Travel  

5 Tips ke Pasar Lama Tangerang, Bikin Rencana Perjalanan

harian-nasional.com/

KOMPAS.com – Mengunjungi kawasan Pasar Lama Tangerang bisa jadi kegiatan saat liburan atau akhir pekan. Wisatawan bisa mengelilingi kawasan tersebut pada pagi hari, dilanjutkan dengan kulineran pada malam hari.

Berlokasi di Kota Tangerang, Banten, kawasan ini pun mudah dijangkau karena dekat Stasiun Tangerang.

Jarak antara Stasiun Tangerang dan gerbang Pasar Lama yakni sekitar 600 meter, dengan waktu berjalan kaki sekitar delapan menit.

Simak lima tips berkunjung ke Pasar Lama Tangerang berikut ini.

Tips wisata ke Pasar Lama Tangerang

1. Bawa payung

Udara di kawasan Pasar Lama Tangerang bisa terasa cukup panas saat cuaca cerah. Apalagi jika wisatawan berkunjung saat siang hari.

Wisatawan yang ingin ke Pasar Lama disarankan membawa payung untuk melindungi tubuh dari teriknya matahari saat berkeliling.

2. Amankan barang bawaan

Ke mana pun tujuan berwisata, keamanan barang bawaan tetap jadi prioritas utama. Hal ini penting dilakukan guna menjaga keselamatan dan keamanan diri dan barang bawaan.

Ramainya kawasan Pasar Lama Tangerang baik pada siang maupun malam hari tentu tidak lepas dari tangan-tangan nakal para pencopet.

Oleh karena itu, sebaiknya tas atau barang dibawa sebaiknya disandang ke depan.

Kalau memungkinkan, sebaiknya wisatawan tidak membawa terlalu banyak barang saat berkunjung ke Pasar Lama.

3. Bawa uang tunai

Aktivitas jual beli di kawasan Pasar Lama Tangerang masih menggunakan uang tunai, dan jarang ditemui pedagang yang melayani transaksi non-tunai.

Oleh karena itu sebaiknya siapkan jumlah uang tunai yang cukup sebelum datang ke kawasan Pasar Lama Tangerang.

4. Bikin rencana perjalanan

Kawasan Pasar Lama Tangerang sekilas tampak seperti pasar biasa, namun bila ditelusuri lebih lanjut, di kawasan ini juga terdapat bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Museum Benteng Heritage.

Berkunjung tanpa adanya perencanaan yang matang mungkin akan membuat wisatawan menghabiskan waktu cukup lama di salah satu tempat saja. Alhasil, wisatawan tidak bisa mengunjungi semua tempat wisata.

Guna mengatur kegiatan saat berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang, tidak ada salahnya wisatawan melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu dan membuat rencana perjalanan.

Rencana perjalanan sedikit banyaknya akan membantu wisatawan untuk memaksimalkan waktu kunjungan.

5. Naik transportasi umum

Khusus wisatawan yang berangkat ke Pasar Lama Tangerang dari arah Jakarta, disarankan untuk naik moda transportasi KRL Commuter Line supaya lebih hemat.

Stasiun terdekat dari kawasan Pasar Lama Tangerang adalah Stasiun Tangerang, kamu bisa naik kereta dari Stasiun Duri dan menumpangi kereta tujuan akhir Stasiun Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.