5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Mengatasi Sugar Craving

harian-nasional.com/ Sugar craving adalah suatu kondisi yang umumnya terjadi ketika tubuh menginginkan asupan makanan yang manis.

Healthline menjelaskan bahwa sugar craving bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih sering dialami oleh wanita.

Mengonsumsi makanan yang manis akan meringankan sugar craving yang dirasakan.

Namun menurut Everyday Health, mengonsumsi makanan yang manis secara terus-menerus bisa memberikan efek buruk pada kesehatan, seperti menimbulkan rasa lelah, mudah marah, dan cemas.

Tidak hanya itu saja, sugar craving juga bisa berefek buruk pada level gula darah dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Sugar craving tidak perlu selalu dihindari dan bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk mengatasi sugar craving.

1. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung gula alami yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Healthline menyebutkan bahwa buah-buahan, seperti mangga atau anggur, memiliki kandungan gula yang lebih tinggi sehingga bisa mengatasi sugar craving dengan lebih baik.

Buah berry, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry juga disebutkan oleh Everyday Health sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi sugar craving.

Buah berry memiliki kandungan glikemik rendah sehingga tidak membuat level gula darah naik secara signifikan.

Tidak hanya itu saja, konsumsi buah berry juga akan membuat perut lebih kenyang, gula darah seimbang, dan sensitivitas insulin meningkat.

2. Coklat hitam atau dark chocolate

Banyak yang mengonsumsi coklat ketika sugar craving menyerang.

Coklat hitam atau dark chocolate bisa menjadi alternatif terbaik ketika tubuh menginginkan asupan makanan manis karena lebih sehat dan mengandung lebih dari 70 persen coklat.

Tidak hanya itu saja, coklat hitam juga memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung.

3. Gandum utuh

Gandum utuh, seperti oat dan beras merah, bisa menjadi alternatif yang sehat untuk mengatasi sugar craving.

Konsumsi gandum utuh juga bisa mengurangi rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan makanan yang manis bisa dikurangi.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti chia seed, almond, biji labu, hingga biji wijen mengandung lemak sehat, protein, dan serat yang memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Tidak hanya itu saja, konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membuat tubuh terasa kenyang lebih lama dan menghindarkan sugar craving.

5. Daging dan ikan

Tidak hanya untuk diet saja, daging dan ikan merupakan sumber protein yang baik untuk mengurangi keinginan ngemil makanan yang manis.

Bahkan, sudah dibuktikan bahwa sugar craving bisa ditekan hingga 60 persen ketika daging dan ikan dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.