Karir  

7 Komunitas Anak Muda untuk Kembangkan Diri dan Berkontribusi

harian-nasional.com/ – Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mengembangkan diri, salah satunya adalah bergabung dengan komunitas anak muda yang positif.

Mulai dari komunitas di bidang isu lingkungan hingga pendidikan, kamu bisa pilih sesuai dengan passion atau isu yang menjadi perhatianmu selama ini.

Bergabung dengan komunitas lalu berkontribusi pada negeri juga bisa jadi salah satu cara merayakan hari sumpah pemuda, lho. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita beri dampak positif bagi Indonesia.

Selain itu, My Peer juga menyebutkan bahwa bergabung dengan komunitas dapat meningkatkan kepercayaan diri, pengetahuan, skill, dan kompetensimu.

Langsung saja, ini dia 7 rekomendasi komunitas anak muda yang telah Glints rangkum untukmu!

1. Lindungi Hutan

Beberapa tahun ke belakang, kamu mungkin sering mendengar bahwa kondisi hutan Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Ada banyak kasus kebakaran hutan hingga alih fungsi lahan yang semakin membuat hutan kita menipis. Apakah kamu ingin melakukan sesuatu untuk berkontribusi pada pelestarian hutan Indonesia?

Lindungi Hutan adalah sebuah yayasan berbadan hukum yang kegiatannya berfokus pada pelestarian ekosistem hutan.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas relawan Lindungi Hutan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Selain dapat langsung berkontribusi pada pelestarian lingkungan, kamu bisa asah soft skills di komunitas tersebut, mulai dari time & people management hingga interpersonal skill.

2. Greenpeace Indonesia

Masih tentang isu lingkungan, rekomendasi komunitas anak muda yang satu ini juga bisa jadi pilihanmu.

Greenpeace Indonesia berfokus pada masalah lingkungan yang cukup luas, mulai dari perubahan iklim, pembakaran hutan, energi berkelanjutan, hingga polusi udara dan sampah plastik.

Sama seperti Lindungi Hutan, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas relawan Greenpeace Indonesia atau berkontribusi sebagai donatur pada kampanye mereka.

Jika kamu pikir bahwa kampanye harus selalu dilakukan dengan cara turun ke jalan, kamu salah besar.

Saat ini, ada banyak kampanye digital yang tetap mampu menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Hal ini juga yang bisa kamu lakukan di Greenpeace Indonesia, lho!

3. 1001 Buku

Sekarang, kita sedikit beralih ke komunitas yang bergerak di bidang pendidikan.

Komunitas 1001 Buku adalah salah satu kelompok yang bisa diikuti anak muda yang peduli dengan isu pendidikan anak-anak.

Dilatarbelakangi oleh permasalahan terbatasnya akses buku bacaan, organisasi ini berupaya menyediakan taman baca yang layak bagi anak-anak Indonesia.

Sampai saat ini, 1001 Buku masih aktif berkegiatan dan telah membentuk jaringan relawan di beberapa kota di Indonesia.

Tertarik untuk bergabung? Kamu bisa cek Instagram @1001buku dan hubungi narahubung untuk menanyakan prosedur pendaftarannya.

4. Akademi Berbagi

Masih tertarik dengan komunitas di bidang pendidikan? Kamu dapat bergabung dengan Akademi Berbagi baik sebagai relawan pengelola maupun tutor.

Akademi Berbagi menyediakan kelas gratis di 21 kota seluruh Indonesia. Kelas yang diadakan cukup beragam, mulai dari kelas fotografi, jurnalistik, dan lain-lain.

Komunitas ini ingin memberikan kesempatan pada peserta agar bisa belajar langsung dengan para praktisi dan profesional di bidangnya masing-masing secara gratis.

Nah, jika bergabung di komunitas ini, kamu secara tidak langsung dapat membantu orang lain meningkatkan kompetensi dan skill mereka.

Di saat yang bersamaan, kamu juga bisa ikut belajar dengan mereka serta mendapatkan pengalaman mengelola kelas dan organizational skill lainnya.

5. Get Happy

Komunitas anak muda kali ini merupakan pilihan tepat untuk kamu yang peduli dengan isu kesehatan mental.

Tak hanya untuk penderita penyakit mental, Get Happy juga menyadari pentingnya bagi kita untuk memberikan dukungan pada caregiver, yaitu orang yang merawat para penderita.

Menjadi caregiver maupun penderita tentu bukanlah hal yang mudah. Get Happy hadir untuk membuat anggota komunitas merasa tidak sendiri.

Melalui Get Happy, kamu bisa temukan banyak sosialisasi dan edukasi mengenai kesehatan mental di Indonesia.

Untuk informasi lengkap mengenai cara bergabung di komunitasnya, silakan cek dan hubungi Get Happy melalui akun Instagram mereka di @gethappy.id.

6. Komunitas Peduli Skizofernia Indonesia (KPSI)

Sesuai namanya, komunitas ini berfokus untuk menyediakan dukungan bagi teman-teman penderita skizofernia dan caregiver-nya di Indonesia.

KPSI kini telah berkegiatan di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bandung, Makassar, Medan, dan masih banyak lagi.

Apabila kamu salah satu penderita, caregiver, atau hanya masyarakat umum yang peduli dengan isu gangguan kesehatan mental terutama skizofernia, bergabunglah dengan KPSI.

Kamu bisa datang langsung ke kantornya yang berlokasi di Jl. Buluh No.84, RT.07/RW.16, Cililitan, Jakarta Timur atau menghubungi mereka lewat narahubung yang tertera di website KPSI.

7. Lentera Sintas Indonesia

Apakah kamu salah satu orang yang peduli dengan isu perempuan? Komunitas anak muda yang satu ini wajib kamu ikuti.

Lentera Sintas Indonesia aktif berkampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang isu kekerasan terhadap perempuan yang saat ini masih banyak terjadi di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, saat ini korban kekerasan masih mendapatkan stigma buruk dari masyarakat. Mereka kesulitan mendapatkan pendampingan dan perlindungan hukum.

Nah, Lentera Sintas Indonesia memberikan bantuan pemulihan trauma bagi para penyintas melalui konseling gratis secara anonim.

Apabila kamu ingin bergabung dengan komunitasnya, hubungi mereka melalui akun Instagram @lentera_id.

Demikian 7 rekomendasi komunitas anak muda di mana kamu bisa berikan kontribusi pada sesama sekaligus kembangkan soft skill dan hard skill kamu.

Mau tahu lebih banyak rekomendasi terkait pengembangan diri?

Di Glints Blog, ada banyak artikel lain yang bisa bantu kamu memaksimalkan potensi diri. Mulai dari rekomendasi podcast, kegiatan, hingga channel YouTube yang menarik.

Jadi, kamu bisa habiskan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat untuk masa depanmu.

Yuk, baca kumpulan artikelnya di sini! Semuanya bisa dibaca secara gratis.

Sumber

    Benefits of youth participation

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”