Karir  

7 Alasan Kamu Perlu Mencoba Kerja di Coworking Space

harian-nasional.com/ – Pernah dengar istilah coworking space? Istilah ini semakin banyak digunakan di tahun 2017 ini di Indonesia—sadar tidak? Istilah coworking sebenarnya sudah sejak lama, dipopulerkan pada tahun 2005 oleh Brad Neuberg untuk menggambarkan situasi ketika dua orang atau lebih bekerja bersama dalam suatu tempat, tapi bukan berasal dari perusahaan yang sama. Sementara itu, coworking space merupakan sebuah tempat yang memfasilitasi agar orang-orang bisa bekerja di mana pun, kapan pun, dan bagaimana pun mereka inginkan.

Mungkin kamu masih berpikir bekerja di perkantoran konvensional adalah yang terbaik, tapi coba simak ketujuh alasan mengapa kamu perlu mencoba kerja di coworking space berikut. Siapa tahu bisa jadi referensimu mencoba hal baru.

Mengembangkan relasi

© lifehacker.com.au

Bekerja di coworking space bisa jadi secara individu, atau kamu dan beberapa orang rekanmu. Dengan bekerja di coworking space, kamu akan bertemu dengan berbagai orang yang “berbagi tempat” di lokasi tersebut. Sangat mungkin jika orang-orang yang kamu temui tersebut berasal dari berbagai perusahaan dan profesi yang berbeda denganmu. Menjadi anggota di sebuah coworking space juga memberikanmu diskon spesial (atau bahkan akses gratis!) untuk menghadiri berbagai acara yang mereka selenggarakan, termasuk acara networking.

Coba bayangkan, seberapa luas relasi yang bisa kamu bangun dengan bekerja di coworking space. Kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari jasa atau apa pun yang kamu, atau bisnismu butuhkan. Secara tidak langsung, kamu pun memiliki komunitas baru, menyenangkan bukan?

Menemukan mentor dan lingkungan yang membangun

© alltopstartups.com

Dengan bekerja di coworking space dan mengembangkan relasi, bisa jadi kamu berkenalan dengan banyak orang hebat. Mereka yang sudah ahli di suatu bidang yang sama denganmu, mungkin akan dengan senang hati berbagi pengalamannya denganmu. Karena sudah memiliki tempat bertemu, atau janjian yang rutin, kamu bisa “mendaulat” mereka jadi mentormu juga, lho.

Tidak hanya itu. Kalaupun kamu sedang malas bekerja, kamu bisa tengok kanan dan kirimu yang memiliki budaya kerja berbeda-beda, sambil mencari inspirasi yang bisa menyemangatimu untuk kembali bekerja. Berbeda dengan gedung kantor konvensional ketika kamu hanya bisa bekerja di satu tempat, di coworking space, kamu bisa bekerja berpindah-pindah. Jadi bisa bekerja dalam lingkungan yang kondusif, sesuai dengan yang membuatmu nyaman.

Coworking space memberikan peluang

© rayting.in

Peluang di sini bisa dalam berbagai hal. Pertama, di coworking space, kamu bisa meningkatkan penjualan produkmu. Dengan bekerja di lingkungan yang orangnya berbeda-beda latar belakang, kamu bisa mengetes pasar, bahkan sampai mencoba menjual produkmu. Misalnya saja baju atau sepatu dari online store-mu, tentunya peluang akan lebih besar.

Kedua, beberapa coworking space biasanya sering menyelenggarakan community event, jadi event yang mereka buat untuk beberapa perusahaan yang memakai tempat mereka. Dengan begitu, kamu bisa juga ikut bersosialisasi lagi, sekaligus menawarkan apa yang kamu miliki. Atau, ada pembicara dan materi yang bisa kamu ikuti untuk mengasah pengetahuan yang kamu miliki. Ketiga, dengan adanya community event tersebut, bisa jadi media datang meliput. Kamu pun bisa sekaligus mempromosikan produkmu ke media yang sedang meliput coworking space tersebut.

Menghemat, semua serba ada di coworking space

© pacificworkplaces.com

Tidak bisa dipungkiri, menyewa gedung tetap sebagai gedung kantor mengeluarkan biaya yang tak murah. Apalagi bagi bisnis yang baru dirintis, atau startup yang baru akan melangkahkan kaki. Karena itu, bekerja di coworking space sebenarnya juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat bujet. Dengan begitu, pengeluaran bisa disalurkan ke hal lain yang tidak kalah penting.

Selain itu, biasanya untuk mencari suasana yang nyaman untuk bekerja. Tak jarang kita berpindah dari satu coffee shop, ke coffee shop lainnya hanya untuk mendapatkan suasana tersebut. Dengan pembelian makanan dan minuman di setiap cofee shop itu, nyatanya kita jadi mengeluarkan bujet lebih dari yang dianggarkan. Bekerja di coworking space yang memiliki biaya sewa per jam, harian dan bulanan sehingga tentunya bisa menjadi alternatif yang baik. Terlebih lagi, berbagai fasilitas lengkap penunjang kerjamu tersedia di sana. Misalnya saja ruang rapat dan presentasi, printer, sampai internet kencang. Wah!

Fun dan santai, nyaman untuk bekerja

© whatsnewjakarta.com

Coworking space biasanya didesain dengan nyaman dan berbeda dengan perkantoran pada umumnya yang memiliki suasana formal dan “kaku”. Desain yang unik dan menarik pun ditawarkan, terlebih ada beberapa yang menjadi satu dengan coffee shop, jadi dedesain dengan unik dan nyaman. Beberapa coworking space pun menyediakan sebuah ruangan untuk melepas penat, dengan menyediakan game seperti playstation.

Jadi kalau kamu mulai penat dengan kerjaan, bisa berpindah sedikit dan istirahat sejenak sebelum kembali “tenggelam” dalam pekerjaanmu.

Meningkatkan kreativitas dan produktivitas

© nowjakarta.co.id

Dengan tempat yang nyaman dan sesuai apa yang kamu inginkan, tentunya kreativitas dan produktivitasmu bisa meningkat ya.

Coworking space biasanya didesain menjadi lingkungan yang memberikan semangat positif, sehingga siapa pun yang bekerja bisa mengeluarkan kemampuan maksimalnya. Ini juga berlaku bagi kamu yang biasa bekerja dari rumah, dan merasa monoton dengan kebiasaan kerjamu.

Dengan berpakaian rapi, dan keluar rumah menuju coworking space yang desainnya menarik, tentunya kamu bisa lebih semangat bekerja, lebih kreatif dan produktif.

Bebas bekerja di mana pun, kapan pun, dan bagaimana pun

© mommiesdaily.com

Dengan bekerja di coworking space, kamu memiliki kebebasan lebih dalam menentukan kapan, di mana, dan bagaimana kamu mau bekerja. Misalnya minggu ini kamu mau mencoba di coworking space A, dan minggu depan di B. Semuanya bisa kamu atur, sesuai dengan apa yang kamu, atau timmu butuhkan.

Terlebih lagi, ada coworking space yang memiliki beberapa cabang yang memiliki tema dekorasinya masing-masing. Jadi kamu bisa mendaftar di salah satu cabangnya, dan bebas “menjajal” di cabang yang mana pun. Seru kan? Dengan mencari yang paling nyaman, kamu pun bisa lebih fokus bekerja dan tidak usah dipusingkan dengan lingkungan kantor yang kurang nyaman.

Dengan ketujuh alasan dan manfaat tersebut, tidak ada salahnya lho, melirik coworking space sebagai tempatmu bekerja. Terlebih, bagi kamu yang baru mulai merintis bisnis, atau sekadar ingin mencari suasana baru dalam bekerja.

Meskipun begitu, coworking space tidak selalu cocok buat semua orang. Bagi kamu yang terbiasa bekerja di balik bilik ruang kantormu, atau yang terbiasa bekerja menyendiri di rumah, mungkin ini bukan alternatif buatmu.

Tapi nyatanya, banyak dari mereka yang sudah sukses bekerja dari rumah, bisa mengembangkan usaha dan relasinya dengan positif di coworking space.

Makanya, coba cari tahu bagaimana budaya kerja yang sesuai untukmu. Coba juga coworking space yang bisa disewa per jam, atau memiliki masa trial untuk penyewaannya.

Dengan begitu, kamu bisa tahu budaya kerja yang sesuai denganmu, dan tempat mana yang cocok untukmu.

Untuk mendapatkan informasi seputar karier lainnya, termasuk lowongan magang, freelance dan kerja full-time, yuk, sign up di Glints!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”