5 Penyebab Meningitis, Bisa dari Virus sampai Bakteri

5 Penyebab Meningitis, Bisa dari Virus sampai Bakteri

harian-nasional.com/ – Meningitis adalah penyakit peradangan pada meninges atau cairan dan selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang.

Untuk diketahui, meninges berguna untuk melindungi, memberikan dukungan, dan struktur otak serta sumsum otak.

Cairan dan selaput ini mengandung saraf, pembuluh darah, serta cairan pelindung serebrospinal.

Penderita banyak mengeluhkan gejala meningitis seperti sakit kepala parah, leher kaku, dan demam. Ada banyak penyebab meningitis yang perlu diwaspadai. Simak penjelasan berikut.

Penyebab meningitis

Meningitis bisa disebabkan kuman sampai beberapa penyakit. Berikut beberapa di antaranya:

  • Virus

Dilansir dari MayoClinic, penyebab meningitis kebanyakan dari infeksi virus. Virus yang bisa memicu penyakit ini di antaranya enterovirus, herpes simpleks, campak, influenza, HIV, gondongan, sampai west nile.

Jenis meningitis virus biasanya ringan dan bisa sembuh sendiri ketika daya tahan tubuh penderita cukup kuat melawan biang penyakit ini.

  • Bakteri

Beberapa bakteri juga bisa masuk ke tubuh, melewati aliran darah, sampai ke orak dan sumsum tulang belakang. Infeksi bakteri ini terkadang dari komplikasi infeksi telinga, sinus, atau tulang tengkorak retak.

Dikutip dari ClevelandClinic, beberapa bakteri penyebab meningitis di antaranya Streptokokus pneumonia, Streptokokus grup B, Neisseria meningitides, Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes, E.coli, atau Mycobacterium tuberculosis biang TB meningitis.

  • Jamur

Meningitis karena infeksi jamur relatif jarang terjadi tapi terkadang dialami sebagian orang. Penderita bisa terkena meningitis jamur karena menghirup spora jamur yang terdapat di tanah, kayu, atau kotoran burung.

Jenis meningitis yang tidak menular ini biasanya disebabkan jamur coccidioides dan kriptokokus. Penyakit ini biasanya tidak mengancam jiwa, tapi bisa mematikan untuk orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti penderita HIV/AIDS atau diabetes.

  • Parasit dan amuba

Parasit seperti cacing pita, malaria serebral, atau amuba bisa menyebabkan meningitis. Parasit ini bisa masuk ke tubuh dan menginfeksi ketika penderita berenang di kolam air tawar atau makan makanan yang terkontaminasi parasit ini.

  • Penyebab lain

Terkadang, penyebab meningitis bukan berasal dari infeksi tapi karena penyakit atau efek tertentu. Di antaranya penyakit lupus, efek obat NSAID dan antibiotik tertentu, cedera kepala, operasi otak, kanker, dan penyakit peradangan kronis sarkoidosis.

Mengetahui penyebab meningitis dengan pasti penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. Apabila diabaikan dan tidak diobati, penyakit ini bisa berdampak serius sampai fatal.