Karir  

7 Inspirasi Usaha Menjanjikan di Industri Pernikahan yang sedang Marak

harian-nasional.com/ – Sedang mencari inspirasi usaha? Menjalankan usaha sendiri memang terlihat lebih menggiurkan daripada harus menjadi seorang karyawan. Meskipun tantangan dan risiko juga terlihat lebih besar, tapi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang sebanding dengan tantangan dan risiko tersebut. Mencari inspirasi sebenarnya tidak perlu terlalu jauh, kita bisa mencarinya dari hal-hal yang ada di sekitar kita.

Salah satu peluang besar yang bisa menjadi referensi usaha kamu adalah industri pernikahan masa kini. Ya, industri pernikahan memang sudah ada sejak dahulu, tapi jika diperhatikan sekarang ini industri pernikahan saat ini menjadi industri yang semakin kreatif. Semakin banyak pasangan yang ingin mengabadikan momen sekali seumur hidupnya itu dengan hal-hal yang istimewa dan berbeda dari yang lain. Semakin banyak juga inovasi dalam industri yang satu ini yang bisa kamu jadikan inspirasi usaha yang menjanjikan. Berikut adalah 7 inspirasi usaha menjanjikan di indusri perikahan yang sedang marak.

1. Party planner

Sumber: GK Moments

Hal pertama yang bisa menjadi inspirasi usaha kamu adalah jasa party planner. Kamu pasti tahu kalau jasa party planner saat ini sangat dibutuhkan. Selain ulang tahun, salah satu acara yang paling banyak membutuhkan jasa party planner adalah bridal shower. Di beberapa negara, bridal shower adalah acara dimana calon mempelai perempuan menerima berbagai hadiah dari perempuan-perempuan terdekatnya. Bridal shower juga bisa dihadiri hingga beberapa ratus orang mulai dari teman perempuan hingga keluarga mempelai perempuan yang juga perempuan.

Di Indonesia sendiri bridal shower lebih sederhana, yaitu hanya berupa perayaan untuk mempelai perempuan yang akan segera melepas masa lajangnya yang diadakan oleh sahabat-sahabat terdekat. Kesempatan ini sangat mungkin kamu jadikan inspirasi usaha yang bisa mengisi waktu weekend kamu, lho. Tidak akan terlalu sulit dilakukan karena kamu hanya harus mempersiapkan sebuah acara makan dengan dekorasi bertema tertentu untuk beberapa orang, umumnya berjumlah kurang dari sepuluh orang atau paling banyak hanya belasan orang.

2. Wedding souvenir

Sumber: Pinterest

Kamu pasti setuju kalau tidak ada pesta pernikahan tanpa adanya souvenir. Saat ini, semakin banyak ide souvenir pernikahan yang tidak biasa alias anti-mainstream. Kamu juga bisa menjadikan hal ini sebagai inspirasi usaha yang cukup menjanjikan. Kenapa usaha wedding souvenir bisa menjadi inspirasi usaha yang menjanjikan? Salah satunya adalah karena kuantitasnya tidak pernah sedikit.

Tidak perlu terlalu jauh, mulailah dengan membantu temanmu mewujudkan souvenir pernikahan yang diinginkannya. Setelah itu kamu bisa mencari vendor atau pun mengerjakannya sendiri. Harga untuk sebuah souvenir tidak perlu mahal, yang lebih penting adalah kegunaannya. Selian itu, packaging yang unik juga bisa membuat souvenir menjadi lebih istimewa.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

3. Photo corner

Sumber: Sillybooth CA

Photo corner atau photo booth memang sudah ada sejak dulu, tapi dulu tidak semua orang menggangap keberadaannya penting. Sekarang tentu saja berbeda, adanya sebuah photo corner atau photo booth sudah menjadi hal yang wajib dalam sebuah resepsi pernikahan dari yang megah hingga yang sederhana. Nah, jangan sampai kamu melewatkannya untuk dijadikan inspirasi usaha. Banyak inspirasi yang bisa kamu pikirkan terkait dengan adanya photo corner ini dari mulai penyewaan kamera Polaroid, pembuat property photo corner ataupun semuanya dalam satu paket mulai dari pembuatan backdrop, property, hingga jasa cetak fotonya.

Photo corner biasanya ada dua jenis yang pertama adalah yang menyediakan jasa cetak langsung dan ada juga yang hanya menyediakan spot foto dan para tamu bisa foto dengan kamera masing-masing. Pilihan bergantung pada kebutuhan dan budget yang ingin dikeluarkan pengantin.

4. Wedding invitation designer

Sumber: Creative Market

Inspirasi usaha di industri pernikahan selanjutnya juga tidak kalah simple, nih. Kemajuan teknologi saat ini membuat bentuk undangan perikahan juga semakin praktis dan simpel dan biasanya hanya berupa undangan digital saja. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang terjun di dunia desain ataupun yang berminat untuk belajar desain. Belajar desain bukan menjadi hal yang sulit saat ini, kamu bahkan bisa belajar melalui tutorial di YouTube. Kemudahan lainnya adalah kamu dapat mengerjakannya di mana saja dan transaksi juga bisa dilakukan cukup melalui email, tentunya meluangkan sedikit waktu saja sudah cukup kan. Apakah kamu tertarik dengan inspirasi usaha yang satu ini?

5. Dokumentasi

Sumber: Gemmel Mania

Fotografi dan videografi belakangan ini sangat menarik untuk dipelajari. Bukan hanya untuk profesional saja, tapi setiap orang seperti tertarik untuk memiliki pengetahuan dasar fotografi. Kalau kamu juga salah satunya, hobi kamu yang satu ini sangat mungkin menjadi sebuah inspirasi usaha di industri pernikahan, lho. Tidak ada salahnya kan menjadikan hobi sebagai inspirasi usaha yang mendatangkan uang?

Momen pernikahan memang wajib untuk diabadikan. Bagi kamu yang tertarik dengan fotografi seperti foto dokumentasi atau foto human interest, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan yang satu. Selain foto, kamu juga bisa mendokumentasikan dalam bentuk video. Layaknya desian, fotografi dan videografi juga bisa kamu pelajari secara otodidak. Kamu juga bisa belajar melalui berbagai seminar dan workshop tentang fotografi.

6. Food booth or food truck

Sumber: Pinterest

Selain dokumentasi, makanan juga tentu saja mengambil peran lebih besar lagi dalam industri perikahan. Bukan hanya mementingkan makanan utama dalam bentuk buffet saja, makanan pelengkap juga tidak kalah penting dan bisa menjadi inspirasi usaha. Berbagai hidangan pelengkap yang ada di booth terkadang lebih menggoda para tamu daripada hidangan utama yang biasanya didominasi makanan yang sudah mainstream.

Kamu bisa melihat situasi ini sebagai sebuah inspirasi usaha, membuat inovasi makanan yang mungkin dapat mengisi booth makanan yang ada di pesta pernikahan. Tidak perlu harus menciptakan makanan baru, bisa dengan memodifikasi banyak makanan yang sudah ada. Selain booth makanan, food truck juga bisa menjadi inspirasi usaha untuk pernikahan yang diadakan outdoor.

7. Wedding gifts

Sumber: Huffington Post

Pernahkah kamu berpikir bahwa sulitnya membeli kado pernikahan bisa dijadikan inspirasi usaha? Ini dia yang bisa menjadi inspirasi usaha kamu selanjutnya. Membeli kado pernikahan kadang sangat menguras waktu, belum lagi harus menghadapi perdebatan jika kita membeli kadonya ‘patungan’ dengan teman-teman. Menyediakan jasa kado pernikahan bisa menjadi suatu ide yang brilian. Kamu bisa membantu banyak orang yang ingin membelikan kado pernikahan untuk teman atau keluarganya.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang yang akan dijadikan kado. Kamu cukup mendata harga-harga barang yang umumnya dijadikan kado pernikahan di beberapa toko agar kamu mengetahui perkiraan harga jual kamu pada pembeli. Setelah itu, tentu saja kamu harus membantu dalam hal packaging. Selain kado yang bisa dibeli di toko, banyak juga inspirasi kado pernikahan yang mungkin bisa kamu buat sendiri, seperti sketsa wajah contohnya.

Itu dia 7 inspirasi usaha yang sedang marak di industri pernikahan. Apakah kamu tertarik dengan salah satunya? Benar kan mencari inspirasi usaha bisa dimulai dari hal-hal simple yang ada di dekat kamu. Beberapa inspirasi usaha di atas bisa kamu jadikan sumber penghasilan sampingan sebelum kamu tertarik untuk terjun sepenunya menjadi wirausaha. Umumnya pernikahan diadakan pada akhir pekan, sata itu lah juga kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menjalani salah satu usaha di atas.

Selain inspirasi usaha di atas, kamu bisa menemukan insprirasi usaha dan inspirasi lainnya di Blog Glints. Jangan lupa untuk sign up ke Glints sekarang untuk menemukan pekerjaan dan ikuti terus Blog Glints yang akan membagikan berbagai informasi dan inspirasi untuk kamu !

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”