam mengatur keuangan pribadi.

Jangan Kecewa Bila Pulang dengan Tangan Hampa

© tinybuddha.com

Berbelanja memang menyenangkan tapi juga menghabiskan waktu, apalagi jika kamu pergi ke toko secara langsung. Mengatur waktu di antara kesibukan, menghadapi macet di perjalanan, melihat-lihat dan mencoba barang, membandingkan harga antar toko, semuanya butuh waktu dan tenaga. Dari semua pengorbanan yang kamu lakukan, kamu merasa rugi jika tidak membawa pulang apapun setelah berbelanja sehingga kamu malah membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Kamu memang tidak mendapat barang yang kamu inginkan, tapi asal-asalan membeli barang yang ujung-ujungnya tidak kamu pakai hanya akan mengganggu kestabilan keuangan pribadi kamu.

Itu tadi 8 tips yang bisa kamu terapkan untuk tetap memperhatikan keuangan pribadi di tengah-tengah godaan diskon yang menerpa. Semoga dengan tips-tips tadi kamu bisa semakin bijak dalam berbelanja dan mempertimbangkan perencanaan keuangan pribadi baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Glints menyediakan artikel-artikel mengenai tips keuangan pribadi untuk kamu para mahasiswa, fresh graduate, hingga profesional muda. Tidak hanya itu, Glints juga menyediakan tips-tips lain seputar karier dan pendidikan yang cocok untuk kamu. Selain itu, di Glints terdapat segudang informasi lowongan kerja full-time, part-time, magang, hingga project-based. Tunggu apa lagi? Segera sign up dan jadi semakin bijak dalam mengatur keuangan pribadi kamu!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”