5 Penyebab Utama Baby Blues yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

harian-nasional.com/ – Jakarta Pernahkah Mom mendengar istilah baby blues? Mungkin sebagian besar dari kita tak asing lagi dengan istilah ini. Baby blues merupakan kondisi di mana suasana hati atau psikologis Mom bermasalah pasca melahirkan. Baby Blues Syndrome adalah kondisi di mana Mom mudah marah, sedih, gundah, gulana, kecewa, kurang percaya diri dan rentan menyalahkan diri sendiri. Tidak sedikit perempuan yang mengalami baby blues rentan terhadap stres bahkan Depresi.

Mengutip dari laman healthline.com, baby blues sering terjadi di minggu pertama setelah melahirkan hingga minggu ketiga setelah melahirkan. Tapi, tidak menutup kemungkinan ini juga terjadi di kesekian minggu setelah Mom melahirkan. Saat mengalami baby blues, Mom juga rentan insomnia meski ia telah berusaha sekeras mungkin.

Dan mengenai baby blues ini, apa kira-kira penyebabnya? Simak yang di bawah ini.

Perubahan Hormon

Penyebab paling umum dari baby blues adalah perubahan hormon pasca melahirkan. Adanya perubahan hormon dari masa kehamilan ke masa menyusui, membuat Mom rentan mengalami masalah suasana hati. Saat Mom melahirkan, akan terjadi perubahan hormon yang signifikan sehingga memicu baby blues dan masalah kesehatan lain.

Kelelahan

Kelelahan juga menjadi penyebab baby blues. Tak bisa dipungkiri bahwa setelah melahirkan Mom akan merasa lebih capek. Kelelahan ini terjadi karena Mom harus menjaga buah hati sepanjang hari dan malam di masa pemulihan pasca melahirkan. Kelelahan akut akan rentan membuat Mom mengalami masalah kesehatan baik fisik pun psikis.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website fimela.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”