5 Tips Optimalkan Peluang Bisnis Katering Rumahan

5 Tips Optimalkan Peluang Bisnis Katering Rumahan

harian-nasional.com/ – – Dari sekian banyak jenis katering , katering rumahan jadi salah satu peluang bisnis yang mudah untuk dimulai.

Tidak seperti katering pesta atau kantoran, katering rumahan cenderung tidak memerlukan modal yang begitu besar.

Usaha yang cocok bagi kaum hobi memasak ini meski terlihat mudah akan tetapi perlu perencanaan yang matang, lho.

Berikut tips mengoptimalkan peluang bisnis katering rumahan agar tetap untung.

1. Riset Pasar

Sebelum terjun di usaha katering, alangkah baiknya lakukan riset pasar mengenai strategi, variasi makanan yang dijual, target konsumen, dan harga.

Selain itu, riset juga mengenai kompetitor agar Anda bisa menyusun strategi pemasaran dan penjualan yang lebih baik.

2. Persiapkan Modal

Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan modal yang cukup untuk operasional katering.

Anda bisa mulai mengkalkulasikan kebutuhan operasional, dan modal yang tersedia. Ketika sudah diperhitungkan, Anda mampu menyesuaikan antara modal dan kebutuhannya.

Biaya kebutuhan operasional tersebut antara lain biaya peralatan masak, bahan-bahan makanan, gaji apabila memiliki karyawan, biaya packing, dan biaya lain yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Cari Supplier Berkualitas

Bahan memasak yang akan diolah menjadi makanan perlu diperhatikan kualitasnya.

Oleh sebab itu, pilihlah supplier bahan yang berkualitas namun tetap terjangkau. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan terjun langsung ke pasar maupun supplier lain yang berkualitas.

4. Buat Menu yang Variatif

Buat menu yang bervariasi untuk kateringmu, membuat menu yang sama secara berturut-turut bisa menyebabkan konsumen merasa bosan.

Langkah ini bisa dilakukan dengan melakukan riset mengenai menu apa saja yang sedang diminati, atau pun bertanya langsung kepada konsumen.

5. Perhatikan Kualitas dan Pelayanan

Sebagai jenis usaha yang langsung bersinggungan dengan lidah konsumen, kualitas dan pelayanan wajib menjadi prioritas nomor satu.

Lakukan pengecekan secara berkala mengenai kebersihan, kesegaran, tingkat kematangan, dan juga rasa sebelum menyerahkannya kepada konsumen.

Selain itu, selalu berikan pelayanan terbaik, ramah dan jalin hubungan yang positif dengan kosumen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”