5 Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya
5 Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

harian-nasional.com/ – Mengantuk adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja, khususnya setelah melakukan aktivitas yang melelahkan.

Namun, sering mengantuk bukan hal yang wajar karena bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan mental atau penyakit fisik lainnya.

Ketahui penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya.

  • Mengalami gangguan tidur

Beberapa gangguan tidur bisa memicu rasa sering mengantuk, seperti kurang tidur, insomnia, hingga apnea tidur.

Masing-masing gangguan tidur memiliki gejala yang berbeda, namun umumnya membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari dan merasa sangat mengantuk di siang hari .

Jika gangguan tidur yang dialami disebabkan oleh penyakit tertentu, maka diperlukan bantuan medis.

Namun biasanya, gangguan tidur bisa diatasi dengan melakukan pola hidup sehat sehingga akan meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

  • Mengalami sindrom kaki gelisah

Restless leg syndrome atau sindrom kaki gelisah adalah dorongan untuk menggerakkan kaki yang tidak bisa dikontrol, bahkan ketika sedang beristirahat.

Kondisi ini bisa terjadi ketika sedang tidur dan ketika terbangun sehingga akan membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Anda yang mengalami kondisi ini perlu mendapatkan pengobatan dari dokter dan melakukan pola hidup sehat untuk mengurangi gejala yang muncul.

  • Mengalami narkolepsi

Narkolepsi adalah kondisi di mana seseorang merasa sangat mengantuk dan akan tiba-tiba tertidur.

Penderita perlu mengonsumsi obat narkolepsi untuk membantunya agar tetap terjaga di siang hari. Sering tidur siang juga disarankan untuk mengurangi gejala narkolepsi yang muncul.

  • Mengalami depresi

Sering mengantuk juga bisa disebabkan oleh depresi yang juga akan membuat penderita merasa cemas dan stres.

Selain sering mengantuk, penderita depresi juga cenderung tidur terlalu lama atau tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Depresi bisa diatasi dengan obat, psikoterapi, atau gabungan dari keduanya. Dokter akan memeriksa gejala depresi yang timbul untuk menentukan jenis pengobatan yang paling tepat.

  • Mengonsumi obat tertentu

Konsumsi obat tertentu juga akan memicu rasa mengantuk berlebihan di siang hari , seperti antihistamin, obat penenang, hingga obat tidur.

Untuk menghindari rasa sering mengantuk di siang hari, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ketika mengonsumsi obat tersebut.

Dokter biasanya akan memberikan rekomendasi obat lain atau mengurangi dosis yang diberikan sehingga akan mengurangi rasa kantuk yang muncul.

Mengetahui penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya tersebut sangat penting sehingga bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Hindari melakukan diagnosis pribadi dan cari bantuan medis ketika rasa mengantuk sering muncul hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.